youngster.id - Di Indonesia, laporan terbaru mengungkapkan prospek pertumbuhan 4x lipat untuk lanskap insurtech dalam periode tahun 2021 hingga 2026, mendorong industri insurtech menuju ukuran premi bruto bernilai miliaran dolar.
Untuk menangkap peluang pasar insurtech itu, PasarPolis telah menyusun rencana strategi guna mengantisipasi tahun yang dinamis dan transformatif di tahun 2024. Dengan kemajuan teknologi, preferensi konsumen yang terus berubah, dan perkembangan peraturan, lanskap siap untuk berinovasi dan bertumbuh.
Presiden Direktur PasarPolis Peter Van Zy mengatakan, area fokus utama mencakup pemanfaatan teknologi baru, dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang terus berkembang.
Pertama, penggunaan AI akan semakin meluas: dengan kemajuan AI generatif di dunia industri, dinamika interaksi pelanggan-agen akan berubah.
Seiring dengan kemajuan AI, mereka mungkin dapat memprediksi tren dengan lebih akurat dan secara proaktif menawarkan rekomendasi produk dan kebijakan yang disesuaikan yang dapat mendukung perusahaan asuransi dan pelanggan mereka.
“AI akan memberikan bantuan yang signifikan dalam menyederhanakan pengajuan dan penanganan klaim; serta mempercepat tanggapan dan resolusi,” kata Peter, Rabu (14/2/2024).
Kedua, hiper-personalisasi untuk pelanggan modern: salah satu karakteristik utama pelanggan modern adalah ekspektasi mereka untuk mendapatkan penawaran yang sangat disesuaikan dan relevan dengan kebutuhan mereka.
Perusahaan Insurtech harus mampu menawarkan produk asuransi dan layanan yang sangat dipersonalisasi agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Mereka juga ingin penawaran ini dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui saluran digital, seperti aplikasi atau situs seluler.
“Kami telah mengantisipasi tren hiper-personalisasi di industri insurtech beberapa waktu lalu. Itu sebabnya kami terus memperluas produk asuransi mikro kami. Tujuan kami adalah untuk lebih mendemokratisasi akses terhadap asuransi dan membantu masyarakat memahami nilai sebenarnya dari perlindungan asuransi dalam kehidupan mereka sehari-hari,” kata Peter.
Menurut Peter, dengan memanfaatkan teknologi mutakhir, pihaknya bertujuan untuk memperkenalkan beragam produk asuransi yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dikombinasikan dengan pengalaman pelanggan yang lebih inovatif.
Rencana strategis perusahaan ini mencakup perluasan ke pasar baru, menekankan kemitraan untuk jangkauan yang lebih luas.
Sepanjang tahun 2023, PasarPolis mencatatkan pertumbuhan luar biasa dengan menerbitkan kurang lebih 2 miliar polis sejak tahun 2019 hingga saat ini.
Tercatat, 85% klaim yang diajukan diselesaikan dalam waktu kurang dari dua jam untuk asuransi gadget, sedangkan 97% diselesaikan dalam waktu kurang dari sehari untuk asuransi non kredit. Selain itu, perusahaan terus membangun jaringan yang lebih kuat dengan lebih dari 50 mitra ekosistem dan 11.000 agen terdaftar.
Pada tahun lalu, PasarPolis memiliki basis pelanggan sekitar 20 juta dengan lebih dari 175 produk asuransi mikro dikembangkan sendiri. PasarPolis mengalami pertumbuhan signifikan antara tahun 2021 dan 2022, mencapai pertumbuhan 100%.
Namun, pada saat itu, perekonomian, termasuk margin kontribusi (CM margin) dan pembakaran (EBITDA), tidak kuat.
Sebagai antisipasi perolehan izin penjaminan emisi pada kuartal keempat tahun 2022 dan transisi menuju full-stack Insurtech yang digital native, PasarPolis mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan perekonomian di seluruh lini bisnis.
Pada akhir tahun 2023, PasarPolis mencatatkan margin kontribusi yang positif, dengan kumpulan keuntungan yang kuat di bisnis penjaminan emisi yang siap untuk mendorong margin di masa depan.
Dalam bisnis distribusi, aliansi strategis telah terjalin dengan pemain terkemuka dengan latar belakang industri berbeda seperti logistik/pengiriman, teknologi pembiayaan, dan penyedia layanan garansi kendaraan bermotor, dan manajemen parkir untuk mendistribusikan produk PasarPolis ke basis pelanggan mereka dan menjajaki peluang bisnis timbal balik.
Kemitraan ini, dengan memanfaatkan kemampuan full-stack, bertujuan untuk memposisikan PasarPolis sebagai mitra pilihan untuk beberapa ekosistem.
Inisiatif-inisiatif tersebut tidak hanya memfasilitasi peningkatan skala besar namun juga membawa banyak manfaat bagi perusahaan dan mitra bisnis.
Bagi PasarPolis, hal ini berarti tenaga kerja terampil yang siap melakukan integrasi dengan cepat, meningkatkan penjualan produk asuransi umum ke basis pelanggan yang sudah ada, dan memanfaatkan daya beli yang lebih tinggi dari pelanggan terikat untuk meningkatkan potensi penjualan.
Sementara itu, inisiatif pemasaran akan mendapatkan manfaat dari peningkatan nilai seumur hidup (LTV) dari basis pelanggan mereka melalui produk asuransi umum, akses ke platform terpadu yang menawarkan katalog produk yang kuat, dan potensi pendapatan yang lebih tinggi karena portofolio produk yang luas.
“Ke depannya, PasarPolis siap memberikan nilai lebih kepada pelanggan melalui ekspansi regional dan inovasi produk baru, sehingga memperkuat posisinya sebagai pemimpin di industri insurtech dengan inovasi berkelanjutan dan pendekatan yang berpusat pada pelanggan,” tutup Peter.
STEVY WIDIA
Discussion about this post