Menpora Ario Yakin Timnas Esport Indonesia Raih Banyak Emas di SEA Games 2023

Menpora PB ESI

Menpora Ario Bimo (tengah), beserta Ketua KONI dan jajaran PB ESI. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tim Nasional Esport Indonesia sudah siap berlaga untuk SEA Games Kamboja 2023. Mereka akan bertanding pada nomor Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) Pria, MLBB Wanita, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Crossfire, dan Valorant, dengan target perolehan empat emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo yakin bahwa tim nasional esports Indonesia akan mampu mencapai harapan tinggi.

“Seluruh rangkaian kegiatan pemusatan latihan nasional (Pelatnas) pun didesain dengan sedemikian rupa dalam rangka meraih hasil maksimal pada putaran SEA Games ke-32 Kamboja 2023. Kami berpesan, segenap tim memberikan usaha terbaik serta bermain dengan penuh kebanggaan dan semangat bela negara di Kamboja. Bawalah pulang emas sebanyak-banyaknya untuk Indonesia!” kata Ario dalam jumpa pers, Senin (11/4/2023) di Jakarta.

Menpora juga menyampaikan mandat Presiden Joko Widodo bahwa esports Indonesia tidak hanya terbatas di prestasi, melainkan juga pengembangan industri dan maksimalisasi dampak ekonomi.

“Potensi industri keolahragaan (sport industry) Indonesia yang sangat besar ini harus dimajukan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat. Kami pun siap bekerja sama dengan PB ESI dalam menjalankan mandat tersebut,” katanya.

Ketua Harian Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo menyampaikan, melalui seluruh rangkaian kegiatan Pelatnas, telah terbentuk tim yang terdiri dari para atlet dan pelatih terbaik di setiap nomor gim yang akan dipertandingkan pada cabang esports di SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

“Kami akan bertanding dalam 6 nomor pertandingan yaitu Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) Pria, MLBB Wanita, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Crossfire, dan Valorant, dengan target perolehan empat emas, tiga perak, dan satu perunggu,” kata Bambang menegaskan.

Sementara Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ade Lukman mengungkapkan, meski kiprah esports di Indonesia terbilang masih belia, tetapi telah membuahkan hasil-hasil yang membanggakan di kancah dunia. Seperti SEA Games ke-31 Hanoi 2021 dan International Esports Federation (IESF) World Esports Championships 2022.

“Untuk itu KONI memberikan dukungan maksimal terhadap peningkatan prestasi esports Indonesia, dan kami yakin bahwa esports merupakan salah satu cabang olahraga kontributor emas terbanyak pada SEA Games ke-32 Kamboja,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version