Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Menata Data Pelanggan dengan Sistem Sentralisasi

22 September 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
sistem sentralisasi data

Menata Data Pelanggan dengan Sistem Sentralisasi (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dalam enam bulan ke depan ada sekitar 84% pekerja di Indonesia yang berencana resign dari perusahaannya.  Hal itu bisa menjadi masalah jika perusahaan tidak memiliki sistem yang tertata baik, terutama di bidang sales.

Misalnya, ketika resign, ternyata penggantinya tidak memiliki akses data pelanggan sebelumnya. Sehingga, beberapa perusahaan mengalami transisi dari nol lagi ketika ada pergantian sales hingga berisiko kehilangan leads potensial.

Hal itu bisa terjadi akibat beberapa faktor utama yang tidak diperhatikan perusahaan seperti, tidak adanya data yang tersentralisasi, pemanfaatan teknologi kurang tepat, dan dokumentasi database dilakukan secara manual seperti Whatsapp pribadi dan excel.

Lalu, belum lagi dengan manajemen yang tidak memiliki visibilitas terhadap percakapan yang dilakukan oleh tim sales yang dilakukan melalui Whatsapp pribadi, sehingga ketika ada pegawai sales yang resign, pegawai yang baru maupun rekannya yang lain tidak mengetahui strategi dan cara berkomunikasi pegawai yang resign tersebut.

Baca juga :   Startup Akuakultur DELOS Peroleh Pendanaan Seri A

Regional GM ASEAN SleekFlow, Asnawi Jufrie mengatakan, untuk menghindari risiko data pelanggan yang tidak tertata dengan baik itu, solusinya adalah menggunakan sentralisasi data dengan platform CRM yang mendukung konsep omnichannel. Lalu, perusahaan juga bisa menggunakan WhatsApp Business API (WABA) untuk komunikasi yang lebih tersentralisasi.

“Dengan CRM, database kontak leads akan terekam dengan aman, sedangkan pemanfaatan WABA memungkinkan tim untuk berkolaborasi hanya dengan menggunakan satu nomor saja. Misalnya, untuk satu perusahaan dapat menggunakan satu nomor untuk seluruh tim salesnya,” kata Asnawi, dikutip Jum’at (22/9/2023).

Menurut Asnawi, platform omnichannel social commerce SleekFlow hadir dengan solusi yang memungkinkan bisnis untuk mengelola leads yang mengintegrasikannya dengan CRM terkemuka.  Lalu, WABA juga membuat proses komunikasi dengan pelanggan cukup dengan satu nomor yang tersentralisasi untuk beberapa divisi sekaligus.

Fitur Collaborator dan Internal Notes juga akan mempermudah koordinasi antar pegawai untuk keperluan handover jika ada yang resign atau cuti sakit/cuti panjang.

Baca juga :   Jack Ma Jadi Penasehat e-Commerce Indonesia

“Business owner dapat memantau percakapan untuk menghindari tindakan indisipliner yang dapat merugikan bisnis,” tambahnya.

Selain itu, solusi CRM dari SleekFlow juga memungkinkan untuk menyimpan data pelanggan seperti ulang tahun, lokasi, preferensi, hingga dapat melakukan otomatisasi customer engagement yang terpersonalisasi. Dengan begitu, data penjualan bisa tertata rapi, dan hubungan dengan pelanggan terjaga.

“Di luar penggunaan teknologi tersebut, solusi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan bisa dilakukan dengan melakukan kerja sama jangka panjang dengan tim sales internal. Dengan begitu, ketika ada yang resign atau cuti panjang, proses hubungan dengan konsumen bisa terjaga. Jadi, loyalitas konsumen pun bisa terjaga,” tutup Asnawi. (*AMBS)

 

Tags: Data PelangganPlatform CRMsistem sentralisasi dataSleekFlowWhatsApp Business API (WABA)
Previous Post

Gelaran Pokémon TCG Academia Hadir di Empat Mall AEON Jabodetabek

Next Post

Upaya Titipku Mengoptimalkan Kinerja Para Jatiper

Related Posts

bisnis online
Headline

Ini Solusi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di 2024

12 Desember 2023
0
industri pariwisata
News

Kolaborasi RevComm dan SleekFlow Dorong Customer Retention Industri Hospitality di Bali

11 September 2023
0
marketplace
Headline

Strategi Penjual Menjaga Pelanggan di Marketplace Agar Tetap Loyal

19 Agustus 2023
0
Load More
Next Post
Japiter Titipku

Upaya Titipku Mengoptimalkan Kinerja Para Jatiper

properti OYO

Tingkatkan Layanan Pelanggan di Indonesia, OYO Kerahkan Ratusan Karyawan

Mastercard x Grab x Benihbaik.com

Dukung Dunia Pendidikan, Mastercard Donasi Rp1,5 untuk Siswa di Banten

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version