youngster.id - Perubahan perilaku konsumen di industri otomotif dan transportasi terlihat dengan jelas dengan penelusuran kendaraan terelektrifikasi yang terus meningkat.
Laporan Year In Search 2022 menunjukkan bagaimana masyarakat kini mulai mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan ramah lingkungan dalam keputusan membeli kendaraan. Terlihat dengan tidak hanya pencarian kendaraan saja yang meningkat seperti “mobil hybrid”, “motor listrik”, “sepeda listrik”, tapi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau “SPKLU” juga melambung tinggi.
Otomotif dan transportasi adalah satu dari sekian industri yang paling terdampak saat pandemi, dan baru-baru ini diperkirakan mencapai tingkat pre-krisis. Dengan tren yang terus berevolusi, pelaku otomotif didorong untuk menerapkan strategi digital-first dan berinovasi untuk memenuhi permintaan konsumen, yang kini mulai mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam keputusan membeli kendaraan.
Kini lebih banyak komuter yang lebih memilih opsi transportasi yang lebih ramah lingkungan. Laporan YIS tahun ini menunjukkan minat penelusuran untuk “motor listrik” mengalami kenaikan sebesar 110%, termasuk ketertarikan terhadap “mobil hybrid” dan “sepeda listrik” yang masing-masing meningkat hingga 100%. Peningkatan juga terlihat dengan beberapa jenis kendaraan listrik lainnya yang dipaparkan pada gambar di bawah ini.
Selain itu, seiring dengan peningkatan minat terhadap kendaraan terelektrifikasi, di sisi lain, maraknya mobilitas ini pun menjadi faktor yang turut menimbulkan kekhawatiran. Masyarakat seperti semakin disadarkan dan mulai mempertimbangkan isu-isu terkait sehingga memengaruhi pilihan transportasi mereka.
Beberapa isu tersebut seputar transportasi dan mobilitas juga terlihat meningkat. Penulusuran terkait “tarif tol” yang tercatat mengalami peningkatan penelusuran sebesar 20%. Penelusuran terkait “kenapa macet” juga naik lebih dari 40%. dan, penelusuran terkait “harga bensin” yang meningkat lebih dari 20%.
Oleh karena alasan tersebut, masyarakat Indonesia pun mulai mencari alternatif lain seperti kendaraan umum sebagai transportasi pilihan mereka. Dapat dilihat dengan minat masyarakat terhadap: Penelusuran “kereta” yang meningkat lebih dari 60%; Penelusuran “busway” dengan peningkatan lebih dari 70%; Penelusuran “MRT” yang meningkat 70%; Penelusuran “ride hailing” yang meningkat 40%.
Year in Search 2022 merupakan laporan edisi kelima yang menggambarkan perubahan perilaku konsumen Indonesia sebagai referensi bagi pelaku bisnis di berbagai industri.
STEVY WIDIA
Discussion about this post