Noice Buka Kesempatan Bagi Kreator Konten Monetisasi Konten

Niken Sasmaya, Chief Business Offcer Noice. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Kreator konten telah menjadi profesi yang menjanjikan. Pasalnya, karya konten sudah memiliki nilai (monetisasi). Berdasarkan laporan We Are Social dan Hootsuite, Indonesia menempati peringkat ke-27 di dunia dengan persentase pengguna internet yang membeli konten digital sebanyak 66,9%.

Hal ini mendorong platform podcast streaming Indonesia Noice menghadirkan fitur monetisasi dalam bentuk konten berbayar (VIP). Sejak diluncurkan bagi seluruh konten kreatornya awal tahun 2023 lalu, Noice telah meraih 1 juta transaksi konten VIP dengan lebih dari 100,000 transacting unique users.

“Melihat pertumbuhan fans-economy yang sangat positif sejak awal skema monetisasi Noice diluncurkan, kami sangat tertarik memperkenalkan program Cuan di Noice lebih luas lagi agar lebih banyak kreator di Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari monetisasi karya mereka. Program ini terbuka untuk semua kreator dengan beragam genre konten, tidak hanya komedi, tapi juga horror, bahkan bisnis, investasi dan edukasi,” kata Niken Sasmaya, CBO (Chief Business Offcer), Noice pada Kamis (26/9/2024) di Jakarta.

Niken mengungkapkan, kehadiran program ini dilatarbelakangi ketertarikan masyarakat Indonesia dalam membeli konten digital yang kian meningkat khususnya di kalangan Gen-Z dan millenials. Sejalan dengan hal tersebut, pertumbuhan yang signifikan untuk penjualan konten digital juga terjadi di aplikasi Noice.

“Fitur konten berbayar ini bertujuan mendukung para konten kreator di tanah air untuk bisa tumbuh dan hidup dari karya mereka melalui monetisasi konten. Selain itu masyarakat juga mendapatkan konten yang ekslusif,” katanya.

Menurut Niken, program Cuan di Noice menghadirkan berbagai dukungan komprehensif bagi seluruh konten kreator untuk bisa memonetisasi konten mereka di aplikasi Noice dengan berbagai cara. Mulai dari menjual konten VIP, konten early access, penyelenggaraan event hingga memfasilitasi mereka lewat kolaborasi dengan brand atau pengiklan.

“Noice memberikan peluang berkreasi bagi para konten kreator untuk memonetisasi konten mereka dalam berbagai format, tidak hanya dalam bentuk podcast, namun format lainnya seperti audio story bahkan sebuah event yang dikonversi ke konten on-demand terbukti memiliki audiencenya tersendiri yang tertarik untuk membeli konten tersebut sebagai bentuk apresiasi mereka kepada para kreator favoritnya,” pungkas Niken.

Saat ini sudah ada puluhan kreator konten yang berkolaborasi dengan Noice untuk menghadirkan konten premium mereka. Antara lain Podcast Kementerian Kegelapan oleh Bung Rin, Podcast Malam Kliwon (PMK) oleh Bimoky dan Dhanu, Detektif Astral, Podcast Awal Minggu dari Adriano Qalbi, Podkesmas, David Noah lewat event Future Wealth Builder (FWB), Timothy Ronald lewat konten audio story ‘The Crypto Millionaire’ dan banyak lainnya.

“Selain meraih antusias yang tinggi dari peserta ine event, Noice juga memberikan kemudahan bagi kami untuk memperluas jangkauan konten ini dengan rekaman Video on Demand (VOD). Konten on-demand yang dikonversi dari sebuah event memberikan nilai tambah yang berbeda bagi para penyelenggara event untuk bisa mendapatkan extra revenue dari event yang mereka buat sekaligus meningkatkan awareness event mereka dengan lebih luas lagi.” kata David Noah Lizal, CEO & Co-founder, Fortis Holdings, Former Creator of ‘Future Wealth Builder’ event.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version