Pertumbuhan Donasi Kitabisa Naik Hingga 230% di Tahun 2017

M. Alfatih Timur, Founder & CEO Kitabisa.com (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

youngster.id - Startup platform penggalangan dana (crowdfunding) telah menjadi salah satu kegiatan sosial berbasis digital yang populer di Indonesia. Salah satunya adalah KitaBisa, yang mengklaim penggalangan dana dan donasi secara online mereka meningkat hingga 230%.

CEO KitaBisa Alfatih Timur mengungkapkan, masyarakat kini semakin familier dengan peran crowdfunding sebagai solusi permasalahan sosial.

“Tren di tahun 2017 ini menunjukkan bahwa galang dana online menjadi salah cara memperjuangkan harapan. Dari ratusan orang tua yang berjuang menggalang dana untuk kesembuhan anaknya, driver ojek online yang membantu kakek yang ia temui di jalan, hingga ribuan netizen Indonesia yang mendukung mimpi Habibie untuk membangun pesawat sendiri,” kata Alfatih dalam siaran pers, Rabu (3/1/2017) di Jakarta.

Resmi hadir sejak Juli 2013, KitaBisa merupakan salah satu startup yang sudah cukup lama aktif di ranah layanan crowdfunding tanah air. KitaBisa sendiri melakukan monetisasi dengan mengambil potongan sebesar lima persen dari setiap proyek yang berhasil terwujud di platform mereka.

Penyelenggaraan crowdfunding ini mengungkapkan, berdasarkan angka dan data statistik, di tahun 2017 KitaBisa sedikitnya telah menjembatani lebih dari 12000 kampanye penggalangan dana dengan berbagai macam topik dan isu sosial. Ada tiga jenis kampanye KitaBisa yang paling populer di tahun 2017. Yakni membantu keluarga atau teman yang sakit (24%), Isu kemanusiaan (16%) dan pembangunan tempat ibadah (10%)

Di tahun 2017, aplikasi mobile KitaBisa di Android juga diklaim telah menjembatani hampir 72% dari seluruh kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh donatur mereka.Bila dibandingkan tahun 2016, pencapaian ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, dengan pertumbuhan donasi mencapai 230%.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version