youngster.id - Startup yang menyediakan solusi end-to-end untuk bisnis e-commerce di Indonesia, Komerce mengumumkan telah mengakuisisi sebuah platform untuk penghitungan biaya pengiriman real-time dan integrasi antarmuka pemrograman aplikasi (API) RajaOngkir. Tujuan akuisisi ini untuk memperkuat posisi Komerce sebagai pesaing utama industri e-commerce enabler di Indonesia.
RajaOngkir, yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Playstore dan digunakan oleh ribuan perusahaan melalui integrasi API, diharapkan dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan efisiensi layanan logistik yang ditawarkan Komerce.
Nofi Bayu Darmawan, Pendiri dan Chief Executive Officer Komerce mengatakan, penggabungan RajaOngkir merupakan langkah strategis Komerce untuk memberikan solusi yang lebih komprehensif dan terintegrasi kepada kliennya, khususnya bagi perusahaan atau merek besar yang memerlukan integrasi API untuk mengelola pengiriman produknya.
“Merger dengan RajaOngkir merupakan langkah penting bagi Komerce untuk terus tumbuh dan berkembang, khususnya dalam mempertajam strategi dan penetrasi kami di sektor pelayaran dan logistik. Kini, dengan RajaOngkir menjadi bagian dari ekosistem Komerce, kami semakin dekat dengan visi untuk menjadi mitra terpercaya bagi usaha kecil dan menengah (UKM) atau merek yang ingin memasuki industri e-commerce di Indonesia. Kami yakin dengan solusi yang lebih lengkap dan terintegrasi, kami dapat membantu klien kami mencapai kesuksesan yang lebih besar,” papar Nofi, dikutip Senin (19/8/2024).
Dengan menggabungkan kekuatan kedua perusahaan, Komerce kini dapat menawarkan solusi end-to-end yang lebih lengkap. Sebelumnya, Komerce telah menyediakan layanan agregator pengiriman Komship kepada pengguna akhir dengan lebih dari 10,000 pengguna.
Kini, mereka akan lebih fokus pada segmen perusahaan atau merek dengan integrasi API yang lebih lancar, termasuk pemeriksaan biaya pengiriman, pengambilan paket, manajemen pengiriman, dan cash on delivery (COD).
Damar Riyadi, Founder RajaOngkir menambahkan dengan sumber daya dan jaringan yang dimiliki Komerce, maka RajaOngkir akan semakin unggul dalam mengembangkan integrasi teknologi pengiriman berbasis API untuk klien mereka dan mendorong pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia.
Sejak didirikan tahun 2020, kini lebih dari 30.000 UKM telah mendaftar dan bertransaksi di ekosistem Komerce. Layanan perusahaan ini meliputi Komtim (platform untuk mencari pekerja jarak jauh di bidang e-commerce), Komclass (peningkatan dan pelatihan UKM), Komship (manajemen pengiriman), Kompack (pergudangan), dan Kompplace (SaaS omnichannel).
Lebih dari 2 juta transaksi dilakukan oleh penjual online tahun lalu dalam ekosistem Komerce. Perusahaan ini juga telah memperoleh keuntungan sejak awal tahun 2023 dan mengalami peningkatan pendapatan sebesar 300% YoY sepanjang tahun 2023.
Saat ini Komerce sedang mengumpulkan pendanaan Seri A untuk meningkatkan skala solusi yang telah dibangun dan memperluas penerapannya di kalangan UKM di seluruh Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post