youngster.id - Dalam upaya peningkatan percepatan internet broad ke pelosok daerah sekaligus memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan dua layanan internet WiFi unggulan berbasis jaringan fiber optic. Layanan WiFi ini adalah WiFi Corner 2.0 (Wico 2.0) dan WiFi Station.
Dian Rachawan, Direktur Enterprise & Business Service Telkom mengatakan, WiCo 2.0 merupakan sejarah baru bagi pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya, Telkom membuka kesempatan untuk memasuki bisnis digital di era modern.
“Ini merupakan sejarah baru, dimana kehadiran WiCo 2.0 ini, untuk menjawab fenomena BYOD. Dimana Negara menjamin untuk memberikan rakyatnya mendapatkan informasi dan komunikasi seluas-luasnya. Maka dari itu, Telkom pun menjawabnya dengan memberikan sarana Wifi Station ini ke berbagai pelosok di Tanah Air tentunya dengan harga murah, ” kata Dian Rachmawan, Direktur Enterprise & Business Service Telkom pada peluncuran layanan WiFi Station di Empirica Café & Lounge SCBD, Jakarta Kamis (28/12/2018) malam.
Dalam beberapa tahun terakhir, Telkom telah menggelar layanan WiFi.id Corner (WiCo) di berbagai kota sebagai sarana edukasi internet bagi publik. WiFi.Id corner tersebut umumnya berlokasi di Plasa Telkom dan area publik tertentu yang melayani kebutuhan masyarakat umum untuk mengakses internet dengan harga relatif terjangkau.
“Selain itu, WiCo 2.0 merupakan salah satu upaya Telkom untuk mengajak masyarakat bersama-sama membangun kemajuan dan kemandirian ekonomi Indonesia, ” sambungnya.
Lebih lanjut, kata dia menjelaskan hadirnya WiCo 2.0 melalui aplikasi digital diharapkan dapat memudahkan para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. “Harapannya adalah WiCo 2.0 yang kami hadirkan saat ini sebenarnya bukan tertuju pada bisnis semata, tetapi justru kami ingin melihat bahwa bangsa Indonesia kedepannya bisa lebih unggul dari bangsa lain. Karena itulah kami hadir disini karena ingin memberikan semua ini kepada warga NKRI untuk meningkatkan potensinya, ” papar Dian.
Terinsipirasi keberhasilan layanan Wartel di masa lalu yang selain bisa menjadi solusi penyediaan layanan telekomunikasi, juga berhasil membuka lahan usaha bagi kalangan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan mereka, maka Telkom bermaksud memperluas jangkauan penggelaran WiFi.id corner dengan melibatkan peran serta pelaku UMKM untuk menjalankan bisnis Warnet 2.0.
Menurut Dian, ini juga merupakan metamorfosis konsep bisnis warnet dengan mengadopsi fenomena WiFi Everywhere dan Bring Your Own Device (BYOD). WiCo 2.0 adalah layanan WiFi.id untuk publik yang diselenggarakan oleh Telkom bekerjasama dengan mitra dari kalangan pelaku UKM yang berperan menyediakan lokasi dan melakukan penjualan voucher WiFi.id kepada pengguna internet untuk digunakan di tempat tersebut.
Melalui kehadiran WiCo 2.0, pelaku UKM dapat mengembangkan peluang bisnis baru dengan mudah melalui penjualan voucher WiFi.id secara digital dengan skema bagi hasil. Usaha WiCo 2.0 sangat cocok dilakukan oleh kaum perempuan sebagai usaha rumahan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga. “Terutama bagi para pelaku UKM, fasilitas ini merupakan jalan keluar baru menuju era digital sekaligus mendukung semua kegiatan mereka untuk mempercepat peningkatan daya saing bangsa Indonesia agar sejajar dengan bangsa lain,” ujar Dian.
Direktur Enterprise & Business Service Telkom ini menegaskan, layanan WiCo 2.0 dan WiFi Station merupakan bentuk komitmen Telkom Group untuk mengembangkan komunitas dan masyarakat digital Indonesia. “Di era digital ini, layanan internet cepat dan stabil sudah menjadi komoditi pokok dalam berbisnis. Oleh karena itu, memilih partner bisnis yang tepat dalam memberikan layanan intenet menjadi suatu hal yang krusial dalam pengembangan bisnis. WiCo 2.0 dan WiFi Station merupakan upaya pengembangan masyarakat digital Indonesia, sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” tegasnya.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post