Rabu, 29 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Pasar e-Commerce Akan Terus Tumbuh, 50% GMV Konsumen Digital Dari Indonesia

20 Oktober 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Retail Service Director GfK Indonesia, Elvinda Liung

Retail Service Director GfK Indonesia, Elvinda Liung (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Lembaga Riset Gfk Market Intelligence dalam laporan “Tren Terbaru dalam Belanja Online 2022” menyatakan, pasar e-commerce masih akan menjanjikan untuk beberapa waktu ke depan. Ada sekitar 70 juta konsumen digital baru muncul di Asia tenggara, dan 50% GMV itu datang dari Indonesia.

Retail Services Director GfK Market Intelligence Elvinda Liung mengatakan, Indonesia terus menjadi pasar terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan yang menjanjikan selama lima tahun kedepan.

“Diprediksikan dalam 5 tahun ke depan, rata rata penjualan dalam setahun itu akan mencapai sekitar Rp 10 juta rupiah,” kata Elvinda dalam acara Lazada Seller Conference: Level Up 2022, Rabu (19/10/2022).

Dia memaparkan, rata-rata pembelian e-commerce orang Indonesia saat ini mencapai sekitar 5 juta per tahun. Karena itu, Indonesia masih menjadi tempat yang sangat berpotensi untuk e-commerce.

Baca juga :   Blibli Jamin Ketersediaan Produk Esensial Makanan Selama PPKM Darurat

“Kami yakin Indonesia itu masih menjadi potensi yang sangat baik untuk pemain-pemain e-commerce maupun seller UMKM yang akan join menjadi seller online,” kata Elvinda menegaskan.

Lebih jauh ia mengatakan, aktivitas belanja online masyarakat Indonesia masih akan terus meningkat seiring dengan integrasi yang terjadi dari berbagai sisi kehidupan. Data menunjukkan, penggunaan internet di Indonesia telah mencapai hampir 75% dari populasi Indonesia. Menariknya, 133% dari populasi itu mengunakan handphone dan sekitar 70% adalah pengguna media sosial.

Karena itu menurut Elvinda terjadi perubahan, orang Indonesia dalam mencari informasi dengan cara yang berbeda. Salah satunya dengan live streaming.

“Kami menemukan konsep livestreaming yang menawarkan dan menjual produk secara langsung di platform e-commerce sebagai cara baru untuk menarik perhatian calon konsumen,” ujarnya.

Baca juga :   UpBanx Peroleh Pendanaan Pre-Seed Senilai Rp 74,05 Miliar

Mengenai pengaruh inflasi akan mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk lebih banyak belanja pada produk dasar seperti tagihan listrik ataupun makanan. Namun, perhatian untuk belanja produk fashion dan handphone tetap baik,  produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia adalah produk fashion sebesar 83%. Konsumen laki-laki lebih banyak membeli produk teknologi seperti handphone atau aksesorisnya. Sedangkan konsumen perempuan lebih banyak membeli produk kecantikan, seperti kosmetik atau skin care.

“Mindset orang Indonesia sudah mulai berubah, mereka menganggap belanja online lebih praktis. karena itu belanja online akan tetap menjadi bagian dari keseharian,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: belanja onlinee-commercekonsumen digitalLembaga Riset Gfk Market Intelligence
Previous Post

Meta Gelar Eksibisi Metaverse Teknologi di KTT G20

Next Post

Fetox, Inovasi Teknik Biomedik Untuk Turunkan Risiko Kematian Bayi

Related Posts

Bukalapak
Headline

Kuartal IV, Bukalapak Catatkan TPV Sebesar Rp41,8 Triliun

28 Maret 2023
0
Co-Founders Qoala
Headline

Qoala Raih US$7,5 Juta dalam Pendanaan Seri B+

28 Maret 2023
0
digitalisasi sistem pajak
Headline

Digitalisasi Pelaporan Pajak, DJP Gandeng VIDA

28 Maret 2023
0
Load More
Next Post
ITS Fetox

Fetox, Inovasi Teknik Biomedik Untuk Turunkan Risiko Kematian Bayi

penjahat siber

OJK Dorong Kepercayaan Publik Pada Platform Digital Melalui Identitas Digital yang Aman

BCA Digital - bluVirtualCard

Gandeng Mastercard, BCA Digital Luncurkan Kartu Debit Virtual

Discussion about this post

Berita Terbaru

pemenang bangunan ikonik Indonesia

Promosikan Bangunan Ikonik Indonesia, PUBG Mobile Diapresiasi Menparekraf

28 Maret 2023
0
Bukalapak

Kuartal IV, Bukalapak Catatkan TPV Sebesar Rp41,8 Triliun

28 Maret 2023
0
AdMedika

AdMedika Dukung Taspen Life Hadirkan Produk Taspen Smart Health

28 Maret 2023
0
Telkom Business Insight

Telkom Dukung Digitalisasi Kawasan Jawa Timur melalui Event Business Insight

28 Maret 2023
0
kartu transaksi perbankan

Transaksi Bank Berbasis Kartu Meningkat Signifikan Setelah Pandemik

28 Maret 2023
0
Darknet

Bagaimana Bisnis Gelap Dilakukan Di Situs Gelap

28 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version