Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Magpie: Pasar Pembersih Wajah di Indonesia Melonjak di Q4 2024

1 Maret 2025
in Headline
Reading Time: 3 mins read
produk pembersih wajah

Magpie: Pasar Pembersih Wajah di Indonesia Melonjak di Q4 2024 (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dalam pasar skincare di Indonesia, produk pembersih wajah memiliki peran yang signifikan. Pendapatan untuk produk pembersih wajah di Indonesia terus mengalami peningkatan yang stabil. Tren ini didorong oleh meningkatnya kesadaran konsumen dari konsumen Gen Z.

Menurut Statista, pasar skincare di Indonesia diproyeksikan akan menghasilkan pendapatan sekitar US$2,94 miliar pada tahun 2024, dengan tingkat pertumbuhan tahunan yang diharapkan mencapai 4,54% dari 2024 hingga 2030.

Data dari Magpie E-Commerce Intelligence mengungkapkan bahwa pada Q4 2024, produk pembersih wajah memiliki pangsa 14% dalam kelompok kategori kecantikan. Untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai pasar pembersih wajah, laporan ini akan menganalisis penjualan kategori tersebut di platform e-commerce terkemuka di Indonesia dari Oktober hingga Desember 2024.

Hasil riset Magpie menunjukkan bahwa selama Oktober hingga Desember (Q4) 2024, ukuran pasar pembersih wajah mencapai: US$78,4 juta (+212,35% dari Q4 2023) dengan total: 24 juta unit terjual (+163,74% dari Q4 2023). Pasar pembersih wajah menunjukkan pertumbuhan QoQ yang positif, dengan GMV meningkat sebesar 125,29% dibandingkan dengan Q3 2024, menyoroti kinerja kategori yang mengesankan.

Shopee mendominasi pasar pembersih wajah online dengan pangsa 89,36%, diikuti oleh Lazada sebesar 5,89%, Tokopedia 4,41%, dan Blibli 0,33%.

Baca juga :   Levi’s Dan Bape Rilis Koleksi Klasik Dalam Rangkaian Streetwear Ikonik Bergaya Playful

Dominasi Shopee tetap konsisten sepanjang bulan. Baik Lazada maupun Tokopedia mengalami kesulitan mempertahankan posisi pasar mereka, sementara Blibli menunjukkan pergerakan minimal selama kuartal ini.

Wilhendra, CEO Magpie mengatakan, Skintific mendominasi pasar pembersih wajah online dengan pangsa 16,5%, diikuti oleh Wardah (8,5%), Cetaphil (4,6%), Skin1004 (4,5%), dan Somethinc (3,7%). “Lima merek teratas berkontribusi sekitar 37,91% dari total pasar,” ucap Wilhendra, dikutip Sabtu (1/3/2025).

Pasar pembersih wajah mengalami fluktuasi sepanjang Q4 2024. Skintific mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar, memuncak pada Oktober dengan pangsa 21%, sebelum stabil di 17,7% pada Desember.Wardah terus tumbuh selama kuartal ini, mencapai 8,7% pada Desember. Cetaphil dan Skin1004 menunjukkan persaingan yang stabil, dengan Cetaphil mengakhiri kuartal di 5,8%, sementara Skin1004 mempertahankan 4,4%. Somethinc juga menunjukkan ketahanan, dimulai dari 1,4% pada Oktober dan tumbuh menjadi 4,4% pada akhir kuartal.

Shopee, kontributor terbesar untuk GMV pembersih wajah, didominasi oleh Skintific dengan pangsa 18,19% dan pendapatan sebesar $12,8 juta. Wardah menyusul dengan pangsa 8,02%, sementara Skin1004 (5,02%), Cetaphil (4,36%), dan Somethinc (4,05%) melengkapi kontributor teratas. Meskipun ada penurunan kinerja Skintific di akhir Q4, mereka tetap mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di Shopee.

