Kamis, 13 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Program Digital Creative Entrepreneurs Pilih 5 UMKM Terbaik

21 April 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
DCE Telkomsel

Pemenang DCE kategori Makanan dan Minuman diraih Mbrebes Mili Food dari Depok, Jawa Barat. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) dari Telkomsel telah diikuti 150 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia. Program akselerasi kemajuan UMKM untuk Go Digital ini akhirnya memilih 5 peserta terbaik. Mereka berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total Rp200 juta.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, penyelenggaraan DCE ini merupakan salah satu perwujudan komitmen Telkomsel dalam mengakselerasi kemajuan UMKM Indonesia untuk Go Digital melalui peningkatan kapabilitas dan kompetensi para pelaku UMKM itu sendiri.

“Kami berharap, DCE dapat memberikan dampak nyata pada pemberdayaan UMKM sehingga menjadi smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk #UnlockOpportunities dalam mengembangkan potensi bisnisnya,” kata Sigit dalam siaran live yang digelar ekslusif di Virtual Exhibition DCE Rabu (20/4/2022).

Program DCE 2021 ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menjelaskan, tiga kata kunci yang diusung oleh DCE, yakni kewirausahaan, digital dan kreatif menjadi faktor yang sangat penting bagi UMKM untuk tidak hanya bangkit dari dampak pandemi, tapi juga berdaya saing di level nasional maupun global.

Baca juga :   Masa Depan Pusat Data: Memanfaatkan Teknologi Inovatif untuk Keberlanjutan dan Transformasi oleh AI

“Saya percaya melalui ajang ini, kita dapat melahirkan UMKM yang berdaya saing serta membuka lebih banyak lapangan kerja baru. Kepada para pemenang DCE, saya ucapkan selamat. Semoga ini dapat menjadi penyemangat untuk terus tumbuh, menginspirasi dan menghadirkan inovasi dalam setiap proses bisnis yang dilakukan,” kata Teten.

Dalam awarding ceremony, Telkomsel mengumumkan empat UMKM peserta yang berhasil menjadi terbaik dalam program DCE 2021 di setiap kategorinya adalah Best of The Best diraih Tangan Dia (Kab. Gowa, Sulawesi Selatan), ketagori Kriya diraih Kailoka (Kota Bandung, Jawa Barat), kategori Fashion diraih RSthelabel (Surabaya, Jawa Timur), kategori Makanan dan Minuman diraih Mbrebes Mili Food (Depok, Jawa Barat), dan kategori Mikro diraih Kain Indonesia Co (Jakarta). Seluruh peserta UMKM tersebut berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total Rp200 juta.

Pada penyelenggaraannya, program DCE membuka peluang bagi UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman, kerajinan tangan, fesyen, dan usaha mikro. Dari sebanyak 911 pelaku UMKM yang mendaftar dari 34 provinsi dan 200 kota/kabupaten, DCE memilih 150 pelaku UMKM berdasarkan aspek produk, legalitas, finansial, digital, dan kreativitas untuk mengembangkan kapabilitas di intimate session dan workshop.

Selajutnya, para peserta diseleksi menjadi 20 besar terbaik untuk dibimbing oleh para mentor dari tim 99%Usahaku, Kuncie, dan MyAds. Kemudian 9 peserta terbaik berhak masuk sebagai finalis untuk mengikuti Virtual Exhibition DCE. Puncaknya, dari jumlah tersebut terpilihlah 4 peserta terbaik di setiap kagetori dan 1 peserta Best of The Best DCE yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi di antara seluruh peserta DCE 2021.

Baca juga :   Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$4,5 Juta

Adapun sebanyak 150 pelaku UMKM yang terpilih untuk mengikuti sourcing initiative program DCE didominasi berasal dari Jawa-Bali dan Nusa Tenggara (40 pelaku UMKM), Sumatra (37 pelaku UMKM), Papua-Maluku-Sulawesi-Kalimantan (37 pelaku UMKM) dan Jabodetabek (36 pelaku UMKM). Besarnya minat masyarakat dan pelaku UMKM pada program DCE juga terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung Virtual Exhibition yang terus meningkat setiap harinya. Sejak dimulai perdana pada 24 Maret 2022, tercatat jumlah pengunjung terus meningkat mencapai lebih dari 3.000 pengunjung pada 4 April 2022.

“Kami berharap, seluruh peserta UMKM, baik yang berhasil masuk hingga tahap final maupun tidak, dapat benar-benar mengimplementasikan apa yang sudah dipelajari selama bergabung di talent sourcing initiatives program DCE, sehingga mampu untuk terus berkembang dan memajukan usaha. Ke depannya, Telkomsel akan terus bergerak maju menghadirkan beragam inisiatif yang dapat mendukung sektor UMKM dalam melewati berbagai tantangan, sehingga dapat terus menjadi penggerak roda ekonomi bangsa di berbagai kondisi melalui pemanfaatan teknologi terkini,” pungkas Sigit.

Baca juga :   Jurus Jenius Jaring Generasi Muda Bertransaksi Lewat Perbankan Digital

 

STEVY WIDIA

Tags: Digital Creative Entrepreneurs (DCE)KailokaMbrebes Mili FoodMenteri Koperasi dan UKM RI Teten MasdukiRSthelabelTangan DiaTelkomselUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Yuk Jadi Bagian Dari Kemajuan Digital Indonesia, Segera Gabung Bersama Telkom

Next Post

Kolaborasi Telkom dan Kadin Hadirkan Platform Kadin Tech Hub

Related Posts

Lewat TEI 2025, Telkom Dorong UMKM Binaan Jajaki Pasar Global
News

Lewat TEI 2025, Telkom Dorong UMKM Binaan Jajaki Pasar Global

5 November 2025
0
Telkomsel NextDev ke-11, Dorong Technopreneur Lahirkan Solusi Digital Berbasis AI
Headline

Telkomsel NextDev ke-11, Dorong Technopreneur Lahirkan Solusi Digital Berbasis AI

10 Oktober 2025
0
Kompetisi Riset Nasional 2025, Dukung Riset Akademik Berbasis Data bagi Mahasiswa Indonesia
Headline

Kompetisi Riset Nasional 2025, Dukung Riset Akademik Berbasis Data bagi Mahasiswa Indonesia

7 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Kadin Tech Hub

Kolaborasi Telkom dan Kadin Hadirkan Platform Kadin Tech Hub

Mitsubishi Virtual Assistance

Peran Teknologi Kecerdasan Artifisial Dalam Raih Loyalitas Konsumen

Qlue C Level

Kembali Raih Pendanaan Qlue Siap Pengembangan Bisnis Sistem Pengawasan Komprehensif

Discussion about this post

Recent Updates

Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
Rumah Energi x Microsoft

Kolaborasi Rumah Energi dan Microsoft Atasi Krisis Air dengan Teknologi Pemanenan Air Hujan

13 November 2025
ekonomi digital

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

13 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
Rumah Energi x Microsoft

Kolaborasi Rumah Energi dan Microsoft Atasi Krisis Air dengan Teknologi Pemanenan Air Hujan

13 November 2025
ekonomi digital

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

13 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version