Platform TipTip Wadah Baru Bagi Konten Kreator Berkarya dan Monetisasi

TipTip

Grand Launch TipTip di Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pertumbuhan konten kreator di Indonesia mengalami pertumbuhan yang besar, di mana pasar industri ini di Indonesia diprediksi mencapai Rp4 triliun hingga Rp7 triliun rupiah pada waktu mendatang. Berdasarkan Opus Creative Economy Outlook 2020, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp1,1 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap 17 juta tenaga kerja.

Hal ini mendorong TipTip, platform terpadu untuk konten kreator di wilayah Asia Tenggara hadir di Indonesia.  Founder TipTip Albert Lucius menjelaskan, besarnya potensi dari ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia mendorong TipTip hadir untuk mendukung konten kreator Indonesia untuk terus berkarya dan memanfaatkan peluang tersebut. Terlebih, TipTip hadir dengan peluang monetisasi untuk para konten kreator, tanpa memerlukan audiensi yang besar.

“Kami menyadari besarnya peluang yang belum tersalurkan dari para pelaku konten kreator di Indonesia. Kita memiliki berbagai talent dan konten berkualitas, sayangnya komunitas lokal belum  berkembang sepenuhnya karena sulitnya membangun target audiensi. Kami harap TipTip dapat membuka peluang para konten kreator di Indonesia untuk terus berkarya dan berkembang di tengah pesatnya kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Albert Lucius Founder TipTip dalam keterangannya, Kamis (14/7/2022).

Albert menjelaskan, TipTip hadir untuk mengisi kesenjangan akan beberapa fitur penting  yang dihadapi oleh kreator konten di negara-negara berkembang di wilayah Asia Tenggara, seperti kurangnya peluang monetisasi, pembayaran lokal & integrasi KYC (know-your-customer) yang terbatas, serta tantangan terkait pembuatan & distribusi konten melalui perangkat smartphone.

“TipTip hadir sebagai platform untuk menghubungkan para konten kreator dan fansnya, di saat bersamaan menghadirkan kesempatan monetisasi secara langsung tanpa perlunya audiensi yang besar,” ujarnya.

TipTip menunjuk Triawan Munaf, selaku Presiden Komisaris TipTip. Menurut Triawan, peranan dari TipTip sebagai platform yang berkontribusi pada pertumbuhan industri, terutama sebagai pemain lokal yang mengerti secara detail berbagai tantangan yang dihadapi oleh konten kreator di Indonesia. Sebagai platform buatan anak bangsa, TipTip diyakini akan menjadi solusi untuk para masyarakat untuk terus berkarya dan memanfaatkan besarnya peluang industri ekonomi kreatif.

“TipTip hadir sebagai platform yang mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif Indonesia yang dapat mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat. Tidak hanya menjadi sarana bagi para konten kreator dalam berkarya, platform ini turut memfasilitasi para masyarakat akan konten-konten yang edukatif dan berguna,” kata Triawan.

TipTip sudah dapat diakses oleh masyarakat luas, para pengguna baik para konten kreator maupun masyarakat hanya perlu mengunjungi website tiptip.tv untuk melakukan registrasi, atau mengunduh aplikasi TipTip di Google PlayStore. Pengguna ekosistem Apple nantinya juga dapat mengunduh aplikasi TipTip di bulan Agustus 2022.

“Harapan saya, dengan adanya platform TipTip, para konten kreator bisa mendapatkan wadah untuk berkarya. Peran kita semua adalah untuk mendorong anak anak bangsa ini dalam berkarya dan mengapresiasinya dengan baik,” pungkas Triawan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version