Nex-BE Fest Pertemukan 32 Startup Dengan BUMN

Nex-be Fest 2022

Next Billion Ecosystem Festival 2022 digelar di Bali. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pembangunan ekosistem digital Indonesia perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk mendorong hal itu, MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) menggelar Next Billion Ecosystem Festival (Nex-BE Fest). Ajang ini memfasilitasi total 193 pertemuan bisnis antara 28 perusahaan BUMN dan 32 startup.

Chief Strategy Officer Telkom Group Budi Setyawan Wijaya mengatakan, dalam pembangunan ekosistem digital Indonesia, sangat penting memperhatikan sinergi antar perusahaan BUMN serta memanfaatkan kekuatan kolektif aset dan kapabilitas BUMN untuk mendukung startup digital Indonesia.

“Supaya eksekusi implementasi penguatan ekosistem digital dapat berkembang dalam skala besar, Nex-BE Fest 2022 hadir untuk memberikan kepastian di masa industri teknologi penuh ketidakpastian agar potensi peningkatan digital ekonomi Indonesia tercapai dan memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder, khususnya masyarakat Indonesia,” kata Budi melalui keterangannya, Senin (5/12/2022).

Kali ini Nex-BE Fest digelar pada 29-30 November 2022 di Bali. Sejumlah startup digital yang telah memperoleh pendanaan dari MDI Ventures dan TMI dipertemukan dengan berbagai anak perusahaan Telkom Group dan perusahaan BUMN lainnya untuk menggali potensi sinergi baru.

Ajang one-on-one ini dihadiri pula oleh BUMN ternama, mulai dari Perhutani, ID Food, Pupuk Indonesia, Bank Syariah Indonesia, BioFarma, Kimia Farma, POS Indonesia, dan Perkebunan Nusantara.

CEO MDI Ventures, Donald Wihardja, menuturkan kecocokan terjadi ketika perusahaan dengan kebutuhan yang sudah terdefinisi dengan baik bertemu startup dengan solusi yang konkrit menjawab hal tersebut, atau bisa jadi sebaliknya.

“Seringkali, interaksi startup-BUMN mengarah juga pada pengembangan inovasi barang/jasa yang baru. Melalui interaksi, ide terbentuk dan titik-titik yang sebelumnya tidak berhubungan terhubung, mengarah ke sintesis inovasi yang baru,” katanya.

Menurut Donald, hal ini membuktikan bahwa bila tidak terjadi matchmaking, perusahaan akan tetap membantu agar ada interaksi antara startup dengan BUMN, dan dari situ akan lahir banyak inovasi baru.

Penyelenggaraan Nex-BE Fest 2o22 ini memfasilitasi nilai sinergi antara startup dan BUMN hingga mencapai Rp 2,4 triliun. Jika ditotal, sejak pertama kali diadakan pada tahun 2019, inisiatif ini telah menghasilkan nilai sinergi sebesar lebih dari Rp 7,4 triliun dari 498 pertemuan bisnis.

Di tahun ini pula jumlah partisipan meningkat 3,2 kali lipat, pertemuan bisnis meningkat 5,4 lipat lipat, dan nilai sinergi meningkat 2,7 lipat lipat dari awal kegiatan ini digelar.

Ajang berkelanjutan seperti Nex-BE Fest diharapkan dapat mendorong perusahaan BUMN lainnya untuk memperluas pengembangan bisnisnya melalui proses sinergi dengan startup-startup yang berpotensial, agar dapat mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version