youngster.id - Startup Point of Sales (PoS) Olsera menjalin kemitraan strategis dengan aplikasi pembayaran digital AstraPay untuk percepatan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan mendorong inklusi finansial di Indonesia.
Melalui kerja sama ini diluncurkan sistem manajemen bisnis all-in-one Olsera yang terintegrasi dengan sistem pembayaran AstraPay bagi para merchant yang berada di ZEST Foodcourt, Menara Astra.
Saat ini, sebanyak 13 merchant yang berada di ZEST Foodcourt telah menggunakan sistem Olsera dan AstraPay, melayani lebih dari 750 pengunjung per harinya.
Novendy Chen, Co-founder dan Chief Executive Officer Olsera mengatakan, pihaknya sangat senang dapat berkolaborasi dengan AstraPay untuk mempercepat digitalisasi UMKM di Indonesia.
Menurutnya, digitalisasi menjadi kunci penting dalam memperkuat dan mempercepat pertumbuhan UMKM, khususnya untuk bertahan di tengah persaingan yang ketat di era digital ini.
“Kolaborasi ini akan terus dikembangkan bagi seluruh UMKM yang berada dalam ekosistem kami maupun AstraPay, baik dalam hal pengintegrasian sistem manajemen bisnis maupun pembayaran digital mereka,” kata Novendy, Kamis (7/9/2023).
Disebutkan Novendy, ekosistem manajemen bisnis end-to-end Olsera menawarkan serangkaian fitur komprehensif bagi UMKM, yang memudahkannya untuk berjualan di outlet maupun secara online, mengatur operasional, mencatat laba rugi dan neraca usaha. Termasuk, mendapatkan dukungan untuk dana usaha, hingga memenuhi kebutuhan bahan baku dan mendapatkan konsultasi bisnis.
Selain itu, sistem Online Order Osera tidak hanya mencakup integrasi dengan marketplaces dan food hailing ternama, namun juga memungkinkan mitra untuk mengaktifkan pemesanan online di toko/ restoran seperti Dine In, Self-Order. Sekaligus menjangkau para calon pelanggan baru melalui link order, website hingga aplikasi brand mereka yang mendukung delivery order, take-away dan reservasi.
“Hingga saat ini, Olsera telah menjangkau lebih 500 kota di Indonesia, melayani lebih dari 18.000 merchant berbayar dan 11.000 lebih merek dari berbagai lini usaha,” tambahnya.
Di sisi lain, AstraPay memberikan berbagai kemudahan untuk penggunanya dalam melakukan pembayaran melalui banyak fiturnya yang bisa dirasakan saat menggunakan AstraPay, dimulai dari aplikasinya yang simple dan user-friendly sehingga mudah digunakan, serta transaksi digital yang aman.
Rina Apriana, Chief Executive Officer AstraPay menyebutkan, saat ini AstraPay telah memiliki 10,8 juta pengguna hingga Agustus 2023 dan telah bekerja sama dengan lebih dari 20.000 merchant di seluruh Indonesia.
“AstraPay terus mendorong kerja sama dengan UMKM mulai dari pembayaran tagihan, pembelian berbagai kebutuhan, seperti pulsa, token listrik, dan beragam fitur pembayaran lainnya, sebagai bagian dari digitalisasi UMKM di Indonesia,” kata Rina.
Menurut Rina, kemitraan strategis dengan Olsera sebagai sebuah hal yang selaras dengan upaya AstraPay dalam mendukung para pengusaha UMKM Indonesia untuk bertransformasi melakukan pembayaran secara digital dan mendorong inklusi keuangan di Indonesia.
“Oleh karena itu, kami menyediakan pengalaman bertransaksi digital yang mudah dan nyaman. Lewat kolaborasi ini, layanan kami yang terintegrasi dengan sistem Olsera tentunya akan sangat membantu operasional bisnis para UMKM yang berada dalam ekosistem kami,” tambahnya.
Ke depannya, kolaborasi ini akan terus berjalan untuk mengakselerasi pertumbuhan para mitra UMKM yang berada di dalam ekosistem Olsera dan AstraPay, seiring dengan pesatnya potensi pertumbuhan ekonomi digital.
“Sistem yang disediakan oleh Olsera dan AstraPay bagi para merchant kami tentunya menjadi sebuah inovasi yang memberikan added value bagi mereka, khususnya terhadap pengelolaan sistem manajemen bisnis mereka serta memberikan kemudahan bertransaksi bagi pelanggan melalui proses pembayaran yang simple,” imbuh Demmy Indranugroho, Head of Asset Management & Corporate Communications Astra Property.
STEVY WIDIA