Program Seribu Cerita Perpuseru, Transformasi Perpustakaan Berbasis TIK

Perpustakaan Nasional bekerjasama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia luncurkan program Seribu Cerita PerpuSeru, Senin (6/11/2017) di Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/Youngster.id)

youngster.id - Perpustakaan yang memiliki peran strategis dalam kemajuan bangsa. Kini dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) perpustakaan bertransformasi dengan layanan digital, agar dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

Untuk mewujudkan itu Perpustakaan Nasional bekerjasama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia menghadirkan program Seribu Cerita PerpuSeru. Program ini fokus pada transformasi perpustakaan sebagai pusat belajar dan kegiatan masyarakat berbasis TIK yang dapat menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando mengatakan perpustakaan memang memiliki peran strategis dalam sejumlah hal. Dimana melalui peran tersebut mulai dari mendukung pendidikan masyarakat hingga bisa membantu memberdayakan masyarakat untuk kemajuan sosial dan ekonomi di Indonesia.

“Perpustakaan memiliki peran strategis, antara lain mendukung pendidikan hingga pemberdayaan untuk kemajuan sosial dan ekonomi. Kemajuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) ini turut berdampak pada modernisasi perpustakaan dengan layanan digital. Kemajuan tersebut tentunya agar dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat,” jelas Syarif kepada media Senin (6/11/2017) di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Sementara itu Titie Sadarini, Chief Executive Coca-Cola Foundation Indonesia mengatakan, pengembangan perpustakaan berbasis informasi teknologi menjadi sangat penting diperluas untuk memberikan dampak yang lebih masif bagi masyarakat.

“PerpuSeru akan melakukan roadshow ‘Seribu Cerita PerpuSeru’ di 7 kota untuk berbagi cerita inspiratif dari public figure dan masyarakat yang sukses dari masing-masing perpustakaan mitra PerpuSeru. Selain itu, ada juga pembekalan agar masyarakat yang hadir di PerpuSeru mendapat motivasi untuk datang dan belajar ke perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidup hingga lingkungannya, ” ujar Titi.

Menurut dia, kegiatan ‘Seribu Cerita PerpuSeru’ tersebut untuk mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi. Kegiatan ini akan berlangsung hingga akhir November 2017 di Lubuk Linggau, Pangkalan Bun, Semarang, Surabaya, Bali, Wakatobi dan Ambon.

Gelar kegiatan Seribu Cerita PerpuSeru akan dihadiri sejumlah tokoh publik Najwa Shihab dan aktris Adinia Wirasti. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Bill & Melinda Gates Foundation.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version