Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

MakerFest 2018: Usaha Kreatif Banyak Dari Anak Muda

23 April 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
MakerFest 2018: Usaha Kreatif  Banyak Dari Anak Muda

Makerfest 2018 digelar di Padang. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal MakerFest lebih menyasar anak muda. Langkah ini juga mendorong pelaku bisnis kreatif Indonesia guna memperluas skala usahanya sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya.

“Lebih dari 30% pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi milenial. Sebagai populasi terbesar, anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam keterangannya, Minggu (22/4/2018) setelah membuka MakerFest di Padang.

Menurut dia, melalui program seperti MAKERFEST, ke depannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia. “Hal ini dapat memperluas skala usahanya sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya,” ungkap Triawan.

Baca juga :   Telkomsel Digital Creative Entrepreneurs 2021 Dorong Kompetensi Digital UKM Lokal

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, generasi muda merupakan aset penting dalam membangun masa depan Indonesia untuk menjadi Negara Industri Tangguh, terutama karena pertumbuhan para kreator muda yang tersebar di berbagai daerah dapat mendukung percepatan pembangunan industri ke seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini sudah semakin banyak brand lokal hasil karya anak muda yang tidak kalah dengan brand internasional. Agar mampu menjadi produsen di era ekonomi digital, kita perlu memunculkan lebih banyak lagi kreator muda yang inovatif, berbasis teknologi dan berdaya saing global, sehingga siap menghadapi era industri 4.0,” ucap Airlangga.

Setelah Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya, program MakerFest 2018 digelar di Padang. Berdasarkan data Tokopedia, pertumbuhan merchat di kota terbesar pantai barat Pulau Sumtara itu mencapai 30% selama 2017. Sementara itu, pertumbuhan jumlah pembeli asal Kota Padang pada periode yang sama mencapai 70%.

Baca juga :   Tinkerlust Peroleh Dana dari GDP Ventures

“Data tersebut memperlihatkan masih ada peluang besar bagi para kreator Padang unuk mengoptimalkan pemanfaatan platform penjualan online dalam pengembangan bisnisnya. Saat ini, produk kreatif seperti aksesori dan fesyen menjadi produk utama yang paling banyak dicari dan dijual di Padang,” kata Chairman Makerfest 2018, William Tanuwijaya, yang juga founder Tokopedia.

Dengan latar belakang tersebut, Padang dipilih menjadi salah satu tuan rumah pergelaran Makerfest 2018 yang bertujuan untuk menyaring dan memberdayakan bibit-bibit kreator lokal yang potensial untuk dikembangkan skala industrinya.

Tahun ini, peserta Makerfest 2018 asal Padang yang telah dikurasi mencapai 30 merchant. Mayoritas peserta didominasi oleh vendor-vendor yang menawarkan aneka produk fesyen dan aksesori kreatif.

Makerfest sendiri merupakan gerakan independen yang berkolaborasi dengan Tokopedia dengan didukung oleh berbagai institusi pemerintah. Meskipun demikian, acara tersebut inklusif dan terbuka bagi seluruh kreator muda lokal di Indonesia yang memiliki hasrat untuk mengembangkan diri dan produknya. Makerfest 2018 bakal digelar sepanjang April—Desember 2018 di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Baca juga :   Penjualan Perlengkapan Sekolah Tokopedia Melonjak

Pemenang dari setiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Makerfest 2018 pada Desember. Dari 24 peserta skala nasional, 10 finalis terbaik akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan binisnya dan memberikan seminar di depan para juri dan pengunjung.

Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 bakal mendapatkan hadiah masing-masing senilai Rp1 miliar, Rp300 juta, dan Rp200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya.

Tidak hanya itu, para jawara berksempatan untuk berkonsultasi tentang produksi, branding, pemasaran, kampanye, dan berkolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional dan berkesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional serta mengakses jalur distribusi ke ritel internasional.

 

STEVY WIDIA

Tags: ekonomi kreatifKepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan MunafMakerfest 2018Menteri Perindustrian Airlangga HartartoTokopedia
Previous Post

Unika Atma Jaya Siap Go Digital

Next Post

Pemerintah Optimis Jumlah UKM Tumbuh Pada 2019

Related Posts

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi
Headline

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
0
Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Load More
Next Post
Bekraf-British Council  Buat MoU Industri Kreatif

Pemerintah Optimis Jumlah UKM Tumbuh Pada 2019

Go-Food Festival Makassar, Pertama di Luar Pulau Jawa

Go-Food Festival Makassar, Pertama di Luar Pulau Jawa

Reynold Wijaya - Modalku

Reynold Wijaya : Bangun Kerajaan Fintech Untuk Atasi Kesenjangan Ekonomi

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version