Pemerintah Dorong e-Dagang Berbasis Kerakyatan

Kominfo gelar Program Solusi Desa Broadband. (Foto : StevyWidia/Youngsters.id)

youngster.id - Untuk memacu pertumbuhan ekonomi digital pemerintah mendorong e-Dagang berbasis kerakyatan.

“Kami ingin dorong ekonomi Digital berbasis kerakyatan. Kita akan bawa sejuta nelayan dan petani, serta 8 juta UKM Goes Digital. Kita mau benefit dari ekonomi Digital itu stay di Indonesia,” kata Menter Komunikasi dan Informatika Rudiantara baru-baru ini di Jakarta.

Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo mengakui Digitalisasi dan sharing economy tak bisa ditolak, bahkan oleh pemain sekelas Telkom. “Kami adopsi juga sharing economy untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur demi efisiensi. Di era Digital ini kita masih mencari model bisnis yang membuat ada sustainability growth,” katanya.

Ketua Tim Peneliti Smart City ITB Suhono Harso Supangkat menambahkan, Digitalisasi akan hadir untuk merusak tatanan yang ada tetapi keluar dengan solusi. “Disruptive for solution ini yang harus dilakukan. Saya lihat sekarang kita baru euforia di kulitnya Digital sehingga terkesan disruptive tetapi belum optimal memberikan solusi bagi masalah sosial. Agar disruptive for solution butuh e-leadership,” katanya.

Untuk mendukung hal itu, pemerintah mempercepat pembangunan serat optik Palapa Ring agar biaya akses antara Indonesia Timur dan Barat tak timpang.

“Di perkotaan kita kebut 4G. Kalau infrastruktur kencang, tugas berat itu di aplikasi. Ini mau saya dorong terus agar kita tak ketinggalan,” tegas Rudiantara.

STEVY WIDIA

Exit mobile version