Selasa, 23 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
e-commerce

Belanja online di e-commerce. (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Riset terbaru YouGov mengungkapkan pasar e-commerce Indonesia berada di peringkat kedua sebagai pasar paling dinamis di dunia. Hal ini berdasarkan preferensi belanja daring (online) dari total 55 pasar global. Posisi teratas ada China, sedang peringkat tiga adalah India.

General Manager YouGov Indonesia & India Edward Hutasoit mengatakan pertumbuhan transaksi dan pengguna berjalan beriringan dengan perubahan preferensi konsumen. Alasan utama konsumen Indonesia lebih memilih belanja online dibanding toko fisik adalah: harga lebih murah (68%), lebih banyak pilihan (57%), promo/deal/sale (48%), lebih mudah/nyaman (47%), dan layanan pengiriman (46%).

“Konsumen kini lebih cerdas, lebih selektif, dan menuntut value for money lebih besar, kecepatan pengiriman, serta personalisasi lebih baik. Platform dan penjual harus cepat beradaptasi untuk memenuhi ekspektasi ini,” ungkap Edward dalam siaran pers, Rabu (17/9/2025).

Baca juga :   Alfacart Gaet Unilever Untuk Perkuat Groceries

Marketplace tetap menjadi kanal utama penemuan produk, sedangkan preferensi kanal kedua berbeda sesuai masing-masing generasi. Gen Z mengandalkan influencer, Millennials pada ulasan produk, dan Gen X pada rekomendasi keluarga atau teman.

Riset tersebut juga menemukan 2 dari 3 konsumen menyebut ongkos kirim tinggi dan waktu pengiriman lama sebagai kekhawatiran utama. Lalu, 79% konsumen online selalu mencari promo saat berbelanja, dengan gratis ongkir sebagai insentif paling dicari sekaligus jawaban atas kekhawatiran utama mereka.

Sebanyak 1 dari 4 konsumen juga merasa algoritma rekomendasi produk masih belum sesuai selera, meski mereka lebih responsif terhadap iklan yang dipersonalisasi.

Selain itu, Riset YouGov menyebut konsumsi video online di Indonesia sangat tinggi, dengan video pendek bertema hiburan, komedi, dan kuliner sebagai genre paling digemari. Adapun, preferensi konten berbeda menurut generasi. gen Z memiliki preferensi fesyen dan kecantikan setelah hiburan/komedi; gen X kesehatan dan kebugaran setelah hiburan dan kuliner; serta millennials bisnis dan keuangan. Bagi platform e-commerce dan brand, konten video disebut dapat menjadi kanal pemasaran yang efektif.

Baca juga :   Jakarta Great Online Sale di Ultah DKI ke-489

Misalnya, konten kuliner untuk promosi bahan makanan/peralatan dapur; konten fesyen dan kecantikan untuk produk marketplace untuk gen Z; dan konten finansial untuk produk gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari.

“Seiring dengan konsumen Indonesia semakin nyaman berbelanja online, brand dan platform harus terus berevolusi. Survei ini dirancang untuk membantu mereka menghadirkan pengalaman belanja yang personal dan relevan, menyesuaikan strategi dengan perilaku tiap generasi, serta mengintegrasikan konten kreatif sebagai sarana pemasaran,” tutup Edward.

 

STEVY WIDIA

Tags: belanja onlinee-commerceYouGov
Previous Post

Menjajal Kecanggihan Laptop AI Lenovo di Stasiun MRT Bundaran HI

Next Post

Cosmax Indonesia dan UI Jalin Kerja Sama untuk Kosmetik Masa Depan

Related Posts

belanja online
Headline

Pemerintah Targetkan Transaksi Harbolnas 2025 Capai Rp 35 Triliun

9 Desember 2025
0
Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Load More
Next Post
produk Cosmax

Cosmax Indonesia dan UI Jalin Kerja Sama untuk Kosmetik Masa Depan

Integrasikan Teknologi Terkini Smartfren Perluas Layanan Ke Area Baru di Indonesia

Integrasikan Teknologi Terkini Smartfren Perluas Layanan Ke Area Baru di Indonesia

Tim Esports Indonesia MLBB dan Valorant Siap Boyong Gelar Juara CAEC 2025

Tim Esports Indonesia MLBB dan Valorant Siap Boyong Gelar Juara CAEC 2025

Discussion about this post

Recent Updates

Lanskap Infrastruktur Digital Indonesia

Lima Tren Utama yang Membentuk Lanskap Infrastruktur Digital Indonesia Menuju 2026

23 Desember 2025
Amar Bank

Kolaborasi Amar Bank dan JAFF Market 2025 Ciptakan Dampak Ekonomi Rp130 Miliar

23 Desember 2025
QRIS

Mobilisasi Masyarakat Tembus 119 Juta, Transaksi Digital Diproyeksi Tumbuh Hingga 50%

23 Desember 2025
RiseAble, Program Telkom Dukung Pelaku UMKM Disablitas

RiseAble, Program Telkom Dukung Pelaku UMKM Disablitas

23 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lanskap Infrastruktur Digital Indonesia

Lima Tren Utama yang Membentuk Lanskap Infrastruktur Digital Indonesia Menuju 2026

23 Desember 2025
Amar Bank

Kolaborasi Amar Bank dan JAFF Market 2025 Ciptakan Dampak Ekonomi Rp130 Miliar

23 Desember 2025
QRIS

Mobilisasi Masyarakat Tembus 119 Juta, Transaksi Digital Diproyeksi Tumbuh Hingga 50%

23 Desember 2025
RiseAble, Program Telkom Dukung Pelaku UMKM Disablitas

RiseAble, Program Telkom Dukung Pelaku UMKM Disablitas

23 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version