Mitra Tokopedia Layani Lebih dari 20 Juta Masyarakat Indonesia

Business Development New Retail Tokopedia Gary Christian (kanan) bersama salah satu mitra Tokopedia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tokopedia berkomitmen untuk memajukan ekosistem warung di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi lewat aplikasi Mitra Tokopedia. Aplikasi Mitra Tokopedia menginjak usianya yang pertama. Sejak dihadirkan pada bulan November 2018 lalu, aplikasi Mitra Tokopedia kini telah diunduh oleh hampir dua juta pengguna Android.

AVP of New Retail Tokopedia, Adi Putra mengatakan, dalam kurun waktu satu tahun, aplikasi Mitra Tokopedia telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem, yang mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, untuk mengembangkan bisnis. Hal ini dapat tercapai berkat dukungan dan kolaborasi yang berkelanjutan antara Tokopedia dengan berbagai mitra strategis.

“Di tahun pertama, Mitra Tokopedia mencatatkan pertumbuhan pada beberapa aspek, antara lain jumlah pengguna dan luas jangkauan. Tercatat hingga Oktober 2019, lebih dari 20 juta masyarakat Indonesia telah dilayani oleh mitra lewat aplikasi Mitra Tokopedia. Jumlah mitra aktif juga telah mencapai sekitar 350.000,” kata Adi dalam keterangannya, Jumat (1/11/2019) di Jakarta.

Menurut dia, aplikasi ringan berukuran 3 MB ini terus mempermudah masyarakat Indonesia mengembangkan usahanya, terutama para pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya. Dengan aplikasi ini mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya untuk berjualan berbagai macam produk digital, seperti pulsa, tagihan air, voucher game dan lain-lain, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir. Dengan kemudahan tersebut, pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Alternatif produk yang dijual pun bisa semakin banyak.

“Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia bisa menjadi ‘warung super’,” ujar Adi.

Saat ini, fitur Grosir sudah bisa dipakai oleh para pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya di 25 kota/kabupaten, mulai dari Banda Aceh hingga Manado, sedangkan fitur penjualan produk digital, seperti pulsa dan token listrik, bisa dimanfaatkan di 500 kota/kabupaten. Hal ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan wilayah paling luas di Indonesia.

Aplikasi Mitra Tokopedia juga turut membantu menjembatani masyarakat Indonesia untuk menikmati pengalaman berbelanja online-to-offline (O2O). Terdapat juga tim khusus, yakni Sobat Mitra, yang bertugas memberikan edukasi mengenai aplikasi Mitra Tokopedia sekaligus membantu para mitra secara langsung untuk mengembangkan bisnisnya. Sobat Mitra rutin mengadakan pertemuan dengan mitra di masing-masing wilayah lewat platform paguyuban sebagai sarana berbagi informasi untuk mengembangkan usaha. Saat ini, terdapat ratusan Sobat Mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai bentuk komitmen Mitra Tokopedia di satu tahun pertama untuk memajukan ekosistem warung di Indonesia, Mitra Tokopedia menginisiasi ‘Gerakan Warung Nasional’ berkolaborasi dengan sederet pelaku ekosistem. Gerakan ini merupakan langkah awal untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menggerakkan warung sebagai salah satu usaha mikro agar dapat memberikan dampak yang lebih besar untuk perekonomian Indonesia.

Di tahun 2019 ini, Gerakan Warung Nasional akan disertai sebuah perayaan pada tanggal 14-15 Desember 2019 di Jakarta sebagai momen apresiasi dan bertujuan menginspirasi masyarakat untuk berkolaborasi mengembangkan ekosistem warung Indonesia.

STEVY WIDIA

Exit mobile version