Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Menangkap Prospek Menjanjikan Industri Kopi Indonesia

5 Desember 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
kedai Fore Coffee

Inkubasi Fore Hingga IPO, East Ventures Diakui Punya Keahlian Investasi (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Indonesia, sebagai salah satu produsen kopi terbesar dunia, memiliki potensi besar di industri kopi. Pangsa pasar kedai kopi Indonesia diperkirakan mencapai US$2,1 miliar, dengan pertumbuhan CAGR sekitar 10% dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai salah satu produsen utama kopi di dunia dengan pertumbuhan konsumsi yang sangat menjanjikan, industri kopi Indonesia memang memiliki potensi yang sangat besar.

CEO Fore Coffee, Vico Lomar mengatakan, industri kopi di Indonesia memiliki prospek yang menjanjikan dan memiliki peluang yang sangat besar untuk terus ditingkatkan.  Laporan dari United States Department of Agriculture (USDA) bertajuk “Indonesia: Coffee Annual” memproyeksikan konsumsi kopi di Indonesia pada periode 2024/2025 akan meningkat sebesar 10.000 kantong menjadi 4,8 juta kantong, dari 4,45 juta kantong pada periode 2020/2021 (satu kantong kopi setara dengan 60 kilogram).

Menurut USDA, peningkatan konsumsi ini didorong oleh stabilitas ekonomi yang terus membaik, terutama di sektor makanan dan minuman, perhotelan, serta sektor terkait lainnya yang mendukung pertumbuhan konsumsi kopi.

Baca juga :   Bidik Segmen Anak, Fore Coffee Luncurkan Fore Junior

Meski demikian, Vico mencatat bahwa Indonesia masih menghadapi tantangan. Saat ini, Indonesia menempati peringkat di bawah Filipina dengan rasio lebih dari 27.800 orang per kedai kopi. Selain itu, konsumsi kopi per kapita Indonesia masih tergolong rendah, hanya 1,0 kilogram per tahun, menempatkannya di urutan kedua terendah di dunia.

Sebagai perbandingan, data dari Redseer Analysis (2023) mencatat konsumsi kopi per kapita negara seperti Finlandia mencapai 12 kg per kapita atau Amerika Serikat sebesar 5,0 kg per kapita di tahun 2023.

“Ini menunjukkan kesenjangan besar yang dapat diisi dan dimanfaatkan oleh penjual, salah satunya Fore Coffee,” kata Vico, Rabu (4/12/2024).

Menurut Vico, pihaknya turut mendorong pertumbuhan industri kopi dan berkontribusi meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia. Antara lain membuka gerai kopi yang tersebar di seluruh Indonesia hingga ke mancanegara, juga berbagai inovasi dan inovasi mulai dari menu kopi hingga layanan konsumen secara online.

Fore Coffee, yang didirikan oleh Willson Cuaca dari East Ventures serta Robin Boe dan Jhoni Kusno dari Otten Coffee, hingga September 2024 telah berhasil membangun jaringan gerai sebanyak 216 yang tersebar di 43 kota di Indonesia. Bahkan, sejak 9 November 2023 Fore Coffee telah berekspansi ke Singapura dengan membuka gerai pertama di Bugis Junction.

Baca juga :   Fore Coffe Gandeng Influencer Tyna Mirdad Untuk Kopi Manuka Series

Dari sisi inovasi dan strategi, Fore Coffee hadir dengan berbagai menu kopi hingga layanan konsumen secara online. Sebagai informasi, aplikasi Fore Coffee telah diunduh jutaan pengguna sejak diluncurkan pada 2018.

“Aplikasi Fore Coffee tidak hanya mempermudah konsumen untuk membeli kopi, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih personal dan interaktif bagi setiap penggunanya. Sejak berdiri, Fore Coffee mendedikasikan bisnisnya untuk menyebarkan potensi dan budaya kopi Indonesia,” kata Vico.

Lebih dari itu, Fore Coffee juga berkomitmen pada keberlanjutan atau sustainability sesuai dengan tren dunia. Untuk itu, Fore Coffee juga mengedepankan aspek ramah lingkungan dalam operasional bisnisnya. Salah satu inisiatif yang diambil adalah pengelolaan bisnis yang peduli terhadap dampak lingkungan, baik dari segi produksi maupun kemasan.

Salah satu inovasi bisnis yang menerapkan asas berkelanjutan adalah dengan memperkenalkan penggunaan kemasan kopi yang ramah lingkungan, yakni kemasan dengan kode angka 5: PP (Polypropylene). Kode ini menandakan bahwa kemasan yang digunakan oleh Fore Coffee aman untuk makanan dan minuman. Selain itu, kemasan kopi tersebut dapat didaur ulang sehingga memberikan kontribusi pada pengurangan sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik.

Baca juga :   East Ventures Dukung Rencana IPO Startup Fore Coffee

“Fore Coffee juga membawa misi keberlanjutan dengan membawa misi orisinil eco-friendly ke lebih dari 50% gerai di Indonesia dan Singapura dengan mendaur ulang plastik bekas gelas olahan sebanyak 8.800 kg untuk dijadikan furniture gerai Fore Coffee,” tutup Vico. (*AMBS)

 

Tags: fore coffeeIndustri Kopi Indonesia
Previous Post

Aplikasi BRIGHTS Memperkuat Akses Investasi Generasi Muda

Next Post

Aplikasi Buzzy Wizzy Karya Mahasiswa President University Raih GoldPrize Global StartupCompetition

Related Posts

Fore Coffee
Headline

Pendapatan Melonjak 115%, Fore Coffee Optimis Kinerja Bisnis yang Eksponensial di 2025

26 Juni 2025
0
Fore Coffee
News

Setelah IPO, Fore Coffee Buka “Fore Experience”

8 Mei 2025
0
Fore Coffee
News

Di Hari Pertama Perdagangan, Saham Fore Coffee Naik 34%

14 April 2025
0
Load More
Next Post
Aplikasi Buzzy Wizzy

Aplikasi Buzzy Wizzy Karya Mahasiswa President University Raih GoldPrize Global StartupCompetition

Berdayakan Seniman Disabilitas Telkomsel Gelar Program “Sambungkan Senyuman untuk Generasi Gemilang”

Berdayakan Seniman Disabilitas Telkomsel Gelar Program “Sambungkan Senyuman untuk Generasi Gemilang”

Proptech Rukita

Jawab Kebutuhan Hunian Generasi Muda, Proptech Rukita Luncurkan Ekosistem Hunian Sewa Komprehensif

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version