Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pengguna Internet di Indonesia Capai 143 Juta

20 Februari 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Pengguna Internet di Indonesia Capai 143 Juta

Hasil Survey dari APJII untuk pengguna internet di Indonesia 2017. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis hasil survey mengenai penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia. Hasilnya, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 143,26 juta.

Jumlah tersebut meningkat dari survei serupa yang dilakukan pada 2016. Menurut survei itu, penetrasi pengguna internet di Indonesia adalah 132,7 juta. Sekadar informasi, total populasi penduduk Indonesia saat ini adalah 262 juta.

“APJII sudah mengadakan survei semacam ini tiap tahun. Adapun survei semacam ini tak hanya digunakan untuk kebutuhan di Indonesia, tetapi juga diambil untuk kebutuhan global. Biasanya, data itu digunakan untuk mengetahui jumlah pengguna internet di tiap negara,” tutur Ketua APJII, Jamalul Izza saat konferensi pers, Senin (19/2/2018) di Jakarta.

Menurut Jamalul dalam survei kali ini, APJII juga membagi subjek dalam enam wilayah besar, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua. Untuk kali pertama, tiap wilayah itu juga dibagi dalam tiga kategori kota/kabupaten, yakni urban, rural-urban, dan rural.

Baca juga :   Penggunaan Internet di Indonesia Umumnya Untuk Medsos dan Hiburan

“Urban adalah wilayah administratif yang sebagian besar GDP berasal dari sektor non-pertanian,” ujarnya. Sedang rural-urban adalah wilayah yang GDP-nya seimbang berasal dari sektor pertanian dan non-pertanian, sedangkan rural adalah wilayah yang sebagian besar GDP berasal dari sektor pertanian.

“Hasil survei ini juga mancatat pertumbuhan pengguna di wilayah urban tak terlalu besar karena memang sudah memadai. Sementara untuk wilayah rural-urban dan rural yang bertambah mengindikasikan infrastruktur yang kian memadai dapat meningkatkan jumlah pengguna,” tutur Henry Kasyfi Sekretaris Jendral APJII pada kesempatan yang sama.

Untuk survei ini, APJII bekerja sama dengan Teknopreneur. Adapun metode yang digunakan dalam survei ini adalah multi-stage cluster sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara ditambah kuesioner. Ada 2.500 responden yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Margin of error dari survei ini kurang lebih 1,96% dengan level of confidence mencapai 95%. Responden yang berpartisipasi berusia minimal 13 tahun.

Baca juga :   Platform e-Commerce B2B Lokal Ini Bidik 10 Juta Pengguna Aktif

“Dari survei kali ini, Jawa juga masih menjadi pengguna internet terbanyak di Indonesia dengan persentase mencapai 58,08%. Namun, uniknya, penetrasi internet juga tumbuh subur di Kalimantan dengan persentase hingga 72,19%,” tutur Henry menjelaskan.

Untuk jumlah pengguna internet berdasarkan usia, didominasi oleh kisaran usia 19 hingga 34 tahun. Survei mencatat ada sekitar 49,52% responden, dan disusul oleh usia 35 hingga 54 tahun dengan persentase 29,55%. Persentase ini sedikit berbeda jika dibandingkan survei pada 2016. Dalam survei tersebut, pengguna internet di Indonesia lebih didominasi pengguna dalam rentang usia di 35 hingga 44 tahun. Sementara persentase pengguna internet di rentang usia 19 hingga 34 tahun hanya 24,4%.

Baca juga :   Pengetahuan Keamanan Cyber Indonesia Mengkhawatirkan

Adapun penetrasi pengguna internet di Indonesia lebih banyak berada di rentang usia 13 hingga 18 tahun, dengan persentase 75,50%Rentang usia 19 hingga 34 tahun berada di posisi kedua dengan persentase 74,23%. “Untuk komposisi pengguna berdasarkan jenis kelamin, laki-laki masih lebih banyak ketimbang perempuan. Jadi, persentase laki-laki adalah 51,43%, sedangkan perempuan 48,57%,” ujar Henry.

Hasil survei ini juga mencatat semakin tinggi tingkat pendidikan terakhir seseorang, penetrasi terhadap internet pun semakin tinggi. Survei mencatat, responden dengan pendidikan S2 atau S3 memiliki penetrasi hingga 88,24%.

 

STEVY WIDIA

Tags: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)penetrasi internetpengguna internet
Previous Post

Gmail Go, Ringan dan Aman Dari Spam

Next Post

Menuju Seabad ITB Berkomitmen Cetak Wirausaha

Related Posts

Indonesia Internet Expo and Summit 2025 Ajang Kolaborasi Ekosistem Internet Nasional
Headline

Indonesia Internet Expo and Summit 2025 Ajang Kolaborasi Ekosistem Internet Nasional

22 Agustus 2025
0
Inklusivitas Digital Menjadi Tantangan Bisnis Telekomunikasi Indonesia di 2024
News

Inklusivitas Digital Menjadi Tantangan Bisnis Telekomunikasi Indonesia di 2024

27 Agustus 2024
0
penetrasi internet
News

Tingkatkan Penetrasi Internet, Kemenkominfo Gelar Pekan Literasi Digital di NTT

11 Mei 2023
0
Load More
Next Post
Menuju Seabad ITB Berkomitmen Cetak Wirausaha

Menuju Seabad ITB Berkomitmen Cetak Wirausaha

Sprint Asia Technology Hadirkan Produk Fintech Bayarind dan Pasarind

Sprint Asia Technology Hadirkan Produk Fintech Bayarind dan Pasarind

Promo dan Diskon Jadi Pemikat Utama Harbolnas 2016

Shopback Indonesia Targetkan Gaet 1.000 UKM di 2018

Discussion about this post

Recent Updates

SheHacks Hadirkan Insiatif Baru untuk Pemberdayaan Perempuan Daerah

SheHacks Hadirkan Insiatif Baru untuk Pemberdayaan Perempuan Daerah

29 September 2025
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
SheHacks Hadirkan Insiatif Baru untuk Pemberdayaan Perempuan Daerah

SheHacks Hadirkan Insiatif Baru untuk Pemberdayaan Perempuan Daerah

29 September 2025
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version