youngster.id - Akselerator startup 11th Space bersama IdeaFest berkolaborasi menggelar program Nexspace, sebuah kompetisi bisnis sekaligus wadah akselerasi bagi pelaku usaha rintisan.
Managing Director 11th Space Wanyi Pratiknyo mengatakan, Nexspace sebagai wadah bagi pelaku startup dan business founders untuk berkompetisi sambil membangun jaringan (sesi networking) sekaligus akselerasi.
“Nexspace tahun ini menggelar tema Building a Legacy. Kami ingin menanamkan pola pikir dan mentalitas membangun startup dan bisnis tidak lagi sekadar mencari cara cepat sukses dengan mendapatkan pendanaan, tetapi para pelaku startup juga perlu memikirkan bagaimana membangun bisnis yang berkelanjutan dari tahun ke tahun, bahkan bisa menjadi warisan (legacy) dan yang berdampak sosial di kehidupan kita,” kata Wanyi dalam keterangan pers, Jumat (11/8/2023).
Wanyi menjelaskan, 11th Space menargetkan ratusan startup dan bisnis untuk ikut berpartisipasi dan mendaftar melalui link registrasi yang tersedia di akun instagram Nexspace sebelum 2 September 2023.
“Startup terbaik akan mendapat kesempatan untuk mendapatkan investasi hingga ratusan juta, sesuai rangkaian hasil due diligence yang dilakukan setelah program Nexspace selesai,” tambah Wanyi.
Sementara itu, Founder Haloka Group Stephanie Regina mengatakan, tahun ini Nexspace bersama Haloka berfokus mencari startup maupun bisnis konvensional yang sudah beroperasi minimal satu tahun dan maksimal tiga tahun untuk mengikuti program ini yang bergerak di industri consumer goods & services (B2C/D2C), consumer media & entertainment, manufacture (B2B), beauty & wellness (termasuk healthtech), dan emerging tech (AI, AR, VR).
“Kami tetap membuka kesempatan untuk industri lainnya juga. Besar harapan kami pada Nexspace 2023 agar bisa menemukan startup dan bisnis dengan talenta maupun potensi terbaik di Indonesia, karena konsep dan programnya akan semakin menarik, juga menantang. Sehingga para founders akan mendapatkan pengalaman one-on-one mentoring yang lebih intens dari para mentor yang sudah kami kurasi secara eksklusif, beberapa keynote dan workshop session, serta pitching di hadapan panel investor,” kata Stephanie yang juga Lead Community Partner tahun ini.
Kriteria lainnya untuk mengikuti ajang Nexspace 2023 adalah startup maupun bisnis yang belum pernah menerima pendanaan dari venture capital manapun. Serta bisnis yang sudah profitable ataupun menuju profitable.
Adapun dari seluruh pendaftar, akan disaring dan mengikuti tiga tahapan. Tahap pertama menyaring hingga 120 peserta yang akan mengikuti program pendampingan ‘Road to Nexspace 2023’ selama dua hari dari Haloka. Tahap kedua, akan dipilih hingga menjadi 45 peserta terbaik, sampai tahap ketiga yang nantinya akan memilih tiga bisnis terbaik yang menjadi pemenang untuk kompetisi Nexspace 2023.
Puncak kegiatan ini akan berlangsung pada 29 September-1 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post