Program Coaching dan Hackathon East Ventures Buka Peluang Bagi Talenta Digital Bangkit Kembali

East Ventures

Tim Juara program coaching dan hackathon Indonesia PASTI BISA, Maju Terus Pantang Mundur dari East Ventures. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Upaya untuk mendukung keberlangsungan startup di Indonesia terus dilakuan East Ventures. Perusahaan venture capital sector-agnostic ini telah memilih 30 tim juara dari program coaching dan hackathon Indonesia PASTI BISA, Maju Terus Pantang Mundur (MTPM IDPB). Tim juara menerima total dana sebesar Rp 7,5 miliar dalam bentuk uncapped convertible notes, termasuk berbagai keuntungan dan tunjangan dari para mitra terkemuka.

Partner East Ventures Avina Sugiarto mengatakan, IDPB MTPM merupakan program yang dipimpin oleh East Ventures dengan kolaborasi dan dukungan bersama dari para mitra dan ekosistem East Ventures yang kuat. Program ini hadir sebagai respon atas maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan di ekosistem teknologi saat ini.

“Indonesia PASTI Bisa Maju Terus Pantang Mundur terbukti sebagai inisiatif yang cepat dan bermanfaat dalam mendukung talenta yang terdampak pada ekosistem teknologi di tengah masa yang sulit. IDPB MTPM telah menjadi platform bagi calon pengusaha untuk mengembangkan ide bisnis dan MVP mereka, bertemu langsung dengan pelatih ahli dan terhubung dengan peserta yang sepemikiran dalam memulai perjalanan kewirausahaan,” kata Avina dalam keterangannya, Rabu (21/12/2022) di Jakarta.

Dia menerangkan, Indonesia PASTI BISA merupakan gerakan kolaboratif yang dipelopori oleh East Ventures sejak tahun 2020 untuk mendukung masyarakat pada masa krisis di Indonesia. Ada dua fokus utama program ini. Pertama coaching dan hackathon dan kedua job board. Program coaching dan hackathon ini bertujuan untuk mendukung para talenta terdampak yang ingin membangun perjalanan kewirausahaan mereka maupun yang ingin menjadi calon pengusaha.

Program ini telah menyelesaikan semua rangkaian kegiatannya, mulai dari pendaftaran hingga demo day. Dengan total 270 pendaftaran, yang mencakup 551 orang dari 50 kota; 120 tim terpilih telah melalui 11 hari coaching dan hackathon (dalam format online dan offline) dengan East Ventures dan pakar di industri.

“Kami bersyukur dan senang dapat bekerja sama dengan lebih dari 27 mitra, 35 pelatih, dan juri yang telah meluangkan waktu dan upaya yang berharga untuk mendukung program ini. Selamat kepada seluruh peserta dan tim juara. Kami telah bertemu banyak calon pengusaha dengan potensi besar, dan kami berharap dapat melihat perkembangan dan keseruan dari para tim juara,” kata Avina.

Tim terpilih telah mempresentasikan ide bisnis dan MVP mereka kepada para juri pada tanggal 13 dan 14 Desember 2022. Para juri terlibat antara lain Avina Sugiarto, Partner East Ventures, Melisa Irene, Partner East Ventures, Abraham Hidayat, Managing Partner Skystar Capital, Andreas Dymasius, Principal Skystar Capital, dan Edoardo Prawira Judokusumo, Principal Sinar Mas Digital Ventures (SMDV).

Akhirnya terpilih 30 tim juara diantaranya, Aksata, AYANGKU, Barengan, BotaNize, Cios, Disanitasi, Dole, Fellas, Foodtrition, God Army, Hello, HomHub, IJO, Kommodity, Meramu, Middleboard, MIG, Montiro, Mutual, Qelas.id, Repax, Sak Kula, SAMA ERP, Sampai Pinter, SOCIO STARTUP INDONESIA, Solopreneurs AI, STEVOR, Sweetlift, Tryvel (Berpijar), dan Tulisno.

“Saya dan anggota tim kami merupakan karyawan yang terkena dampak layoff. Kami merasa kegiatan ini luar biasa sekali, dan tentunya tidak pernah terbayang untuk menjadi champion team dari kegiatan Indonesia PASTI BISA Maju Terus Pantang Mundur. Setiap sesi dari kegiatan ini sangat insightful, dan kami dibimbing untuk terus berpikir ulang dan mencari bentuk yang lebih tepat lagi untuk ide bisnis kami. Terima kasih kepada East Ventures dan para coaches yang telah terlibat pada program ini,” kata Anky Andikara, Tryvel (Berpijar), salah satu tim juara dari program ini.

Managing Partner Skystar Capital Abraham Hidayat yang juga juri dan mentor program ini mengatakan, kegiatan ini memberikan banyak dampak positif. “Banyak yang terinsiprasi untuk menggunakan situasi yang kadang-kadang kurang menyenangkan ini untuk bangkit dan menciptakan sesuatu yang baru. mendapatkan ide-ide dan terinpriasi untuk berkarya meskipun dalam kesulitan. Harapannya juga para digital talent dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik, dan tentunya digital talent Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” katanya.

East Ventures telah mendukung lebih dari 250 perusahaan teknologi di Asia Tenggara. Job board IDPB MTPM tetap aktif untuk para talenta yang ingin mencari peluang kerja di ekosistem East Ventures. Mereka dapat menavigasi lebih dari 700 lowongan pekerjaan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version