Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Optimalkan Retensi Pelanggan Bisnis, AHA Commerce Perkenalkan Pendekatan IYU

21 Mei 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
AHA Commerce

Optimalkan Retensi Pelanggan Bisnis, AHA Commerce Perkenalkan Pendekatan IYU (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Guna mempertahankan loyalitas pelanggan pemilik bisnis online, penyedia layanan enabler e-commerce AHA Commerce memperkenalkan strategi IYU yang dirancang khusus untuk mendukung pelaku bisnis dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan pertumbuhan omset.

Jurnal Business Accounting Review menyebutkan, pelanggan yang loyal menjadi semakin menguntungkan seiring berjalannya waktu. Mereka tidak hanya membeli produk baru, tetapi juga tetap mengikuti perkembangan produk lama dan bahkan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain.

“Strategi IYU merupakan sebuah pendekatan berkelanjutan yang memperkuat loyalitas pelanggan, “ kata Stephen Lawrence, CEO AHA Commerce, dikutip Selasa (21/5/2024).

Dijelaskan Stephen, strategi IYU ini terbagi menjadi tiga fase. Fase pertama adalah “I,” yang berarti “Informasikan” dimana fase ini bertujuan untuk menjaga komunikasi yang terbuka dan informatif dengan pelanggan.

Baca juga :   Halodoc Hadirkan Layanan Telemedicine di Aplikasi PeduliLindungi

Dalam implementasinya, AHA Commerce menggunakan chatbot berbasis AI untuk memastikan bahwa setiap pelanggan selalu mendapatkan informasi terbaru tentang status pesanan mereka.

“Penggunaan teknologi modern seperti chatbot dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan efisiensi komunikasi ke pelanggan. Para pemilik bisnis juga dapat menyesuaikan pesan chatbot yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi bisnis masing-masing,” katanya.

Fase kedua, “Y” untuk ‘Yakinkan’, dimana AHA Commerce melibatkan permintaan testimoni dari pelanggan. Menurut laporan McKinsey yang menunjukkan bahwa peningkatan peringkat bintang dari 4,2 menjadi 4,4 seringkali memicu peningkatan penjualan yang signifikan.

Seiring peningkatan jumlah bintang dan ulasan serta lebih banyaknya produk yang diperiksa secara online, pembeli cenderung lebih mengandalkan testimoni dari pelanggan lain daripada hanya merek produk itu sendiri dalam membuat keputusan pembelian.

Baca juga :   AHA Commerce, Membantu Meningkatkan Penjualan Brand di Marketplace

“Kami aktif dalam mengembangkan strategi ‘Yakinkan’, yang bukan sekadar follow-up tetapi sebuah janji untuk memastikan kepuasan pelanggan,” tambah Stephen.

Fase ketiga, “U” untuk Undang, mengajak pelanggan yang telah berbelanja sebelumnya untuk terus berinteraksi dengan brand. Fase ini diperkaya dengan integrasi jasa SCALE (Social Collaborative Ads Leveraging Engagement) yang dihadirkan oleh AHA Commerce, yaitu strategi yang memanfaatkan retargeting media sosial seperti Facebook CPAS (Collaborative Performance Advertising Solution) untuk mengundang kembali pelanggan yang belum melakukan pembelian di toko online tersebut.

SCALE memastikan bahwa iklan tidak hanya sering muncul tapi juga relevan untuk menargetkan individu berdasarkan interaksi sebelumnya. Pendekatan ini terbukti efektif, dengan upaya promosi dari merek AHA Commerce seperti Good Spot dan OTOMobil mendapatkan respons berupa tingkat pembelian berulang sekitar 27% dari total pelanggan karena komunikasi yang terus-menerus didukung oleh strategi IYU.

Baca juga :   Startup Mimin Ekspansi Layanan Generatif AI ke Malaysia dan Singapura

“Kami akan tetap berkomitmen untuk memelihara hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui strategi inovatif IYU, menegaskan dedikasi perusahaan terhadap pertumbuhan dan kepuasan pelanggan” tutup Stephen.

AHA Commerce didirikan sejak 2011 dan telah menjalin kemitraan resmi dengan Lazada dan Shopee. Perusahaan kini telah memiliki 12 partner logistik dan mengelola lebih dari 90 toko online dari brand ternama seperti, Kalbe, SHINPO, Nexcare, dan banyak lagi.

 

STEVY WIDIA

Tags: AHA Commercechatbot berbasis AIpertahankan loyalitas pelangganstrategi IYU
Previous Post

Empowering Indonesia Report 2024, Dorong Pemanfaatan AI Hingga ke Pelosok

Next Post

Tingkatkan Keamanan dan Percepat Transaksi Digital, TelkomMetra Gandeng VIDA

Related Posts

AHA Commerce
Headline

Sinergi Pelaku eCommerce dan Enabler dalam Pengembangan Brand Lokal Go Digital

2 April 2024
0
startup Mimin
Headline

Startup Mimin Ekspansi Layanan Generatif AI ke Malaysia dan Singapura

2 November 2023
0
AHA Commerce
News

Terapkan Teknologi AI, AHA Commerce Sabet Dua Penghargaan Tingkat Asia Tenggara

14 September 2023
0
Load More
Next Post
TelkomMetra x VIDA

Tingkatkan Keamanan dan Percepat Transaksi Digital, TelkomMetra Gandeng VIDA

Starlink

AGRES.ID Jadi Retailer Tunggal Starlink di Indonesia

Indosat

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan di Luar Metropolitan

Discussion about this post

Recent Updates

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version