Manfaatkan AI dan AR, Wardah Alami Peningkatan Trafik Web Sebesar 134,41%

wardah virtual-try on

Manfaatkan AI dan AR, Wardah Alami Peningkatan Trafik Web Sebesar 134,41% (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Industri kecantikan lekat dengan inovasi yang tiada henti. Karena itu, pemanfaatan AI jadi keharusan untuk mengakselerasi inovasi. Termasuk pelaku industri kecantikan di Indonesia. Salh satunya Wardah, yang telah bermitra dengan Perfect Corp untuk mengintegrasikan layanan berbasis teknologi AI dan AR (augmented reality) di website mereka selama beberapa tahun terakhir.

“Wardah selalu berupaya untuk memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para konsumennya. Dengan kemitraan bersama Perfect Corp, kami telah berhasil melakukannya dengan menghadirkan teknologi dan pengalaman yang canggih langsung kepada konsumen kami,” klaim Tessi Fathia, Senior Head of Digital Transformation Wardah, Selasa (4/6/2024).

Layanan Perfect Corp yang dipilih Wardah adalah fitur Virtual Try-On, yang menjadi solusi percobaan produk makeup secara virtual yang aman dan nyaman bagi konsumen di situs resmi Wardah. Fitur yang mengintegrasikan teknologi AI dan AR ini langsung mendapat sambutan meriah dari konsumen yang sangat tertarik dan terhibur saat mencoba produk makeup secara virtual. Wardah mencatat telah berlangsung lebih dari 250 ribu sesi virtual try-on hingga saat ini, dan terjadi peningkatan lalu lintas situs sebesar 134,41% dibandingkan tahun sebelumnya.

Wardah melihat bahwa fitur Virtual Try-On membawa banyak manfaat bagi brand. Pengalaman berbelanja yang berbeda dan sangat personal ini membuat konsumen membeli lebih banyak produk dibandingkan niat awalnya. Selain itu, hubungan antara Wardah dan konsumennya juga menjadi lebih dekat, sehingga konsumen yang loyal terus bertambah.

Melihat hal ini, Wardah menambahkan fitur Foundation Shade Finder yang membantu konsumen menemukan warna produk foundation yang sesuai dengan warna kulit mereka. Fitur ini juga langsung menjadi hit. Sejak mengimplementasikan fitur Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder, engagement rate dari situs Wardah mengalami peningkatan sebesar 28% dibandingkan sebelum implementasi kedua fitur tersebut.

Bagi Wardah, solusi yang diberikan Perfect Corp tak hanya meningkatkan pengalaman berbelanja daring bagi konsumen, tapi juga membantu memangkas biaya pembuatan sampel produk serta membuat bisnis mereka menjadi semakin ramah lingkungan.

Lebih dari itu, implementasi inovasi teknologi yang terdepan ini juga telah membuat Wardah memiliki citra sebagai brand yang modern.

“Mengimplementasikan Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder dari Perfect Corp telah membantu meningkatkan citra Wardah di kalangan konsumen menjadi lebih modern,” ungkap Ariska Tri Devi, Digital Ecosystem Officer Wardah.

Singkatnya, banyak manfaat yang didapatkan Wardah dengan mengimplementasikan teknologi yang inovatif hasil integrasi AI dan AR.

Implementasi AI di industri kecantikan tercatat terus mengalami peningkatan. Menurut laporan dari InsightAce Analytics, pemanfaatan AI di industri kecantikan global diprediksi akan mencapai nilai US$13,34 miliar pada 2030, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 19,7% dari 2021 ke 2030.

 

HENNI S.

Exit mobile version