youngster.id - Bisnis mainan tidak ada matinya. Asosiasi Mainan Indonesia (AMI) menyebut bisnis mainan perkembangan nilai ekspor industri mainan meningkat 19,25 % selama Januari hingga Juni 2018 dibanding periode yang sama tahun 2017. Perputaran uang di industri besar.
Hal ini terlihat dari antusias masyarakat yang memadati pameran hobi mainan koleksi dan komik berskala internasional Jakarta Toys & Comics Fair (Toys Fair) 2019 yang berlangsung 16-17 Maret di Balai Kartini, Jakarta.
“Kami tidak hanya sekedar mewadahi para komunitas dan pengunjung untuk saling berinteraksi, tapi secara ekonomi kreatif juga ada perputaran uang dan bisnis yang cukup bagus,” kata Riza Satyagraha, inisiator event The Jakarta 15th Toys and Comic Fair dalam keterangannya, Minggu (17/3/2019)
Acara ini dipromotori oleh SACCA Production bekerjasama dengan Tokopedia, adalah pameran mainan, dan komik tahunan berskala Internasional yang selain masuk dalam Agenda Tahunan Kota Jakarta (Enjoy Jakarta!).
Menurut Riza, tujuan dari event The Jakarta Toys & Comics Fair adalah sebagai wadah dari komunitas para kolektor dan penggemar toys, comics dan collectibles di Indonesia, sehingga mereka dapat berkumpul, bertukar informasi, dan bertransaksi trade-buy-sell di seputar hobi ini.
Riza berharap kegiatan ini semakin mendapat perhatian yang sangat besar baik dari pemerintah maupun pihak instansi terkait. “Ini merupakan peluang untuk industri mainan kita, baik skala kecil maupun skala besar,dan membuka lapangan pekerjaan alternatif khususnya untuk industri kreatif di Indonesia, “ papar Riza.
Ajang ini juga sekaligus memperkenalkan kepada publik secara umum seputar hobi ini, serta sebagai wadah dari para produsen dan distributor mainan lokal maupun internasional untuk memperkenalkan produk-produk baru mereka baik yang masih dalam bentuk prototype maupun yang akan launching, maupun sebagai ajang transaksi penjualan dan cuci gudang dari produk mereka yang off-season.
Ini merupakan kedua kalinya Tokopedia berpartisipasi di ajang pameran mainan dan komik ini. “Setelah pada tahun lalu berlangsung sukses, tentunya ekspetasi kami tahun ini dua kali lipat dan kami peduli dengan kategori toys, sehingga kedepannya akan banyak kegiatan yang akan di support oleh Tokopedia,” ujar Yehezkiel Tobias, Business Partnership Team Tokopedia
Adapun jenis produk yang ditampilkan di pameran ini yaitu seperti Toys, Action Figure, Komik, Anime, Manga, Lego, Model Kits, Model Cars, Die Cast Models and Toys, Tin Toys, Trading Cards, Movie and Music Related Items, Memorabilia, Rockabilia, Push Toys, Dolls, Games, Military Models, hingga Air Soft Guns. Total, terdapat 300 booth peserta dan community exhibition di pameran ini.
STEVY WIDIA
Discussion about this post