Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi

30 April 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
e-commerce

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Seiring adanya perubahan gaya hidup masyarakat dan meningkatnya penetrasi internet di berbagai daerah, pertumbuhan e-commerce di Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat, dengan estimasi penetrasi mencapai 34,89% pada tahun 2029.

Tren ini diharapkan dapat berkontribusi langsung terhadap ambisi pemerintah dalam menargetkan ekonomi digital sebesar mencapai Rp4.531 triliun pada tahun 2030.

“Namun, untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik dari para pelaku bisnis dalam memahami dan merespons perubahan preferensi konsumen,” kata Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO, Rabu (30/4/2025).

SIRCLO memproyeksikan dua tren yang akan berkembang di tahun 2025. Pertama, video commerce mampu menjadi kanal penjualan yang mendominasi di 2025. Google, Temasek, dan Bain & Company melihat bahwa tren video commerce semakin diminati oleh konsumen dalam proses menemukan produk (product discovery), melakukan riset, hingga memutuskan membeli produk tersebut. Perjalanan ini didorong dari video yang dibuat oleh kreator, sponsored content, hingga afiliator. Keputusan membeli barang semakin diperkuat oleh interactive live streaming dan promo dengan waktu terbatas guna menciptakan rasa urgensi serta meningkatkan konversi.

Baca juga :   1.100 Peserta Ikuti Kontes Born to Protect di Jakarta

Tren ini sejalan dengan data internal SIRCLO yang mencatatkan live streaming sebagai primadona khususnya di platform TikTok melalui rata-rata kontribusi pada Gross Merchandise Value (GMV) sebesar 47%, diikuti 27% dari short video. Hal ini menegaskan bahwa pendekatan berbasis video perlu diintegrasikan dalam strategi penjualan digital. Investasi dalam menunjang live streaming, short video, serta kemitraan dengan kreator dan afiliator akan menjadi kunci untuk meningkatkan visibilitas brand hingga mempercepat proses konversi.

Kedua, Omnichannel Retailing: Fondasi pertumbuhan e-Commerce yang merata. Industri e-commerce di Indonesia masih menunjukkan ketimpangan distribusi transaksi, di mana 83,8% dari total pembelian berasal dari konsumen di Pulau Jawa. Meskipun demikian, potensi pertumbuhan di luar Jawa sangat menjanjikan. Sepanjang 2020 hingga 2024, SIRCLO mencatatkan rata-rata jumlah transaksi dari luar Pulau Jawa meningkat sebesar 80%, sementara jumlah konsumen tumbuh sebesar 74,5% secara year-on-year.

Baca juga :   Sinergi Pelaku E-Commerce Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Sayangnya, ketimpangan di luar Jawa juga tercermin dalam pilihan metode pengiriman. Di wilayah ini, pengiriman masih sangat bergantung pada layanan reguler sebesar 84,5%, diikuti oleh pengiriman hemat sebesar 13,1%, sementara opsi pengiriman cepat seperti Same Day dan Instant Delivery masih tercatat di bawah 1%. Ketergantungan yang tinggi terhadap layanan reguler dan hemat ini menunjukkan adanya tantangan struktural dalam infrastruktur logistik, di mana tingginya biaya pengiriman dan terbatasnya jaringan distribusi cepat menjadi faktor utama.

Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu mengadopsi teknologi untuk mempercepat pemerataan distribusi logistik dan integrasi layanan omnichannel di seluruh Indonesia. Fokus pada efisiensi pengiriman, optimalisasi jaringan distribusi lokal, dan penguatan konektivitas antara kanal online dan offline menjadi langkah krusial dalam menjangkau konsumen secara lebih luas. Ke depannya, optimalisasi omnichannel retailing akan menjadi fondasi utama dalam mendorong pertumbuhan e-commerce yang lebih inklusif dan merata.

Menurut Brian, proyeksi tren e-commerce 2025 membuka peluang besar bagi inovasi, karena konsumen kini tidak hanya mengutamakan kenyamanan, tetapi juga mengharapkan konektivitas dan pengalaman belanja yang lebih personal dan efisien. Melalui dua tren utama tersebut, pihaknya melihat potensi besar bagi brand untuk memperluas jangkauan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan konsumen dan transaksi di ranah digital.

Baca juga :   Dorong Akselerasi Pendanaan Ketahanan Iklim, BRI-MI Inisiasi Pembiayaan DINFRA-CRF

Untuk menjawab tantangan ini, SIRCLO terus menghadirkan inovasi melalui layanan SIRCLO StreamLab, sebuah solusi 360° social commerce yang mencakup shoppable live streaming, produksi konten, hingga dukungan afiliator. Di sisi lain, untuk mendorong pemerataan akses di luar Pulau Jawa, SIRCLO menghadirkan teknologi Multi-Origin Go-To-Market Strategy yang berfokus pada efisiensi distribusi, agar konsumen dapat menerima produk lebih cepat dan dengan biaya pengiriman yang lebih terjangkau.

“Kami harap layanan yang kami hadirkan dapat membantu brands menciptakan pertumbuhan di tahun 2025,” tutup Brian. (*AMBS)

 

Tags: Omnichannel RetailingProyeksi e-Commerce 2025SIRCLOvideo commerce
Previous Post

Tumbuh 9,2%, Metrodata Bukukan Pendapatan Rp5,5 Triun di Kuartal I 2025

Next Post

Hingga Maret 2025, Maybank Indonesia Telah Menyalurkan Kredit Sebesar Rp122 Trliun

Related Posts

SIRCLO
Headline

SIRCLO: Transkasi e-Commerce Meningkat 4,95% Sepanjang Tahun 2024

30 April 2025
0
Tren belanja Ramadan
News

Tren Belanja Ramadan Tahun 2024, dari Pola Konsumsi Hingga Kanal Belanja Terpopuler

27 Februari 2025
0
strategi belanja Ramadan
Headline

Strategi Menangkap Peluang Belanja Online di Bulan Ramadan

26 Februari 2025
0
Load More
Next Post
Maybank Indonesia

Hingga Maret 2025, Maybank Indonesia Telah Menyalurkan Kredit Sebesar Rp122 Trliun

Flash Coffee

Flash Coffee Kantongi Pendanaan Tambahan US$3 Juta dari TA Ventures

buyer persona

Buyer Persona: Membuat Kampanye B2B Marketing yang Tepat Sasaran

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version