youngster.id - Memasuki tahun ketiganya beroperasi di Indonesia, TikTok Shop kembali memecahkan rekor penjualan melalui fitur live shopping di platform TikTok bersama tiga kreator affiliate ternama Indonesia dengan total Rp107 miliar di bulan Agustus 2023.
Bagi kreator affiliate, kehadiran fitur live shopping ini tidak hanya membantu mereka untuk membangun dan menjaga hubungan dengan audiens di TikTok, tapi juga membuka peluang baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan melaluikolaborasi dengan beberapa merek lokal dalam hal promosi dan penjualan di TikTok Shop.
Di bulan Agustus lalu, tiga kreator affiliate TikTok, yakni #RajaKreatorKecantikan dr. Richard Lee, #RatuAffiliator Mami Louisse, dan #RajaElektronik Kohcun berhasil mencatatkan rekor penjualan tertinggi yang berasal dari interaksi melalui fitur live shopping. Selain memanfaatkan fitur live shopping selama 23-26 jam dalam sekali waktu untuk menjangkau lebih banyak audiens, strategi yang mereka lakukan adalah dengan berkolaborasi dengan beragam merek lokal dan figur publik.
“Kami melakukan live shopping selama 23 jam non-stop secara bergantian dengan menghadirkan sesi live yang interaktif dan menarik. Kami mengajak beberapa selebriti ternama di Indonesia, seperti Inara Rusli, Inge Anugrah, dan Lady Nayoan Kjaernett untuk memberikan product knowlegde kepada penonton kami,” kata dr. Richard Lee, seorang dokter yang juga aktif memberikan ulasan produk kecantikan, Jum’at (8/9/2023).
Hasilnya, dr. Richard Lee bersama timnya berhasil menjual produk kecantikan sebesar Rp41 miliar dalam satu hari.
Capaian ini menunjukkan bahwa konsistensi,dan tekad yang disertai dengan rasa ingin terus belajar hal baru dapat mengantarkan pada kesuksesan. Setelah mulai mencoba fitur live shopping TikTok Shop pada bulan Januari 2023, dr. Richard Lee berhasil masuk dalam daftar Top 10 kreator konten dengan penjualan terbesar pada bulan Juli setelah berpartisipasi dalam kampanye TikTok Shop.
Bagi Louisse Scarlett, atau yang dikenal sebagai Mami Louisse, keberhasilannya dalam memecahkan rekor penjualan produk lokal dengan nilai Rp45 miliar dalam satu hari dan menjadi kreator pertama di Asia Tenggara dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu sesi live shopping, yakni 232.400 pesanan, tak lepas dari strateginya dalam berkolaborasi dengan berbagai merek dan memanfaatkan fitur live shopping di TikTok Shop. Untuk semakin menarik minat audiens, Mami Louisse juga menawarkan diskon hingga 50% untuk produk kecantikan lokal terbaik yang sudah ia kurasi dan promo bebas ongkir bagi seluruh konsumen.
Selain di bidang kecantikan, kreator affiliate di bidang elektronik juga menunjukkan eksistensi audiensnya di TikTok Shop. Kohcun, salah satu kreator yang dahulu bekerja sebagai penjaga counter handphone, kini menjadi inspirasi bagi kreator lainnya setelah berhasil menjual produk-produk unggulan, seperti smartphone, aksesoris elektronik, dan peralatan rumah tangga senilai Rp21 miliar melalui fitur live shopping selama 24 jam.
Agar strateginya semakin mengena ke benak audiensnya, Kohcun menambahkan diskon 80% dan promo gratis ongkir ke seluruh Indonesia.
Selain mendorong para kreator untuk mendapatkan penghasilan, TikTok Shop juga memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna dalam berbelanja dengan menyediakan fitur pencarian produk, kemudahan proses check out, serta pengecekan pengiriman dalam satu aplikasi.
Lebih lanjut, dengan adanya konsep Shoppertainment yang mengedepankan konten yang menghibur dahulu baru berbelanja, para pegiat usaha dari skala kecil hingga besar berkesempatan untuk meningkatkan penjualan secara langsung melalui kreasi video pendek dan aktivitas live streaming yang menarik.
“Untuk semakin memperkuat komitmen dalam mendukung perekonomian Indonesia, TikTok Shop akan terus memberikan dukungan komprehensif kepada UMKM lokal, seperti pendampingan dalam orientasi, inkubasi, hingga berbagai program yang berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka,” kata pihak TikTok.
Data internal TikTok Shop mengungkapkan bahwa 1 dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk melalui TikTok Shop. Selain itu, fitur LIVE Shopping yang mengusung konsep Shoppertainment (Entertainment first, eCommerce second) dinobatkan menjadi fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi di platform TikTok. Dengan adanya konsep ini, konsumen dapat menikmati aktivitas hiburan sekaligus berbelanja dan berinteraksi secara real-time dengan para merchants.
STEVY WIDIA
Discussion about this post