youngster.id - Seiring dengan perkembangan digital, pebisnis F&B menghadapi berbagai tantangan agar dapat mengelola bisnis dan meningkatkan penjualan. Untuk itu, PT Esensi Solusi Buana (ESB), spesialis sistem operasional terintegrasi untuk bisnis kuliner, memperkenalkan produk terbarunya OLIN, yang berperan sebagai asisten AI yang memberikan rekomendasi praktis bagi pebisnis F&B, baik skala UMKM maupun enterprise.
“OLIN dapat membantu dengan memprediksi potensi target penjualan, mengidentifikasi promosi paling efektif, merekomendasikan menu kombinasi, mencegah fraud, dan memeriksa kesehatan bisnis,“ kata Gunawan, Co-Founder dan CEO ESB, dikutip Sabtu (11/5/2024).
Disebutkan Gunawan, OLIN dirancang dengan mengusung empat nilai utama. Pertama, Security, keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena seluruh data dikumpulkan dan diolah di dalam server ESB. Kedua, Accuracy, proses data dilakukan setiap hari secara terperinci dan akurat, serta menyajikan laporan yang lengkap dan detail.
Ketiga, Reliability, OLIN mengolah data realtime dari transaksi harian setiap brand sehingga rekomendasi yang diberikan bersifat spesifik, dan telah teruji selama dua tahun di beberapa merchant ESB. Keempat, Convenience, memiliki user experience yang simpel, OLIN memastikan data terolah otomatis dan penyajian rekomendasi praktis.
“OLIN membantu pengusaha kuliner dalam berbagai aspek bisnis dengan akurasi hingga 90%, semakin tinggi tingkat akurasinya bila menggunakan produk ESB setidaknya tiga bulan,” klaim Gunawan.
OLIN telah dipercaya dan dibuktikan oleh beberapa merchant ESB terutama pada skala bisnis menengah ke atas. Ke depannya tidak menutup kemungkinan untuk dapat membantu pemilik UMKM kuliner yang juga menggunakan aplikasi POS ESB terlebih dahulu.
“OLIN diharapkan dapat membantu para pebisnis F&B mencapai omzet yang lebih tinggi. Kami menargetkan setidaknya 80% pengguna ESB saat ini dapat menggunakan OLIN sebagai asisten bisnis mereka,” imbuh Chief Marketing Officer ESB, Fitriana Dyah.
Selama ini, ESB ESB menghadirkan beragam solusi teknologi F&B terintegrasi yang telah dipercaya oleh lebih dari 20 ribu merchant di Indonesia dan Asia Tenggara. Di antaranya ialah sistem POS (Point of Sales) dan ERP (Enterprise Resources Planning) yang bukan hanya memiliki fitur-fitur terlengkap dan saling terhubung melainkan juga didukung oleh teknologi AI (Artificial Intelligence).
AI dalam sistem POS dan ERP ESB mampu memberikan rekomendasi stok menu secara otomatis dengan mengetahui menu-menu terlaris maupun tidak laris. Pada ESB Order, AI menyediakan personalisasi menu menurut preferensi pelanggan. Sementara pada ESB Loop, AI berguna untuk mengenal pelanggan lebih baik melalui pembacaan data dan habit pelanggan.
Sebagai spesialis di industri F&B, ESB berinovasi dengan mempersembahkan sebuah solusi terbaru untuk membantu para pengusaha kuliner dalam meningkatkan profit secara otomatis.
“Solusi kami untuk mempermudah pekerjaan business owner serta meringankan beban pengeluaran karena tidak perlu menggunakan jasa analis data, akuntan, auditor, ataupun konsultan bisnis. Para pebisnis dapat melakukan penghematan ratusan juta hingga milyaran dalam setahun,” tutup Gunawan.
HENNI S.
Discussion about this post