youngster.id - Gen Z menjadi kelompok usia yang paling potensial dalam industri pariwisata saat ini. Kebiasaan traveling Gen Z ini berperan besar dalam menentukan tren wisata di dunia termasuk di Indonesia.
Hasil survei terbaru dari Agoda mendapati hampir setengah dari wisatawan Gen Z Indonesia mencari inspirasi perjalanan melalui media social, dengan Instagram memimpin sebesar 23% dan TikTok menyusul di 21%. Sementara rekomendasi dari keluarga dan teman berada di urutan ketiga dengan 17%.
‘Wisatawan Gen Z di Indonesia semakin memanfaatkan era digital, dengan platform media sosial yang berperan penting dalam membentuk keputusan perjalanan mereka. Apapun sumber inspirasinya, Agoda siap menyediakan penawaran menarik untuk berbagai destinasi yang diinginkan,” kata Gede Gunawan Senior Country Director Agoda Indonesia dikutip Rabu (19/2/2025).
Hasil survei platform perjalanan digital ini juga mendapati 46% responden Gen Z berencana melakukan 1-3 perjalanan di tahun ini. “Hal ini menunjukkan keinginan kuat mereka untuk menjelajahi tempat baru,” ujar Gunawan.
Survei ini menunjukkan bahwa sebagian besar wisatawan Gen Z (39%) lebih suka bepergian dengan pasangan, sementara sekitar satu dari lima (19%) memilih petualangan solo, dan 17% menikmati perjalanan bersama keluarga.
Dalam hal destinasi, kota (26%) menjadi pilihan utama, diikuti oleh pantai dan pulau (22%), serta situs budaya dan sejarah (11%). Temuan ini menyoroti minat perjalanan yang beragam dari Gen Z, mencerminkan pendekatan dinamis mereka dalam menjelajahi dunia.
Survei Perjalanan Gen Z dilakukan melalui platform Agoda antara 10 – 31 Januari 2025. Survei ini melibatkan lebih dari 15.000 peserta dari berbagai negara, termasuk Hong Kong, Indonesia, India, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.
Selain itu, survei Agoda juga mendapati untuk kalangan usia 28-43 tahun, 42% memilih durasi perjalanan yang sama tauty 1-3 tahun perjalanan di tahun ini. Sementara 38% dari kelompok usia 44-59 tahun dan 40% dari kelompok usia 60 tahun ke atas juga memilih perjalanan dengan durasi serupa, menyoroti adanya minat yang sama akan pengalaman perjalanan.
“Agoda menawarkan lebih dari 5 juta properti di seluruh dunia, serta penerbangan dan aktivitas, memungkinkan wisatawan Gen Z untuk menjelajahi kota-kota dinamis, pantai-pantai yang tenang, atau situs-situs kaya budaya dengan harga terjangkau,” pungkas Gunawan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post