Kamis, 2 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Modalku Salurkan Pendanaan Rp41,2 Triliun ke UMKM di 5 Negara

19 Januari 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Reynold Wijaya - Modalku

Reynold Wijaya, Founder & CEO Modalku.com (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Modalku telah menyalurkan pendanaan sebanyak Rp41,2 triliun selama tujuh tahun terakhir yang ditutup pada Desember 2022. Dana  dari perusahaan financial technology (fintech) itu diberikan ke 5,1 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
CEO dan Co-founder Modalku Reynold Wijaya menjelaskan, tahun 2022 merupakan situasi menantang bagi perjalanan bisnis Modalku. Meski demikian, dibandingkan tahun sebelumnya, angka penyaluran pendanaan Grup Modalku mengalami pertumbuhan lebih dari 40%. Hal ini menunjukan tingginya kebutuhan UMKM terhadap akses pendanaan.

“Modalku berhasil mendapatkan pendanaan di awal tahun dari investor yang mampu memberi kesempatan bagi kami agar tumbuh dan bertahan di tahun ini,” kata Reynold dalam keterangan pers, Kamis (19/1/2023).

Menurut dia, tahun 2022 merupakan tahun kolaborasi dan Modalku banyak menjalankan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak. Semua itu dilakukan demi membangun ekosistem lengkap bagi para UMKM. Khususnya UMKM di Tanah Air.

Di Indonesia, tambahnya, penyaluran pendanaan Modalku telah didistribusikan ke berbagai industri UMKM. Industri UMKM yang paling banyak didanai oleh perusahaan didominasi oleh sektor perdagangan, baik grosir dan eceran, termasuk pengusaha online sebesar 55 persen. Kemudian diikuti sektor jasa, termasuk industri pengolahan, konstruksi, serta pengangkutan dan pergudangan sebesar 44%. Sedangkan sektor kehutanan dan perikanan sebesar 1%.

Baca juga :   Kembangkan Skill Karyawan di Bidang Cloud, ITDRI Gandeng Microsoft

Area penyaluran dana Modalku tidak hanya berfokus di Pulau Jawa, namun juga menjangkau hingga ke luar Pulau Jawa. Beberapa area di luar Pulau Jawa yang paling banyak didanai oleh Modalku antara lain Sumatera Utara, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Bali.

COO dan Co Founder Modalku Iwan Kurniawan menjelaskan, di tengah ketidakpastian situasi ekonomi saat ini, UMKM diprediksi akan tetap menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Sejalan dengan program pemerintah, Modalku akan terus melanjutkan komitmen dalam memperkuat bisnis serta menjawab dan mengatasi tiga tantangan yang dialami oleh UMKM.

Di antaranya menyediakan akses pendanaan, menghadirkan fasilitas transaksi, serta membantu mengelola arus transaksi UMKM. “Ke depannya Modalku juga akan mengimplementasikan strategi ekspansif namun terukur,” ujar dia.

Baca juga :   Aplikasi Cube TV Dukung Gamer Jadi Pro

Iwan menjelaskan, Perusahaan telah bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra strategis dari berbagai industri di Indonesia. Mitra tersebut di antaranya bergerak di industri e-commerce, outsourcing, logistik, transportasi, manufacturing, agribisnis, alat kesehatan serta makanan dan minuman. Sebanyak lebih dari 230 ribu pemberi dana, baik individu maupun institusi telah terdaftar di Grup Modalku sampai akhir 2022.

Di Indonesia, jumlah pemberi dana Modalku paling banyak terdapat di area Pulau Jawa, yakni sebesar 83%. Jumlah akun pemberi dana masih didominasi oleh pemberi dana individu dibanding pemberi dana institusi.

Berbeda dengan penerima dana, komposisi pemberi dana di Modalku cukup seimbang, baik generasi milenial, generasi Z maupun generasi X. Pemberi dana di Modalku dengan rentang umur di bawah 35 tahun dengan pemberi dana yang berumur di atas 35 tahun memiliki persentase yang sama, yakni sebesar 50%.

Selama 2022, dari semua produk Modalku, sejumlah 40% pemberi dana di Modalku memilih pinjaman terproteksi dan sebesar 89% pemberi dana telah melakukan pendanaan ulang. Selain itu, kerja sama dalam bentuk channeling mengalami peningkatan dari sisi nominal sebesar lebih dari 250% jika dibandingkan pada 2021.

Baca juga :   Teknologi Blockchain Diterapkan Untuk Perpajakan

Mengawali 2023, Modalku fokus meningkatkan profitabilitas perusahaan dan optimis terus menunjukkan pertumbuhan positif. Guna mencapai target perusahaan yang profitable, Modalku terus fokus untuk mengembangkan fundamental dan bisnis.

Pengembangan tersebut dilakukan salah satunya melalui penguatan di lisensi bisnis, bijak dalam pengeluaran perusahaan, memperluas kolaborasi, meningkatkan reputasi brand di industri yang belum terjangkau Modalku, serta mengembangkan teknologi untuk mendukung strategi perusahaan.

Modalku menyediakan layanan pendanaan digital, penerima dana atau UMKM yang berpotensi bisa mendapatkan modal usaha tanpa jaminan hingga Rp2 miliar. Didanai oleh pemberi dana platform atau individu atau institusi yang mencari alternatif investasi pendanaan bersama melalui pasar digital. Selain di Indonesia, Modalku beroperasi pula di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam dengan nama Funding Societies.

 

STEVY WIDIA

Tags: financial technology (Fintech)ModalkupendanaanUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Akselerasi Transformasi Digital Lewat Indonesia Metaverse Show 2023

Next Post

Indonesia Perlu Memperkuat Ketahanan Digital di Bidang TIK

Related Posts

edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring
Headline

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
Peris.ai
Headline

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
RANS
Headline

RANS Jajaki Ekspansi Bisnis ke Industri F&B dan Gaya Hidup

2 Februari 2023
0
Load More
Next Post
Huawei dan Lemhanas

Indonesia Perlu Memperkuat Ketahanan Digital di Bidang TIK

GudangAda

60% UKM di Indonesia Sudah Terapkan Digitalisasi

Perkuat Bisnis, GoFood Utamakan Pelanggan

Nilai Transaksi GoFood di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat

Discussion about this post

Berita Terbaru

mobile game

Nostra Klaim Capai 75 Juta MAU di Online Gaming

2 Februari 2023
0
PLTS Atap

Xurya Jangkau Lebih Banyak Industri untuk Pertumbuhan Industri Hijau

2 Februari 2023
0
edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
Literasi Digital

Indeks Literasi Digital Indonesia Tahun 2022 Meningkat Jadi 3,54

2 Februari 2023
0
petani rumput laut

Kolaborasi FedEx dan YKAN Berdayakan Petani Rumput Laut Wakatobi Melalui eCommerce

2 Februari 2023
0
Peris.ai

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version