LinkAja Sedia Untuk e-Commerce, Layanan Transportasi hingga Tarik Tunai

Peluncuran dompet digital milik BUMN, LinkAja. (Foto: istimewa)

youngster.id - Untuk menarik lebih banyak pengguna, dompet digital (e-wallet) milik BUMN, LinkAja menyediakan banyak layanan. Mulai dari layanan pembayaran transportasi, bekerjasama dengan 20 e-commerce hingga tarik tunai.

LinkAja bekerja sama dengan 20 e-commerce termasuk Tokopedia, Bukalapak, dan Blanja.com untuk melayani para pengguna yang gemar berbelanja online.Di bidang layanan Payment Point Online Bank (PPOB), LinkAja menyediakan lebih dari 400 pembayaran tagihan dan produk digital, seperti IndiHome, listrik, pulsa, hingga voucher game online.

“Kami berupaya untuk menyesuaikan strategi yang kami jalankan dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat,” kata Danu Wicaksana CEO PT Fintek Karya Nusantara pengelola LinkAja.

Di bidang layanan Payment Point Online Bank (PPOB), LinkAja menyediakan lebih dari 400 pembayaran tagihan dan produk digital, seperti IndiHome, listrik, pulsa, hingga voucher game online.

Fintech besutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga sudah menyediakan layanan pembayaran menggunakan kode Quick Response (QR Code) di lebih dari 150 ribu mitra.

Rencana ekspansi tersebut sejalan dengan program Bank Indonesia (BI) yang menerapkan standardisasi kode QR di kedua negara itu. Standardisasi kode QR yang yang dikembangkan BI ini disebut dengan QR Code Indonesia Standard (QRIS). Rencananya, QRIS bakal diterapkan pada Semester II 2019 atau terhitung sejak bulan ini.

LinkAja juga merambah sektor transportasi. Dompet digital ini bisa digunakan untuk layanan Blue Bird, PT Kereta Api Indonesia (KAI), Trans Semarang, Damri, dan Railink. Yang paling baru, LinkAja menyediakan layanan pembayaran untuk pembelian tiket Garuda Indonesia, Citilink, Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) hingga Lintas Raya Terpadu (LRT) di Palembang.

Selain kode QR, LinkAja mengembangkan layanan pembayaran nirsentuh berbasis identifikasi frekuensi radio (Radio Frequency Identification/RFID) atau sensor untuk tol. Dengan begitu, kendaraan yang menggunakan stiker LinkAja bisa melintasi pintu tol tanpa harus berhenti untuk membayar. Namun, layanan pembayaran ini berlaku di tol yang dilengkapi dengan teknologi RFID.

Setelah resmi meluncur, LinkAja juga menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu. LinkAja memiliki lebih dari 100 ribu titik Cash In Cash Out (CICO). Lokasi tariktunai dan isi saldo itu bisa ditemui di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi. Selain itu, layanan CICO ini tersedia di Grapari Telkomsel, ATM Link Himbara, ATM Bersama, dan lebih dari 100 ribu jaringan outlet Mitra LinkAja (MiLA).

LinkAja juga memfasilitasi layanan pembayaran bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. LinkAja menyediakan layanan remitansi bagi pekerja migran Indonesia di Singapura, melalui kerja sama dengan Singapore Telecommunications (Singtel) Limited sejak tahun lalu. Kini, LinkAja berencana memperluas layanan remitansi ke Hong Kong, Malaysia, dan Thailand. “Karena jumlah pekerja migran Indonesia-nya banyak di negara-negara tersebut,” kata Danu.

LinkAja merupakan dompet digital gabungan dari aplikasi pembayaran besutan BUMN. Di antaranya TCash dari PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan TBank dan MyQR milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Lalu ada e-cash dari PT Bank Mandiri Tbk, serta yap! dan UnikQu dari BNI. Saham Finarya dimiliki oleh beberapa BUMN, seperti Telkomsel, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Tabungan Negara (BTN), PT Pertamina, PT Asuransi Jiwasraya, dan PT Danareksa. Selain itu, PT Jasa Marga dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) digadang-gadang bakal berpartisipasi menjadi pemegang saham di fintech pembayaran ini.

Perusahaan ini juga menyadari tren masyarakat yang mulai berdonasi secara online. Karena itu, LinkAja bekerja sama dengan lembaga amil zakat seperti Rumah Zakat dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Fintech pembayaran ini pun menyediakan layanan pembayaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Pertamina.

STEVY WIDIA

Exit mobile version