Jumat, 12 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Populix Ungkap Faktor Baru Penentu Relevansi Brand bagi Gen MZ di 2026

10 Desember 2025
in Analyze, Headline
Reading Time: 2 mins read
generasi MZ

Riset Populix Ungkap Faktor Baru Penentu Relevansi Brand bagi Gen MZ di 2026 (Foto: ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Laporan terbaru Populix menunjukkan pergeseran signifikan dalam cara Gen MZ menilai brand, dengan transparansi, keberpihakan, dan aksi nyata menjadi faktor utama yang menentukan relevansi di tahun 2026. Temuan tersebut dipaparkan dalam acara Populix Industry Outlook 2026: Winning in a Market that Won’t Wait.

Menurut Vivi Zabkie, Policy & Society Research Director Populix, konsumen muda kini menilai sikap brand terhadap isu sosial dan budaya sebagai bagian dari keputusan pembelian. “Sebanyak 67% responden mempertimbangkan ulang, bahkan berhenti menggunakan, sebuah brand berdasarkan sikap brand terhadap suatu isu. Konsumen kini mengharapkan aksi nyata, bukan hanya pernyataan,” ujarnya.

Selain keberpihakan, laporan Populix menyoroti meningkatnya kebanggaan terhadap identitas lokal. Data menunjukkan 98% konsumen merasa bangga ketika brand Indonesia menembus pasar global, sementara lebih dari 90% responden menilai penting bagi brand untuk mempertahankan identitas lokal di tengah ekspansi internasional.

Baca juga :   PNM Gelar Pelatihan Untuk UMKM Go Digital

Head of Brand & Communications Kenangan Brands, Aryo Ardiarso Wibisono, menilai faktor autentisitas menjadi kekuatan utama dalam memperluas pasar.

“Kami bangga memperkenalkan diri sebagai brand asal Indonesia. Kehangatan dan kultur lokal yang kami hadirkan melalui customer experience menjadi pembeda ketika masuk ke negara-negara tetangga,” kata Aryo.

Pengaruh budaya pop, komunitas, serta kreator digital juga semakin besar dalam membentuk persepsi dan preferensi Gen MZ. CEO infipop sekaligus Inisiator Minutes of Manager, Irfan (Fanbul) Prabowo, menyebut Gen Z semakin selektif dalam memilih brand.

“Tahun 2026 akan menjadi tahun ‘the harsh truth’. Brand yang bertahan adalah mereka yang transparan, terbuka, dan berani melibatkan Gen Z dalam membangun brand, meski belum sempurna,” ucap Irfan.

Baca juga :   Mahasiswa ITB Juara L'Oréal Brandstorm 2022 Kategori Tech Track

Perubahan pola perilaku juga muncul di industri otomotif. Budi Darmawan, Vice Country Director Chery Sales Indonesia, mengungkapkan bahwa generasi muda kini mengandalkan riset online melalui review dan rating sebelum membeli kendaraan.

“Tren live shopping untuk otomotif, strategi yang kami bawa dari China, terbukti cukup efektif di Indonesia,” kata Budi.

Seluruh temuan tersebut dirangkum dalam laporan What Shapes Brand Loyalty Today, hasil survei online terhadap 2.122 responden Indonesia pada 15 Mei hingga 1 Juni 2025, yang turut diluncurkan dalam acara Populix Industry Outlook 2026.

HENNI S.

Tags: gen MZmenilai brandPopulix
Previous Post

Permudah Akses Pendanaan UKM, EQUITEN Luncurkan Platform Pitching Investasi

Next Post

MainStory Hadirkan Daycare Berbasis Teknologi di Kantor Pusat ANTAM

Related Posts

pemutusan hubungan kerja (PHK)
Analyze

Populix dan KitaLulus: 80% Pekerja Nilai Proses PHK Masih Tidak Manusiawi

27 November 2025
0
podcast
Analyze

Populix: Kini, Konten Podcast Berbentuk Video Lebih Disukai Masyarakat

9 September 2025
0
podcast
Analyze

Populix: 53% Orang Mendengarkan Podcast 2-3 Kali Seminggu

28 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
MainStory x ANTAM

MainStory Hadirkan Daycare Berbasis Teknologi di Kantor Pusat ANTAM

Privy

Privy Catat 156 Juta Dokumen Ditandatangani Secara Digital

DBS Indonesia x Duitin

DBS Indonesia Gandeng Startup Duitin, Sisihkan 0,5% Transaksi untuk Inisiatif Keberlanjutan

Discussion about this post

Recent Updates

Pasar TV Berbayar Masih Bertumbuh, IndiHome Gandeng BBC Studios Untuk Pikat Pelanggan

Pasar TV Berbayar Masih Bertumbuh, IndiHome Gandeng BBC Studios Untuk Pikat Pelanggan

11 Desember 2025
Mitra Gojek

GoTo Tanggung Iuran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan untuk Mitra Gojek Berkinerja Terbaik

11 Desember 2025
Program Cashville Kidz

Maybank Perluas Upaya Literasi Keuangan Anak Sekolah di ASEAN Lewat Program Cashville Kidz

11 Desember 2025
Zipmex

Jatuh dari Surga Kripto: Drama Kebangkitan dan Kejatuhan Zipmex di Asia Tenggara

11 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Pasar TV Berbayar Masih Bertumbuh, IndiHome Gandeng BBC Studios Untuk Pikat Pelanggan

Pasar TV Berbayar Masih Bertumbuh, IndiHome Gandeng BBC Studios Untuk Pikat Pelanggan

11 Desember 2025
Mitra Gojek

GoTo Tanggung Iuran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan untuk Mitra Gojek Berkinerja Terbaik

11 Desember 2025
Program Cashville Kidz

Maybank Perluas Upaya Literasi Keuangan Anak Sekolah di ASEAN Lewat Program Cashville Kidz

11 Desember 2025
Zipmex

Jatuh dari Surga Kripto: Drama Kebangkitan dan Kejatuhan Zipmex di Asia Tenggara

11 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version