youngster.id - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang food and beverage (F&B) harus bisa memanfaatkan solusi digital untuk meningkatkan pemasaran. Teguk, salah satu brand F&B Indonesia berhasil memanfaatkan solusi digital dan data dari GoFood untuk berani ekspansi ke pasar Amerika Serikat.
Teguk telah membuka gerai pertamanya di Soho, New York, Amerika Serikat, pada 17 September 2022. Ekspansi Teguk ini menambah catatan positif UMKM kuliner lokal yang mampu menembus pasar internasional berkat go digital.
CEO Teguk Maulana Hakim mengungkapkan, sejak menggunakan berbagai solusi digital dari GoFood, bisnis Teguk berkembang pesat. Bahkan dengan memanfaatkan data yang diperoleh melalui GoAds dari GoFood, Maulana dan tim berani membawa Teguk ekspansi ke pasar internasional.
“Berkat strategi pemasaran dan penjualan yang tepat sasaran melalui GoFood, kami berhasil meraih pertumbuhan bisnis yang eksponensial sejak bermitra dengan GoFood hingga akhirnya kami berani ke mancanegara, tepatnya ke New York. Ekspansi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi Teguk sebagai brand lokal yang mengglobal,” kata Maulana dalam jumpa pers yang digelar GoFood, Kamis (29/8/2022).
Menurut Maulana, sebelum memutuskan membuka gerai di New York mereka melakukan analisa data yang diperoleh dari GoFood dan juga melakukan riset. Dari berbagai pasar yang dipelajari, akhirnya diputuskan untuk membuka gerai pertama Teguk di luar negeri adalah di Soho, New York, AS.
“Kami mendapat antusiasme yang besar dari warga lokal dengan penjualan mencapai 634 minuman hanya dalam kurun waktu tiga hari,” ujarnya
Lebih lanjut, Maulana mengatakan, Teguk merasakan berbagai manfaat dari digitalisasi dengan bergabung bersama GoFood sejak tiga tahun terakhir. Saat ini, UMKM yang dikenal dengan produk minuman kekinian itu telah memiliki 155 gerai dengan serta omzet melesat hingga mencapai 275%.
“Sejak pertengahan 2019 hingga 2022, Teguk mengalami pertumbuhan pesat dari pertama kali kami menggunakan solusi iklan di GoFood. Dengan memanfaatkan solusi GoFood Top Banner dan Iklan Kategori, kami berhasil meningkatkan brand awareness dan konsiderasi calon pelanggan untuk membeli produk Teguk. Bahkan, dari Januari hingga Juni 2022, penjualan Teguk mengalami kenaikan 2-3 kali lipat,” papar Maulana.
Sementara itu Global Head of Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman mengatakan, GoFood selalu mendukung perkembangan Teguk sejak 2019. Berbagai solusi digital yang ditawarkan GoFood, salah satunya aplikasi GoBiz terbukti berhasil membantu Teguk mengelola operasional ratusan gerainya secara digital dari waktu ke waktu.
Terlebih lagi, inovasi fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) atau Super Partner dapat mempersingkat arus proses pesanan yang masuk dan membantu setiap gerai Teguk untuk melakukan konfirmasi atas setiap pesanan yang masuk dari pelanggan.
Selain aplikasi GoBiz yang GoFood hadirkan untuk menunjang kebutuhan Teguk dan mitra UMKM, GoFood juga menghadirkan solusi pemasaran digital lewat GoAds untuk mendongkrak visibilitas dan penjualan resto di platform GoFood.
“Solusi GoAds menawarkan beragam keuntungan yang dapat dinikmati oleh para mitra UMKM kami. Mulai dari beriklan dengan tepat sasaran, biaya iklan yang sesuai kebutuhan, serta laporan performa yang transparan yang berguna sebagai insight untuk menentukan strategi jitu bisnis ke depannya,” jelas Ichmeralda.
Sebagai bagian dari selebrasi pencapaian ini, Teguk bersama GoFood menghadirkan tiga menu eksklusif, antara lain varian coconut series yang juga hadir di gerai Teguk New York dan diskon spesial sebesar 40% yang dapat dinikmati oleh para pelanggan GoFood di Indonesia. Menu eksklusif ini tersedia di GoFood sejak 17 September hingga 14 Oktober 2022.
STEVY WIDIA
Discussion about this post