Legion Menjadi Standarisasi Proses Desain Telkom

Peluncuran Legion

Peluncuran Legion oleh Ery Punta & Aris Bachtiar (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Melalui umbrella brand Leap-Telkom Digital (Leap), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan Design System Legion yang dirilis pada pameran produk dan layanan digital mereka, Digital Technology & Platform Business Expo 2022/DTP Expo #2 2022.

“Design System Legion adalah sebuah standarisasi terkait segala hal yang ada dalam desain seperti visual, suara, hingga tutur kata,” kata Aris Bachtiar, Lead Design & Experience PT Telkom dalam keterangan pers, dikutip Kamis (7/4/2022).

Menurut Aris, konsep Legion dimunculkan guna mempercepat proses desain serta mempermudah developer dan desainer mereplika desain secara lebih cepat dan konsisten. Sistem ini juga dapat bermanfaat untuk edukasi desainer baru maupun junior, sehingga cepat beradaptasi.

Deputy EVP Digital Technology & Platform Business Telkom Ery Punta, yang turut hadir di acara ini mengatakan, “Design System Legion yang dirilis ini adalah versi pertama. Ini adalah standar dunia yang kini harus dimiliki perusahaan digital.”

Menurut alumni Sistem Informasi Telkom University 1992 ini, walaupun digelar internal, tujuan DTP Expo adalah agar semua Telkom Group termotivasi berinovasi saat memberikan layanan terbaik pada ekosistem digital Indonesia.

Hal ini pun sejalan program pemerintah, yang mana Telkom Indonesia melalui Leap diharapkan mendukung pertumbuhan ekosistem digital guna mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital Indonesia.

“DTP menjadi salah satu bentuk inisiasi Telkom Indonesia untuk menyiapkan operation, technology, dan platform agar dapat dimanfaatkan maksimal untuk membantu bekerja lebih cepat. Serta meningkatkan kapabilitas kami dalam memberikan produk terbaik untuk masyarakat,” tutup Ery.

DTP Expo merupakan sebuah acara Telkom Group untuk etalase dan perkenalan support platform dan service operation dengan pemaparan use case dari sebuah pengembangan produk sebelum kemudian digunakan masyarakat umum.

DTP Expo #2 tahun ini mengangkat tema “Leveraging Influence of DTP Service for The Greater Impact”. Kegiatan juga diisi sesi pembicara seperti proses dan tahap-tahap dalam pengembangan produk digital yang dijelaskan pada sesi “Product Development Phase” oleh Zakka Fauzan M, Chapter Leader Digital Product Management dengan didampingi Awalia Harfian sebagai Product Manager.

Sesi terakhir ditutup oleh Anton Wahyu Pramono, Senior Manager Emerging Technology Platform, yang menjelaskan konsep Metaverse serta sekaligus Launching Gala Premiere Virtual Concert dengan penampilan dari Pusakata.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version