Minggu, 21 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Milenial Paling Banyak Belanja di e-Commerce

27 November 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
tenaga kerja

Pentingnya Rekrutmen Tanpa Diskriminasi untuk Kesetaraan Pekerja (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Masyarakat Indonesia sudah semakin terbiasa dengan belanja melalui platform digital (e-commerce). Studi IPSOS Indonesia menunjukkan bahwa 64 % masyarakat yang berbelanja di e-commerce berasal dari kalangan milenial, dengan 37% berdomisili di Pulau Jawa.

“Profil netizen yang berbelanja di e-commerce sangat menarik untuk ditelaah di mana hasil penelitian kami menunjukkan bahwa netizen milenial lebih banyak berbelanja di e-commerce,” kata Andi Sukma Head Of Observer IPSOS Indonesia dalam keterangannya Senin (26/11/2018) di Jakarta.

Studi dilakukan melalui kuesioner online kepada responden online panel sejak Agustus di seluruh Indonesia. Studi E-Commerce Outlook 2018 fokus pada kebiasaan masyarakat mengakses e-commerce baik perusahaan yang paling sering diakses sampai tipe pembayaran yang biasa dilakukan.

Baca juga :   LKPB Ajak e-Commerce Terlibat e-Katalog Pemerintah

Dari profil masyarakat yang berbelanja di e-commerce, mayoritas adalah kalangan ekonomi atas dengan pendapatan bulanan minimal Rp3 juta, bekerja dan telah menikah. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang berbelanja online memiliki buying power untuk menentukan pembelian di e-commerce.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan lima perusahaan e-commerce yang paling banyak dikunjungi adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan Blibli. Pengunjung website atau aplikasi lebih banyak melakukan pembelian daripada hanya melihat saja, yang menunjukkan kepercayaan untuk langsung melakukan pembelian.

Sementara produk fashion masih menjadi favorit netizen baik oleh netizen pria maupun wanita. Kemudian setelah itu ada variasi produk favorit berdasarkan jenis kelamin dimana pria lebih cenderung melakukan pembelian barang teknologi/gadget, elektronik, pembayaran tagihan atau untuk perjalanan.

Baca juga :   Diskon Ramadhan Buat Belanja Online Naik 81%

Sedangkan netizen wanita lebih cenderung melakukan pembayaran tagihan, kosmetik, produk perawatan, kebutuhan sehari-hari dan produk makanan serta minuman. Adapun jenis pembayaran yang disukai saat ini sudah bergeser dari Cash on Delivey (COD) menjadi debit transfer.

Managing Director IPSOS Indonesia Soeprapto Tan mengatakan, hal ini akan memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan ekonomi secara digital di Indonesia. Oleh karena itu IPSOS melihat pertumbuhan e-commerce ini sebagai sesuai yang positif baik bagi pebisnis, konsumen maupun masyarakat pada umumnya.

“Bagi pebisnis, e-commerce berdampak pada pengurangan biaya operasional dan kesempatan memperlebar pangsa pasar dengan tidak berbanding lurus terhadap modal yang harus disiapkan akibat dari expansi business tersebut sehingga memberikan dorongan pada perekonomian wilayah yang lebih merata dikarenakan konsep e-commerce yang tidak terhalang oleh jarak,” kata dia.

Baca juga :   Isyana Sarasvati Jadi Brand Ambasador N'PURE

Menurut Asosiasi E-Commerce Indonesia (IDeA) kontribusi e-commerce terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) telah mencapai dua persen. Menurut Bank Indonesia, prediksi total transaksi e-commerce selama 2018 akan mencapai Rp102 triliun, semetara pemerintah memperkirakan kontribusinya terhadap PDB akan mencapai 10 persen pada 2020.

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceIPSOS Indonesianetizen
Previous Post

Teradata Vantage, Menganalisa Semua Data Kapan Saja

Next Post

Work Coffee Indonesia Gelar Kopi Lokal Ke London

Related Posts

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026
Headline

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026

28 November 2025
0
Load More
Next Post
Kopi Indonesia Hadir Di Ajang World of Coffee Expo Dublin 2016

Work Coffee Indonesia Gelar Kopi Lokal Ke London

DOKU Gandeng Telkomsel dan Neostar Demi Permudah Pelanggan

DOKU Gandeng Telkomsel dan Neostar Demi Permudah Pelanggan

Inilah Pemenang EF Spelling Bee Competition 2018

Inilah Pemenang EF Spelling Bee Competition 2018

Discussion about this post

Recent Updates

transaksi e-commerce

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026

20 Desember 2025
Botipedia

INSEAD Luncurkan Botipedia, Ensiklopedia Berbasis AI dengan 400 Juta Entri dalam 100 Bahasa

20 Desember 2025
Cambridge University

Cambridge University Luncurkan Komunitas Guru Siap Masa Depan di Bali

20 Desember 2025
MoEngage

MoEngage Tambah Pendanaan Seri F US$180 Juta, Total Capai US$280 Juta

20 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
transaksi e-commerce

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026

20 Desember 2025
Botipedia

INSEAD Luncurkan Botipedia, Ensiklopedia Berbasis AI dengan 400 Juta Entri dalam 100 Bahasa

20 Desember 2025
Cambridge University

Cambridge University Luncurkan Komunitas Guru Siap Masa Depan di Bali

20 Desember 2025
MoEngage

MoEngage Tambah Pendanaan Seri F US$180 Juta, Total Capai US$280 Juta

20 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version