Baca juga :   Tren Penjualan Lipstik di Ecommerce Pada Kuartal 3 dan 4 Tahun 2023

Di Lazada, Glow & Lovely muncul sebagai merek dominan di kategori pembersih wajah, meraih pangsa pasar 15,95% dan menghasilkan pendapatan $737,3K, secara signifikan mengungguli pesaingnya. Diikuti oleh Pond’s dengan 7,83%, Wardah (7,41%), Garnier (5,56%), dan Glad2Glow (5,3%). “Glow & Lovely menunjukkan kekuatan kehadiran pasar dan daya di platform ini,” jelas Wilhendra.

Di Tokopedia, Wardah memimpin pasar pembersih wajah dengan pangsa pasar 21,87% dan total pendapatan sebesar $757,2K, memperkuat posisinya sebagai merek dengan kinerja terbaik. Kahf menyusul dengan pangsa pasar 16%, menunjukkan momentum pertumbuhan yang kuat, terutama dengan peningkatan signifikan hingga November 2024. Pemain kunci lainnya termasuk Cetaphil (9,42%), Garnier (5,09%), dan Emina (3,53%). peningkatan Kahf menunjukkan bahwa merek ini semakin menjadi penantang kuat di segmen pembersih wajah platform tersebut.

Di Blibli, Cetaphil mendominasi pasar pembersih wajah dengan pangsa pasar yang mengesankan sebesar 52,79% dan total pendapatan sebesar $138K. Keunggulan ini menempatkannya jauh di depan pesaing seperti Pond’s yang memiliki pangsa 29,94%, diikuti oleh Sebamed (3,66%), Skintific (1,66%), dan Y.O.U (1,65%). Secara khusus, Cetaphil mengalami peningkatan pangsa pasar yang signifikan pada November 2024, semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin di platform ini.

Baca juga :   Doku dan Bareksa Tawarkan Reksa Dana Online

Pasar pembersih wajah tetap kompetitif, dengan Cetaphil dan Skintific memimpin dalam pendapatan. Skintific Gentle Gel Cleanser 120 ml terus mendominasi, menghasilkan pendapatan sebesar $406K dengan 65,4K unit terjual, mempertahankan preferensi konsumen yang kuat.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 500 ml tetap menjadi favorit premium, mengamankan pendapatan $512,4K dengan 39,3K unit terjual, memperkuat posisinya di segmen perawatan kulit premium. Pendatang baru, Scora, berhasil menarik perhatian pasar dengan produk Scora Salicylic Acid Low pH Cleanser 100 ml yang mencapai pendapatan $359,5K dengan 145,6K unit terjual, menunjukkan permintaan yang kuat untuk solusi perawatan kulit yang terjangkau namun efektif.

Pertumbuhan pesat Scora menandakan perubahan preferensi menuju pembersih wajah ramah kantong, menjadikannya merek yang patut diperhatikan dalam kuartal mendatang.

“Pasar pembersih wajah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat, di mana merek-merek ternama semakin mengukuhkan posisinya, sementara pendatang baru seperti Scora mulai menarik perhatian. Dengan minat konsumen terhadap produk perawatan kulit yang tetap tinggi, diharapkan para pelaku merek akan terus menghadirkan inovasi dan menyempurnakan strategi digital mereka guna menjaga daya saing di tengah ekspansi pasar yang dinamis ini,” tutup Wilhendra.

 

HENNI S.

Tags: Magpie E-commerce IntelligencePasar Pembersih Wajah
Previous Post

Taza Perkenalkan Koleksi “The Unfeigned” di London Muslim Shopping Festival

Next Post

Aloshop Siap Dukung UMKM Go Global dengan Strategi Jitu

Related Posts

produk skincare lokal
Headline

Riset Magpie: di e-Commerce Pasar Skincare Indonesia Melesat

3 Februari 2025
0
pasar pelembap
Headline

Perebutan Tahta Pasar Pelembap di e-Commerce Indonesia

20 Desember 2024
0
produk lipstik
Headline

Tren Penjualan Lipstik di Ecommerce Pada Kuartal 3 dan 4 Tahun 2023

20 Juli 2024
0
Load More
Next Post
Aloshop

Aloshop Siap Dukung UMKM Go Global dengan Strategi Jitu

indodana paylater

Kolaborasi Indodana Paylater dan WillFitness Hadirkan Program "Fit & Win"

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence di Indonesia, Perkembangan dan Peluangnya

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version