youngster.id - Media sosial menjadi tempat untuk berbagi berbagai hal yang terjadi disekitar kita. Namun sayangnya, ada juga yang memanfaatkan untuk berbagi pesan negatif dan hoax. Belakangan platform sosial media mulai menyaring pesan-pesan tersebut.
Sementara itu, TikTok mendorong para creator video pendek untuk menyebarkan pesan positif. “Salah satu misi kami adalah menginspirasi dan mendorong generasi muda untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan,” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia and The Philippines pada bincang-bincang bertema “Video Pendek Untuk Menyebarkan Pesan Positif” pada Sabtu (29/2/2020) di Kota Kasablanka Mall, Jakarta.
Menurut Donny, dengan format video singkat dan fitur video editing yang lengkap dan mudah digunakan, TikTok menyediakan sarana yang efisien bagi generasi muda untuk berkontribusi secara positif kepada masyarakat dengan isu penting, seperti kesadaran akan lingkungan dan kesehatan.
Acara ini menghadirkan Wulan Guritno, selebriti yang juga menjadi co-founder Yayasan Hope fokus pada kesadaran akan penyakit kanker. Juga ada Dien Limano, pelatih olahraga yang aktif membagikan tips sederhana seputar olahraga dan kesehatan di akun TikToknya. Serta Yoris Sebastian penulis buku Generasi Langgas.
“Dari awal, saya memang mencintai dan menekuni dunia olahraga sebagai sebuah lifestyle. Saya melihat TikTok bukan sekadar aplikasi yang punya beragam editing tools untuk membuat video saja, tetapi wadah untuk berbagi dan mengajak lebih banyak orang menerapkan pola hidup sehat, melalui konten-konten seputar tips olahraga”, ujar Dien Limano.
Pengamat tren pemasaran, Yoris Sebastian mengatakan, “Video pendek dan vertikal masih akan menjadi tren di Indonesia tahun ini. Sehingga brand serta masyarakat harus mulai melihat bagaimana dapat menggunakan wadah video pendek dalam menyampaikan pesan-pesan mereka. TikTok sebagai wadah video pendek menjadi pilihan karena tidak hanya menyajikan diversifikasi konten tetapi memiliki fitur editing yang mumpuni bagi masyarakat yang ingin berkreativitas dalam menyebarkan pesan-pesan berdampak sosial dan positif.”
TikTok berharap dapat mendorong dampak sosial dan memberikan kesadaran sosial kepada pengguna sehingga menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap masyarakat. TikTok telah tersedia di lebih dari 150 pasar dan dalam 75 bahasa, dengan strategi lokalisasi yang gencar untuk mendorong pengguna menciptakan serta berinteraksi melalui konten yang relevan dengan budaya serta tren lokal.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post