Selasa, 11 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Riset CSIS: Grab Bawa Keuntungan Rp46,14 Triliun bagi Konsumen Jabodetabek

25 Juli 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Rute, Fitur Baru Grab Yang Terhubung dengan Transportasi Umum

Peluncuran konektivitas first mile-last mile bagi pelanggan MRT Jakarta dan Grab Indonesia. (Foto: grab/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Teknologi platform ride hailing Grab Indonesia disebut berkontribusi sekitar Rp46,14 triliun dalam surplus konsumen di wilayah Jabodetabek pada 2018. Hal tersebut terungkap dalam riset yang dilakukan oleh Centre for International and Strategic Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics.

Kepala Departemen Ekonomi CSIS Yose Rizal menjelaskan, surplus konsumen adalah manfaat yang diperoleh konsumen dari membeli barang atau jasa dengan harga yang lebih rendah dari jumlah maksimal kesediaan membayar.

Misalnya, kesediaan membayar seorang konsumen untuk ongkos transportasi ke bandara adalah Rp200.000. Jika harga yang ditawarkan Grab ke bandara Rp150.000, maka orang tersebut memperoleh surplus konsumen sebesar Rp50.000.

“Ini merupakan salah satu studi awal mengenai consumer welfare dengan menggunakan data Grab. Ada 1,5 miliar data point yang kami coba analisa, menjadi pengalaman tersendiri di dunia penelitian,” papar Yose dalam keterangannya, Rabu (24/7/2019) di Jakarta.

Baca juga :   Kedai Sayur Raih Pendanaan Seri A

Rinciannya, surplus konsumen yang diperoleh konsumen GrabBike mencapai Rp5,73 triliun, sedangkan GrabCar berkontribusi sebesar Rp40,41 triliun. 

Riset yang dilakuan dalam rentang 7—27 Mei 2018 dan 2 Juli—12 Agustus 2018 yang terdiri dari dataset mahadata 215 juta observasi GrabBike dan 642 juta observasi Grabcar. Data ini tidak termasuk sesi yang mempengaruhi guncangan eksternal seperti Ramadan dan akuisisi Uber oleh Grab. 

Menurut Yose, studi surplus konsumen Grab ini sebagai penelitian ekonomi digital pertama di Asia Tenggara yang menggunakan mahadata untuk menghitung surplus konsumen.

Salah satu tantangan yang dihadapi adalah peneliti harus menyingkap kesediaan konsumen dalam membayar agar dapat mengetaui harga tertinggi yang bersedia konsumen bayarkan. 

Baca juga :   PasarPolis Raih Pendanaan Terbesar se-Asia Tenggara

Lebih lanjut dia menjelaskan, surplus konsumen yang dikontribusikan oleh Grav memungkinkan pelanggan menghemat ongkos transportasi mereka, dan menggunakannya untuk membeli barang atau jasa lainnya yang dapat meningkatkan kualitas hidupnya. 

Temuan surplus konsumen ini juga konsisten dengan hasil survei CSIS-Tenggara Strategics terhadap 500 konsumen di Jakarta, Bandung,  Surabaya, Makassar dan Medan pada November-Desember 2018.

Survei tersebut juga menemukan fakta, walaupun 72% konsumen memiliki kendaraan pribadi roda dua dan 28% memiliki kendaraan pribadi roda empat, mereka lebih memillih GrabBike dan GrabCar karena beberapa alasan, di antaranya harga yang lebih terjangkau serta pelayanan yang aman dan nyaman. 

Selain itu, tersedianya pilihan moda transportasi dengan harga yang lebih terjangkau memberikan konsumen kesempatan  untuk berhemat, khususnya bagi 41,2% konsumen yang memiliki tanggungan. 

Baca juga :   Insurtech Igloo Luncurkan Asuransi Sepeda Motor Listrik

“Penerima manfaat terbesar dari ekonomi digital adalah dunia usaha, terutama UMKM, dan konsumen. Formulasi kebijakan terkait ekonomi digital seharusnya mempertimbangkan kesejahteraan seluruh pihak terkait agar manfaatnya optimal,” tutup Yose. 

STEVY WIDIA

Tags: Centre for International and Strategic Studies (CSIS)GrabTenggara Strategics
Previous Post

Masuk Era Digital, Jasa Raharja Bentuk Wadah Milenials

Next Post

SociaBuzz Luncurkan Layanan Makeup Artist

Related Posts

Grab x QRIS
News

Permudah Transaksi, Grab Resmi Integrasikan QRIS untuk Layanan On-Demand

7 November 2025
0
Layanan Grab Jamin Uang Traveler Kembali Jika Ketinggalan Pesawat
News

Layanan Grab Jamin Uang Traveler Kembali Jika Ketinggalan Pesawat

28 Oktober 2025
0
Grab Hadirkan Berbagai Fitur AI Untuk Permudah Layanan Bagi Pengguna dan Mitra
Headline

Grab Raup Keuntungan Tertinggi Sejak Bisnis Berdiri

5 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Kosmetik Tren Haliyu Hadir Di Indonesia

SociaBuzz Luncurkan Layanan Makeup Artist

Amphibi Gama V2, Drone Untuk Memotret Gunung Berapi

Amphibi Gama V2, Drone Untuk Memotret Gunung Berapi

Xiaomi Masuk Daftar Fortune Global 500

Xiaomi Masuk Daftar Fortune Global 500

Discussion about this post

Recent Updates

Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version