Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Resmi, Lembaga Internasional IFC Jadi Pemegang Saham Adi Sarana Armada

1 Agustus 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Adi Sarana Armada

Resmi, Lembaga Internasional IFC Jadi Pemegang Saham Adi Sarana Armada (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pada pertengahan 2021 institusi keuangan internasional anggota dari Bank Dunia IFC (The International Finance  Corporation) telah menyuntikkan pinjaman, melalui obligasi konversi yang bisa dikonversi menjadi kepemilikan saham, dengan total sebesar US$31 juta kepada PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA).

Lalu, IFC menggunakan haknya untuk mengubah obligasi konversi tersebut menjadi 97.443.900 lembar, atau setara dengan 2,64% dari total saham ASSA.

”Kami yakin masuknya IFC yang merupakan anggota dari Bank Dunia ini sebagai pemegang saham Perseroan akan memperkuat citra ASSA sebagai perusahaan  yang kredibel  baik  di  mata para mitra bisnis maupun investor publik,” kata Direktur  Utama Adi Sarana Armada, Prodjo Sunarjanto.

Adi Sarana Armada memiliki tiga pilar bisnis utama, yaitu bisnis mobilitas (rental kendaraan, jasa pengemudi, Jasa Logistik car sharing), bisnis jual-beli kendaraan (Lelang-JBA dan Online-to-Offline used car dealers-Caroline), serta end-to-end logistic (logistik dan kurir ekspress Anteraja).

Perusahaan ini optimis akan dapat meraih peningkatan laba dua digit pada akhir tahun ini dibandingkan laba tahun 2022. Optimisme tersebut muncul seiring keberhasilan langkah  efisiensi perusahaan sehingga mendorong perbaikan operasional anak usaha logistik dan kurir ekspress Anteraja pada kuartal 2 2023 ini jika dibandingkan kuartal 4 2022.

“Kita melihat masing-masing bisnis pilar ASSA memiliki peluang pertumbuhan yang bagus di tahun 2023, sejalan dengan kondisi perekonomian yang membaik. Kita percaya ASSA mampu membukukan kinerja yang lebih baik, seiring dengan bisnis rental yang secara konsisten terus bertumbuh. Pada bisnis ekosistem kendaraan bekas juga menunjukkan demand dan supply yang mengalami turnaround di tahun ini. Selain itu bisnis logistik  ASSA juga  terus  dikembangkan menuju penyedia solusi logistik end-to- end yang terintegrasi, dengan dukungan kinerja operasional Anteraja yang sudah jauh lebih baik,” kata Prodjo.

Baca juga :   Inilah Negara dan Perusahaan Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia

Perseroan melihat bahwa telah terjadi peningkatan kebutuhan logistik seiring dengan peningkatan aktivitas pada erusahaan-perusahaan pelanggan B2B.

Sementara itu, untuk segmen bisnis Anteraja, sejalan dengan proses right sizing capacity yang sedang dijalankan, yaitu upaya Perseroan untuk menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan logistik sehingga membuat operasional usaha  lebih  efisien, Perseroan memperkirakan pada akhir tahun 2023 Anteraja akan memiliki operasional yang jauh lebih baik daripada tahun 2022.

Sementara dari ekosistem bisnis kendaraan bekas, penjualan kendaraan bekas naik 46.2% YoY, seiring dengan peningkatan signifikan dari penjualan Caroline.id sehingga kedepannya bisa menjadi salah satu revenue driver Perseroan. Di bisnis lelang (JBA) pendapatan dan laba operasional Perseroan meningkat 32.1% YoY dan 204.3% YoY. Oleh karenanya anak usaha ASSA di bidang ini, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) sukses mencatatkan pendapatan sebesar Rp288,95 miliar pada  Semester 1 2023, atau melonjak 81.2% YoY dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga :   Autopedia Proyeksikan Industri Mobil Bekas Masih Menjanjikan di Tahun 2025

Adapun bisnis corporate car rental ASSA mencatatkan pertumbuhan stabil dari pendapatan bisnis rental yaitu 10.6% YoY, sementara laba operasi naik 11.9% YoY. Sedangkan bisnis baru di bidang pegadaian yang dirintis Perseroan sudah mulai beroperasi dibawah PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC). Setelah mendapat izin    dari Otoritas Jasa euangan (OJK) pada tanggal 12 Juni lalu, usaha baru ini langsung mulai beroperasi dan mulai menunjukkan laba kotor yang positif.

Pada Semester 1 2023 ini, Perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp2,39 trilliun, turun 24,7% YoY dari Rp3,17 trilliun pada periode yang sama tahun 2022, sejalan dengan penurunan pendapatan dari segmen express delivery akibat dari normalisasi permintaan pengiriman  parsel dari  ecommerce. Beban pokok penjualan juga tercatat Rp1,82 triliun, turun 28,6% YoY, dari Rp2,55 triliun.

Baca juga :   Tahun 2023, Marketplace Otomotif Caroline.id Targetkan Jual 4000 Unit Mobile Bekas

Perseroan yang per 30 Juni 2023 memiliki total aset senilai Rp7,40 triliun, dengan total  kas  dan  setara  kas  sebesar Rp727.39 miliar. Pada periode ini, ASSA mencatatkan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp39,24 miliar, lebih tinggi dibandingkan perolehan laba bersih pada akhir tahun 2022 sebesar Rp3.70 miliar. (*AMBS)

 

Tags: Adi Sarana ArmadaAnterajaCaroline.idIFC (The International Finance  Corporation)JBL
Previous Post

Lolos di FFNS Main Stage, 7 Tim Siap Bertarung di FFML Season 8

Next Post

Kuartal II-2023 Pendapatan Bukalapak Naik 30%

Related Posts

Caroline Autopedia
News

Pendapatan Autopedia Tumbuh 17,1% Jadi Rp447,1 Miliar di Kuartal II 2025

4 September 2025
0
layanan O2O Caroline.id
News

Integrasikan Layanan O2O, Pendapatan Caroline.id Tumbuh 17,11% di Kuartal II-2025

30 Juli 2025
0
Adi Sarana Armada
News

Pendapatan Adi Sarana Tumbuh 17,2% di Kuartal I 2025, Dikontribusi Segmen Logistik

3 Mei 2025
0
Load More
Next Post
Bukalapak

Kuartal II-2023 Pendapatan Bukalapak Naik 30%

Xurya x PLN UID Jabar

Akselerasi Pemanfaatan EBT di Wilayah Jawa Barat, Xurya dan PLN UID Jawa Barat Jalin Kerja Sama

DNA Accelerate

Dukung Pertumbuhan Bisnis Startup Potensial, Digital Hub dan KUMPUL.ID Gelar DNA Accelerate

Discussion about this post

Recent Updates

Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version