Selasa, 2 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Shopee Live

Shopee Apps. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sejak diluncurkan pada tahun 2015, Shopee telah mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengembangkan bisnis digital. Hasilnya, selama satu dekade pengembangan bisnis UMKM berhasil mencapai lebih dari US$270 miliar dalam penjualan di Shopee secara global.

Chief Operating Officer Shopee Terence Pang mengatakan, hal ini semakin menegaskan peran transformatif e-commerce dalam mendorong pertumbuhan bisnis dan menciptakan peluang ekonomi.

“Satu dekade terakhir telah menjadi masa penuh perubahan besar, dimana ekonomi digital telah membuka peluang baru bagi masyarakat dan pelaku usaha di berbagai wilayah. Kami sangat berterima kasih kepada komunitas penjual UMKM kami, termasuk penjual yang mengawali perjalanan online mereka bersama kami sejak sepuluh tahun lalu, dan terus bermitra dengan Shopee seiring dengan perkembangan bisnis mereka untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar melalui e-commerce,” katanya dikutip dari laporan dampak perdananya ‘Shopee: Satu Dekade Ciptakan Dampak bagi Penjual’, Selasa (2/12/2025).

Terence mengungkapkan, setiap tahun semakin banyak penjual yang bergabung dengan Shopee, dengan jumlah UMKM  mengalami peningkatan rata-rata dua kali lipat. Bahkan, sekitar 80% para pelaku bisnis tersebut beroperasi di luar ibu kota, dan memanfaatkan Shopee untuk menjangkau pembeli baru di pasar domestik hingga ke seluruh wilayah lainnya.

Baca juga :   Semeter I, Kelahiran Startup Turun 23%

“Seiring dengan berkembangnya lanskap digital, penjual UMKM juga sudah makin beradaptasi dengan menggunakan beragam program dan fitur konten dalam ekosistem Shopee untuk menjangkau pembeli secara lebih efektif di ranah online,” ungkapnya.

Fitur-fitur ini termasuk Shopee Live dan Shopee Video, yang memungkinkan penjual terhubung dengan pembeli melalui cara yang lebih interaktif. Sejak fitur ini diluncurkan, penjual UMKM telah mengalami rata-rata peningkatan pesanan lebih dari 300% di Shopee Live setiap tahunnya, membantu penjual meningkatkan interaksi dengan pembeli dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Sementara itu, untuk menjangkau pasar lebih luas, penjual yang tidak memiliki pengalaman dalam hal pemasaran ataupun tim khusus dapat memperluas jangkauan audiens melalui program Shopee Affiliate Marketing Solutions (AMS). Dengan berkolaborasi bersama konten kreator tepercaya dan KOL (Key Opinion Leaders), penjual UMKM telah meningkatkan visibilitas dan penjualan, dimana AMS telah berkontribusi pada peningkatan pesanan hingga 30%. Hal ini semakin membuktikan bagaimana fitur yang sederhana serta mudah diakses dapat mendorong pertumbuhan bisnis yang signifikan.

Baca juga :   Tumbuh Dua Digit, Bhinneka Mantapkan Posisi di Industri e-Commerce Indonesia

Selain memaksimalkan jangkauan akses yang dihadirkan Shopee, para penjual UMKM juga memperkuat keterampilan digital dan kepercayaan diri melalui berbagai sumber edukasi di Shopee. Hingga saat ini, lebih dari 7,6 juta penjual UMKM telah berpartisipasi di program Shopee University (Kampus Shopee). Program ini telah menghadirkan lebih dari 1.500 modul pembelajaran online, dan mengadakan pelatihan langsung di 318 kota di Asia Tenggara dan Taiwan.

Bagi penjual yang ingin ekspansi ke pasar global, Shopee juga memiliki program Shopee Export Programme (SEP atau Program Ekspor Shopee) yang dapat membuka perluasan akses lintas negara dengan memungkinkan penjual UMKM untuk mendaftarkan produknya di berbagai negara.

Sejak 2018, lebih dari 2,1 juta penjual UMKM di seluruh Asia Tenggara & Taiwan telah bergabung dengan SEP untuk memperluas jangkauan mereka secara internasional, menunjukan bagaimana e-commerce terus menciptakan peluang pertumbuhan bisnis secara regional.

Baca juga :   Sektor UMKM Tak Akan Dikuasai Asing

Selain itu, selama satu dekade terakhir, pengguna Shopee tersebar di lebih dari 400 kota di Asia Tenggara & Taiwan secara rutin berbelanja di aplikasi Shopee, dengan lebih dari 140 miliar produk dibeli oleh pengguna yang tinggal di luar ibu kota.

