youngster.id - Pesatnya perkembangan teknologi menawarkan berbagai peluang bagi masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi memperkuat potensi budaya lokal. Menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, Shopee mengajak para pengguna khususnya generasi muda untuk merayakan semangat lokal lewat kreasi, inovasi sekaligus memanfaatkan teknologi menciptakan bisnis berkelanjutan.
Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia Putri Lukman mengatakan, momentum bulan kemerdekaan, kerap dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda untuk terus berkreasi mencari cara baru dalam berkontribusi melanjutkan perjuangan kemerdekaan di era digital.
“Oleh karena itu kami terus berupaya menghadirkan fitur dan program yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha lokal untuk menciptakan bisnis berkelanjutan. Di saat yang sama, menjadi wadah yang memberikan kemudahan akses bagi pengguna untuk berbelanja produk lokal,” kata Putri dalam acara Rayakan Semangat Lokal di tengah Era Digital bersama Shopee Jumat (16/8/2024) di Jakarta.
Putri mengungkapkan, sejak hadir di Indonesia, Shopee telah menciptakan akses inklusif untuk memberdayakan lebih banyak pelaku usaha lokal berkembang. Hal ini terlihat, di mana 93% transaksi di platform berasal dari produk-produk lokal pada 2023. Inovasi ini pun berhasil mencatatkan lebih dari 29 juta kunjungan laman Shopee Pilih Lokal selama paruh pertama tahun 2024.
“Tidak hanya itu, hadirnya fitur serta program seperti Shopee Pilih Lokal, merupakan bentuk nyata dukungan untuk memberikan panggung terhadap pelaku usaha lokal serta menambah eksposur bagi banyak produk lokal unggulan,’ujarnya.
Melalui acara yang bertajuk ‘Rayakan Semangat Lokal di tengah Era Digital bersama Shopee’, Shopee mengundang Prilly Latuconsina, Dara Sarasvati, serta brand lokal MINE. Perfumery untuk berbagi kisah inspiratif mereka dalam mengisi momen kemerdekaan melalui peran yang beragam. Termasuk, dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang dihadirkan Shopee untuk menunjang kebutuhan mereka dalam berkarya dan berkontribusi.
“Dalam merayakan semangat lokal, aku sendiri memiliki berbagai cara. Baik secara profesional serta sebagai pribadi aku. Berkolaborasi memperkenalkan keindahan destinasi wisata Indonesia, membangun gerakan kolektif yang sadar akan isu sosial dan budaya hingga memperkenalkan bahasa ataupun adat melalui pakaian saat film ku ditampilkan pada festival Internasional. Tidak hanya itu, aku pun sadar, sebagai public figure, aku dapat memanfaatkan media sosial untuk terus menyadarkan masyarakat akan pentingnya melestarikan budaya di tengah era digital,” ungkap Prilly.
Dia juga mengakui, kerap berbagi berbagai produk dari brand lokal yang dia kenakan. “Dengan adanya laman Shopee Pilih Lokal, yang menawarkan kita berbagai produk lokal dari ragam kategori. Selain memenuhi kebutuhan, aku juga bisa menambah pengetahuan. Tak jarang, aku pun ikut merekomendasikan sejumlah produk lokal yang aku pakai kepada followers di sosial media karena aku menyadari apa yang aku lakukan dan gunakan dapat menginspirasi banyak orang,” ujar Prilly.
Lagi lagi dengan kretor konten Dara Sarasvati yang membuat konten dengan mengangkat busana tradisional dari berbagai daerah, hingga beragam pakaian khas tokoh legendaris seperti Roro Jongrang, Nyi Roro Kidul, dan Ken Dedes. Dia mengaku menggunakan fitur Shopee Mall, Shopee Live dan Shopee Video untuk berbelanja dan mencari inspirasi fashion dan beauty.
“Di era digital ini, aku meyakini kemerdekaan adalah kebebasan bagi setiap orang untuk menyuarakan ide dan berbagi kreativitas melalui teknologi. Melalui beragam karya aku berharap dapat memperkenalkan keindahan pakaian adat khas Nusantara dan menginspirasi banyak orang untuk ikut melestarikan kebudayaan lokal,” katanya.
Sementara Shan Felita, pendiri dan CEO MINE Perfumery berupaya mengenalkan keberagaman budaya Indonesia dengan menggunakan bahan alami dari Indonesia dengan grade terbaik. Contohnya, seperti minyak Patchouli dari Sulawesi yang menghasilkan racikan wangi lebih deep, earthy dan luxurious.
“Kami memiliki semangat untuk mengedukasi masyarakat mengenal keunikan sensasi wangi parfum berbahan baku kekayaan alam Indonesia yang berkualitas global. Semangat ini kami realisasikan dengan memanfaatkan peluang yang dihadirkan platform e-commerce, seperti Shopee untuk memperluas jangkauan kreasi parfum MINE agar dapat dinikmati seluruh masyarakat,” katanya.
Menurut Shan, MINE Perfumery mengalami peningkatan pesanan hingga 17 kali lipat berkat peran Shopee Live yang menawarkan kemudahan bagi pelaku usaha untuk lebih dekat dengan para konsumen.
Sejalan dengan semangat rayakan lokal, Shopee kembali menghadirkan kampanye 17.8 Festival Pilih Lokal yang berlangsung sejak 9 hingga 17 Agustus 2024. Sepanjang kampanye berlangsung, Shopee berkolaborasi bersama mitra UMKM dan brand lokal untuk menghadirkan berbagai ragam pilihan produk dari berbagai kategori untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan berbagai promo menarik seperti Flash Sale RP17, Gratis Ongkir RP0 Se-Indonesia dan Ekstra Diskon 79%.
STEVY WIDIA
Discussion about this post