Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pasar Hijab Lokal Senilai Rp91 Triliun per Tahun Dikuasai Produk Impor

25 November 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
pasar hijab

Pasar Hijab Lokal Senilai Rp91 Triliun per Tahun Dikuasai Produk Impor. Bagaimana merebutnya? (Foto: Istimewa/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Berdasarkan data terbaru dari World Economic Forum (WEF), masyarakat Indonesia menghabiskan Rp91 triliun per tahun untuk belanja lebih dari 1 triliun hijab setiap tahunnya. Tetapi sangat disayangkan, sekitar 75% masih dikuasai oleh produk-produk impor.

Arsjad Rasjid, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengatakan, sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak, tak heran jika pasar busana muslim seperti hijab di Indonesia begitu besar.

Besarnya pasar busana muslim di Indonesia ini sudah terbukti. Selama 10 tahun terakhir, Indonesia telah menjadi trendsetter fesyen muslim di dunia. Bahkan pada tahun 2022, beragam acara pekan mode muslim nasional hingga internasional telah diselenggarakan.

“Lantas,mengapa produk lokal hanya menguasai 25% dari pasar hijab tersebut? Jawabannya adalah karena produk-produk impor yang lebih murah mudah sekali masuk ke pasar kita. Dengan rendahnya tarif, minimnya hambatan masuk ke Indonesia, serta merebaknya platform e-commerce internasional yang memudahkan konsumen membeli barang impor, tentu saja hal ini dapat terjadi,” ungkap Arsjad.

Lalu, seperti apa upaya yang dilakukan untuk merebut pangsa pasar hijab tersebut? Arsjad menyebutkan bahwa KADIN sedang menjalankan beberapa program untuk para pengusaha. Program-program ini diharapkan dapat melahirkan pengusaha baru dan mendorong UKM untuk meningkatkan skala produksinya dan menangkap pasar yang lebih luas.

Baca juga :   Telkomsel Tantang Anak Muda Ciptakan Aplikasi Smart City

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan bahwa Kemenparekraf akan terus menggenjot sektor ekonomi kreatif. Antara lain dengan memberikan kemudahan untuk pelaku usaha ekonomi kreatif serta meluncurkan berbagai program seperti program Apresiasi Kreasi Indonesia dan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

“Bukan hanya Bangga Buatan Indonesia, tapi juga bangga beli produk kreatif lokal. Local pride! Itu yang harus ditanamkan, sehingga potensi luar biasa ini bisa berdampak langsung kepada masyarakat,” ujar Sandiaga.

Mengacu pada data WEF, pasar global busana muslim seperti hijab telah mengalami peningkatan sebesar 5,7% dari US$279 miliar menjadi US$295 miliar di tahun 2021. Diperkirakan akan terus tumbuh, sektor ini diproyeksikan meningkat hingga 6% atau setara dengan US$313 miliar pada tahun 2022.

Baca juga :   Grab Tampilkan Dampak Positif Teknologi di WEF 2020

“Proyeksi ini membuktikan besarnya potensi pasar hijab dunia. Oleh karena itu, peluang usaha ini harus dimenangkan oleh pengusaha domestik untuk membuka lebih banyak lapangan kerja dan peluang usaha,” tambahnya.

Sejatinya, pihak swasta pun memiliki peran untuk meningkatkan pangsa pasar hijab lokal. Salah satunya melalui e-commerce.

“Dengan menghubungkan brand lokal dengan jaringan ratusan ribu reseller aktif kami di seluruh Indonesia, Evermos membantu para pengusaha untuk dapat memperluas pasarnya hingga Sabang dan Merauke,” kata Ghufron Mustaqim, CEO dan Co-founder Evermos. (*AMBS)

 

Tags: busana muslimpasar hijabWorld Economic Forum (WEF)
Previous Post

Selaraskan Kurikulum Merdeka, Samsung dan Kemendikbudristek Gelar Pelatihan untuk Guru

Next Post

IOH Gandeng Tara | Indepay Untuk Layanan Transfer dan Pembayaran Tanpa Biaya

Related Posts

busana muslim
News

7 Rekomendasi Inspirasi Gaya Berbusana Muslim yang Stylish

6 Juli 2023
0
uniqlo Modest Wear Spring-Summer 2023
News

Koleksi Uniqlo Modest Wear Spring/Summer 2023, Tingkatkan Percaya Diri Hijaber

18 Maret 2023
0
Nadya Amatullah : Mempertahankan Bisnis Fesyen Tetap Survive Di Tengah Badai
Creativepreneur

Nadya Amatullah : Mempertahankan Bisnis Fesyen Tetap Survive Di Tengah Badai

15 Juni 2020
0
Load More
Next Post
IOHxTara Indepay

IOH Gandeng Tara | Indepay Untuk Layanan Transfer dan Pembayaran Tanpa Biaya

TAmily

Dua Tahun Startup Tentang Anak Miliki 1,5 Juta Pengguna

Telkom - penyaluran bantuan

Telkom Siapkan Dua Posko Tanggap Bencana untuk Penampungan Sementara dan Penyaluran Bantuan di Cianjur

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version