“Pertumbuhan ini memperjelas bagaimana e-commerce terus meningkatkan kehidupan sehari-hari pengguna dengan menjembatani tantangan geografis dan mendukung akses yang lebih inklusif terhadap ekonomi digital,” ucap Terence.

Dia menegaskan, pertumbuhan ekonomi digital juga telah mendukung terciptanya lapangan pekerjaan lokal dan peluang pendapatan setempat di seluruh wilayah. Lebih dari 97% karyawan Shopee adalah talenta lokal, sementara lebih dari 23 juta afiliasi dan kreator telah bergabung dengan program Shopee Affiliate untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Hingga saat ini, rata-rata total pendapatan afiliasi telah tumbuh lebih dari 90% setiap tahunnya, membantu individu di berbagai wilayah berkesempatan untuk mendapatkan sumber pendapatan tambahan yang berkelanjutan.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceekonomi digitalShopeeUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Easycash dan IA-SBM ITB Gelar Edukasi Literasi Keuangan untuk Mahasiswa

Next Post

Operator Komunikasi Terus Lakukan Pemulihan Jaringan dan Bantuan Untuk Korban Bencana di Sumatera

Related Posts

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026
Headline

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026

28 November 2025
0
Lemomo, E-commerce Dengan Konsep Blind Box
Headline

Lemomo, E-commerce Dengan Konsep Blind Box

20 November 2025
0
Kampus Shopee Jangkau 28.000 UMKM di 514 Kabupaten
Headline

Kampus Shopee Jangkau 28.000 UMKM di 514 Kabupaten

19 November 2025
0
Load More
Next Post
Operator Komunikasi Terus Lakukan Pemulihan Jaringan dan Bantuan Untuk Korban Bencana di Sumatera

Operator Komunikasi Terus Lakukan Pemulihan Jaringan dan Bantuan Untuk Korban Bencana di Sumatera

Kementerian Pariwisata Hadirkan Kurator Digital Berbasis AI

Kementerian Pariwisata Hadirkan Kurator Digital Berbasis AI

Usai Perjuangan Panjang, SMAN 5 Ambon Raih Juara Utama GYC 2025 Free Fire

Usai Perjuangan Panjang, SMAN 5 Ambon Raih Juara Utama GYC 2025 Free Fire

Discussion about this post

Recent Updates

Perkenalkan Minuman Herbal Indonesia Ke Pasar Global Lewat Mesin Kapsul Pintar

Perkenalkan Minuman Herbal Indonesia Ke Pasar Global Lewat Mesin Kapsul Pintar

2 Desember 2025
Usai Perjuangan Panjang, SMAN 5 Ambon Raih Juara Utama GYC 2025 Free Fire

Usai Perjuangan Panjang, SMAN 5 Ambon Raih Juara Utama GYC 2025 Free Fire

2 Desember 2025
Kementerian Pariwisata Hadirkan Kurator Digital Berbasis AI

Kementerian Pariwisata Hadirkan Kurator Digital Berbasis AI

2 Desember 2025
Operator Komunikasi Terus Lakukan Pemulihan Jaringan dan Bantuan Untuk Korban Bencana di Sumatera

Operator Komunikasi Terus Lakukan Pemulihan Jaringan dan Bantuan Untuk Korban Bencana di Sumatera

2 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Perkenalkan Minuman Herbal Indonesia Ke Pasar Global Lewat Mesin Kapsul Pintar

Perkenalkan Minuman Herbal Indonesia Ke Pasar Global Lewat Mesin Kapsul Pintar

2 Desember 2025
Usai Perjuangan Panjang, SMAN 5 Ambon Raih Juara Utama GYC 2025 Free Fire

Usai Perjuangan Panjang, SMAN 5 Ambon Raih Juara Utama GYC 2025 Free Fire

2 Desember 2025
Kementerian Pariwisata Hadirkan Kurator Digital Berbasis AI

Kementerian Pariwisata Hadirkan Kurator Digital Berbasis AI

2 Desember 2025
Operator Komunikasi Terus Lakukan Pemulihan Jaringan dan Bantuan Untuk Korban Bencana di Sumatera

Operator Komunikasi Terus Lakukan Pemulihan Jaringan dan Bantuan Untuk Korban Bencana di Sumatera

2 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version