youngster.id - LINE Indonesia menfokuskan pada layanan bagi generasi millennia. Mulai dari stiker lucu yang mewakili emosi pengguna, hingga yang terbaru bimbingan belajar dan lowongan pekerjaan. Dengan harapan agar dapat LINE menjadi Smart Portal nomor satu di tahun 2019.
“LINE memiliki misi mendekatkan jarak antar pengguna. Berawal dari sebuah aplikasi messenger, LINE kini berkembang menjadi lebih dari itu dan menghadirkan berbagai layanan khusus,” kata Ongki Kurniawan Managing Director Line Indonesia kepada media, Rabu (8/2/2017) di Jakarta.
Tahun 2016 lalu, LINE meluncurkan 35 set stiker gratis yang telah diunduh lebihd ari 88,3 juta kali. Dan tercatat 8,6 miliar siktier telah terkirim melalui fitur pesan di LINE Indonesia. Pertumbuhan itu tidak terlepas dari strategi LINE yang mengadopsi karya creator Indonesia. Penjualan stiker ini berkontribusi 20 % dari total penghasilan LINE.
“Suksesnya LINE di Indonesia karena strategi melokalisasi diri. Terbukti adanya stiker-stiker lokal pengguna jadi lebih responsif. Dan ini akan kami lanjutkan terus,” ujar Ongki.
Untuk tahun 2017, selain tetap mempertahankan produk unggulan, LINE juga meluncurkan fitur baru. Hal itu menurut Ongki berdasarkan kebutuhan pengguna LINE. Ketiga produk itu adalah Video Call Group, LINE Jobs, dan LINE Academy.
Video call dari LINE adalah pengembangan dari layanan video call yang kini bisa digunakan lebih dari lima orang dalam grup yang sama. Sementara. Sedangkan LINE Jobs merupakan layanan khusus bagi para pencari kerja di Indonesia. Layanan ini nantinya akan dikembangkan hingga pengguna bisa mengisi formulir pendaftaran secara langsung melalui LINE.
LINE Academy merupakan layanan khusus untuk pelajar yang ingin mencari konten edukasi. Bekerjasama dengan ruangguru.com, pengguna LINE nantinya bisa mengakses berbagai konten akademik seperti soal ujian, bahkan hingga berkonsultasi dengan tenaga pengajar profesional.
Tiga layanan tersebut saat ini masih dalam tahap uji coba dan akan mulai dirilis penuh mulai bulan Maret 2017.
Ke depannya, LINE Indonesia juga akan melakukan ekspansi ke pengembangan fitur lainnya, salah satunya adalah bot chat. Bot chat merupakan fitur chatting otomatis yang memungkinkan mitra LINE menjawab pesan dari pelanggannya secara otomatis. Untuk mengembangkan fitur ini, LINE Indonesia akan mengadakan kompetisi pembuatan chat bot di ajang Line Creativate 2017.
STEVY WIDIA