Platform IbuSibuk Fasilitasi dan Berdayakan Para Momfluencer

Platform IbuSibuk - Fikra Sufi Hijrisari

Platform IbuSibuk Fasilitasi dan Berdayakan Para Momfluencer (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Salah satu cara bagi pemilik merek untuk meningkatkan performa penjualan adalah melalui optimalisasi strategi influencer marketing. Dan, salah satu kategori influencer yang telah menjadi tren signifikan di Indonesia adalah momfluencer.

Momfluencer merupakan sebuah singkatan dari Mom dan Influencer, yaitu para Ibu yang menggunakan platform media sosial untuk mempengaruhi orang lain dengan menjual ide keibuan berupa pengalaman mereka sendiri termasuk review, rekomendasi produk, hingga saran terkait metode parenting.

Berdasarkan Laporan Dampak SIRCLO 2022, di antara 45 juta ibu rumah tangga di Indonesia yang memutuskan untuk fokus mengurus rumah tangga setelah menikah dan memiliki anak, terdapat 85% dari mereka memiliki aspirasi untuk tetap produktif, salah satunya dengan menghasilkan pendapatan tambahan.

Untuk memasilitasi dan pemberdayaan ekonomi para Ibu di Indonesia, SIRCLO melalui Orami mengembangkan platform IbuSibuk.

Raymond Wirya, Head of Business Development IbuSibuk (SIRCLO Group) mengatakan, IbuSibuk hadir sebagai platform bagi momfluencer Indonesia untuk berbagi cerita dan terhubung dengan sesama Ibu, serta mengembangkan kemampuan para Ibu.

“Ke depannya, kami memiliki misi untuk mengembangkan komunitas IbuSibuk menjadi lebih besar lagi agar semakin banyak para Ibu yang memiliki kesempatan untuk berdaya dan dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga. Selain itu, kami akan terus memperluas jaringan pemilik merek dalam ekosistem SIRCLO Group, sehingga momfluencer IbuSibuk dapat dengan mudah mengakses kampanye pemasaran yang bisa diikuti,” kata Raymond, Rabu (28/6/2023).

Menurut Raymond, IbuSibuk telah berperan penting dalam menjawab tantangan yang dihadapi momfluencer. Dengan jaringan momfluencer yang sudah mencapai lebih dari 70.000 ribu anggota, IbuSibuk menyediakan komunitas ibu dan menghubungkan mereka dengan berbagai pemilik merek untuk berkolaborasi di berbagai program social commerce, baik sebagai nano-influencers, maupun reseller.

“Para anggota IbuSibuk tidak hanya diberi akses ke beragam kampanye dari pemilik merek, tetapi juga mendapatkan pelatihan eksklusif yang berkaitan dengan pengembangan diri dan pelatihan untuk menjadi influencer profesional,” tambahnya.

Salah satu momfluencer yang telah merasakan manfaat platform IbuSibuk ini adalah Fikra Sufi Hijrisari.

Setelah berkarir sebagai Social Media Specialist di sebuah perusahaan swasta selama 2 tahun, Fikra memutuskan pindah kuadran menjadi momfluencer untuk memadukan kembali peran sebagai Ibu namun tetap produktif dalam mengembangkan karir, serta membantu perekonomian keluarga.

Fikra mulai merintis kehadirannya di media sosial dengan fokus pada kanal Instagram. Konten yang dibagikan meliputi pengalaman sehari-hari sebagai seorang ibu, memberikan tips dan saran seputar parenting. Melalui konsistensinya, Fikra berhasil membangun citra positif dan meraih 2 ribu jumlah pengikut pada awal karirnya.

Toh, Fikra merasa butuh pembekalan dan dukungan tambahan untuk mendorong pertumbuhan karirnya sebagai momfluencer, seperti mendapatkan akses ke pelatihan pemasaran, pengelolaan sumber daya, hingga akses ke komunitas momfluencers yang luas. Ikra pun memutuskan bergabung di platform IbuSibuk.

Melalui IbuSibuk, Fikra mengaku telah mendapatkan berbagai manfaat yang berharga termasuk dari aspek mengelola media sosial dan menggali ide-ide konten yang menarik. Ia juga mendapatkan dukungan dari tim IbuSibuk yang membantu mencari kampanye pemilik merek yang sesuai dengan nilai-nilai yang dipegang olehnya. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk menemukan kesempatan berkolaborasi dengan pemilik merek yang tepat, yang sebelumnya masih sulit didapatkan.

“Dengan dukungan kemajuan teknologi dan peran keluarga yang suportif, kita dapat terus mengembangkan diri dan memperluas koneksi agar mencapai tujuan. Dengan mengikuti program training and development dari IbuSibuk juga dapat memudahkan kita dalam meniti karir sebagai seorang momfluencer yang hebat,” kata Fikra.

Tidak hanya itu, Fikra juga telah mencapai prestasi yang luar biasa sejak bergabung dengan IbuSibuk kurang lebih dua tahun yang lalu. Selain mampu menggaet 30 ribu pengikut, ia juga telah sukses berkolaborasi dengan pemilik merek ternama seperti Morinaga.

“Dengan komitmen kuat kepada pemberdayaan momfluencer dan visi yang tajam untuk pengembangan platform, IbuSibuk akan terus menjadi tempat yang ideal bagi para momfluencer seperti Ibu Fikra untuk tumbuh, berkembang, dan mencapai kesuksesan dalam peran juga karir mereka,” tutup Raymond.

 

HENNI S.

Exit mobile version