Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Live Shopping di ShopTokopedia Dongkrak Penjualan Pelaku Usaha Hingga 7 Kali Lipat

19 Agustus 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Live Shopping di ShopTokopedia Dongkrak Penjualan Pelaku Usaha Hingga 7 Kali Lipat
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Riset Japat tentang tren konsumen 2023 menunjukkan, 87% masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi via fitur tersebut. Peluang ini dimanfaatkan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia untuk membantu pelaku usaha lokal memaksimalkan bisnis online lewat pemanfaatan fitur live shopping.

Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, fitur live shopping di ShopTokopedia, yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk brand lokal untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli.

“Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping,” kata Rizky dalam jumpa pers, Senin (19/8/2024) di Tiktok Kreator House Jakarta.

Baca juga :   Visa: 97% Wisatawan Asia Pasifik Pakai Metode Pembayaran Nontunai Ketika Berlibur

Dia mengungkapkan, ShopTokopedia juga mencatat bahwa di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023. ShopTokopedia juga melihat beberapa daerah lainnya, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping hingga 1,5 kali lipat. Selain itu, beberapa kategori yang paling laris di live shopping di ShopTokopedia selama semester I 2024, antara lain, kategori Skincare atau Perawatan Kulit, Hijab dan Dessert atau Makanan Manis.

Hal ini diperkuat dengan hasil survei MetrixLab 2024 yang mendapati, live shopping penjual di ShopTokopedia membawa dampak signifikan pada calon pembeli. Yaitu pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin browsing TikTok untuk mengeksplor produk baru, pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia, dan 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia.

“Pengalaman live shopping dapat mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan bahkan penjualan, sebab masyarakat bisa memperoleh informasi lebih mendalam tentang produk yang dibutuhkan, lengkap dengan berbagai promosi yang menarik. Selain itu, lewat live shopping dapat menjangkau audiens yang lebih luas,” kata Rizky.

Baca juga :   Bekraf Bawa Karya Seni Rupa Indonesia ke Venesia

Salah satu contoh brand lokal yang merasakan manfaat dari live. Shopping dari ShopTokopedia adalah SAFF & CoCo dan NPURE.

“Dengan memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia, sales SAFF & Co. bisa melonjak hingga 3 kali lipat,” ucap Santi Tan Co-Founder SAFF&Co, jenama parfum lokal.

Hal senada juga diungkapkan Chief Marketing Officer NPURE, Joanne Victoria. Menurut Joanne, pemanfaatan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, yang bisa diakses di aplikasi TikTok, sangat penting agar eksistensi NPURE bisa selalu terjaga.

“Fitur live shopping di ShopTokopedia juga sangat membantu mendongkrak penjualan NPURE hingga 4 kali lipat,” ungkapnya.

Untuk mendukung Mitra UMKM memanfaatkan live shopping, Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar berbagai edukasi, termasuk menyiapkan Tiktok Kreator House Jakarta, di New Batavia Cafe, Taman Fatahillah, Kota Jakarta Barat. Ini adalah fasilitas ruang yang disediakan bagi pelaku usaha dan kreator konten untuk membuat siaran live shopping. Tentu mereka harus mendaftarkan diri dan memenuhi syarat dari ShopTokopedia untuk menggunakan fasilitas ini secara gratis.

Baca juga :   Sambut Ramadan, Gojek-Tokopedia Gelar Program Kolaborasi Kampanye

“Kami berharap melalui fasilitas ini banyak pelaku usaha dapat melakukan live shopping untuk meningkatkan penjualan dan pasar mereka, ” pungkas Rizky.

 

STEVY WIDIA

Tags: Live shoppingN"PUReSAFF & CoShop|TokopediaTokopedia
Previous Post

Mayoritas Generasi Muda Jarang Menabung, Perbankan Digital Jadi Solusi

Next Post

Perkuat Posisi di Industri e-Commerce Enabler, Komerce Akuisisi RajaOngkir

Related Posts

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
Load More
Next Post
Komerce

Perkuat Posisi di Industri e-Commerce Enabler, Komerce Akuisisi RajaOngkir

Hendri - Titipku

Inovasi Titipku Berfokus Pada Keuntungan Bersama

hutan bakau

CI Ventures dan TCCF Siapkan Dana US$1,5 Juta untuk UKM Pelestarian Bakau

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version