Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Rizky Fitriana Sari : Berani Mencoba Menawarkan Iklan di Perangkat Mobile

15 Januari 2018
in Headline, Technopreneur
Reading Time: 5 mins read
Rizky Fitriana Sari : Berani Mencoba Menawarkan Iklan di Perangkat Mobile

Rizky Fitiriana Sari, Founder & CEO AyoSlide.com (Foto: Fahrul Anwar/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Merintis bisnis baru tidaklah mudah. Para pelaku bisnis harus memiliki inovasi agar menarik perhatian konsumen sekaligus dilirik para investor. Selain itu, harus komitmen sehingga bisnis baru akan terus berkembang dan bertahan untuk jangka panjang.

Pesatnya terobosan pengguna perangkat mobile membuka banyak peluang bagi pelaku startup. Salah satunya adalah startup yang menawarkan iklan mobile: AyoSlide. Aplikasi yang memungkinkan penempatan iklan di lock screen penggunanya. Menariknya, aplikasi ini tak sekadar beriklan tetapi juga menawarkan reward berupa pulsa, baik listrik maupun telepon, dan voucher game bagi semua orang yang memasang AyoSlide di perangkat mobile mereka.

Jadi pengguna dapat langsung membuat akun dan melihat berbagai macam penawaran menarik di lock screen telepon cerdas mereka. Begitulah, pengguna bisa mendapatkan insentif berupa cash dengan cara berinteraksi dan mengikuti misi yang tertera di setiap penawaran. Seperti membaca artikel, menonton video, mengunduh aplikasi atau game, like media sosial, dan masih banyak kegiatan menarik lainnya.

“Ayoslide menawarkan keuntungan jika men-download aplikasinya. Pengguna akan mendapatkan informasi dan penawaran terbaru melalui lock screen mereka tanpa click bait dan false ads. Pengguna dapat berpartisipasi dalam penawaran dengan menggeser layar ke kiri, namun juga dapat membuka lock screen seperti biasa hanya dengan menggeser ke kanan,” terang Rizki Fitriana Sari, Founder dan CEO AyoSlide kepada Youngster.id saat ditemui di kantor bank DBS Indonesia di kawasan Mega Kuningan Jakarta baru-baru ini.

Menurut gadis yang akrab disapa Yayi ini, aplikasi AyoSlide menawarkan pada para pengguna mereka untuk me-monetize perangkat mobile mereka dengan memanfaatkan waktu luang dengan cara yang mudah dan sederhana. Dari segi bisnis, AyoSlide memiliki misi untuk bisa membantu para pengiklan mengomunikasikan produk mereka langsung ke layar perangkat mobile pengguna. Tak hanya itu, AyoSlide juga menawarkan bantuan untuk mengoptimalkan setiap kampanye yang dijalankan dengan sistem targeting user yang dilengkapi pelaporan, sehingga kampanye yang dijalankan dapat terukur dengan data yang akurat.

“Setiap pengguna yang menonton dari iklan ini akan mendapatkan nilai uang. Dan, uang itu bisa ditukarkan paket pulsa handphone, listrik dan game voucher,” ucap Yayi.

Baca juga :   AR&Co Luncurkan Aplikasi IseeAR

Dengan konsep yang menarik tersebut, tak mengherankan AyoSlide mengalami pertumbuhan yang pesat. Dalam kurun waktu kuang dari satu tahun, startup ini telah mendapatkan 40 pengiklan, seperti Uber dan ProSehat, dan 300 ribu pengguna.

 

Bukan Baru

Startup ini didirikan Yayi pada November 2016. Latar belakang bekerja sebagai marketing di bidang periklanan membuat dia melihat iklan mobile adalah peluang besar.

“Sebenarnya, aplikasi seperti AyoSlide ini sudah ada di luar negeri. Tetapi yang kami lihat, kalau dibentuk di Indonesia pasarnya akan sangat besar karena semua orang pakai handphone di Indonesia. Apalagi lebih dari 70% orang Indonesia memakai android phone,” ungkapnya.

Oleh karena itu, alumni Sastra China Universitas Indonesia ini memutuskan untuk mencoba konsep bisnis menawarkan iklan di perangkat mobile. “Berani coba, berani maju, punya komitmen, kerjain sebisa mungkin sekeras mungkin,” ujar Yayi tentang awal dia memutuskan bisnis ini.

Peluang itu yang dilihat Yayi. Jiwa enterpreneurnya terpanggil. Dia pun meninggalkan pekerjaannya yang mapan dan mulai terjun ke bisnis ini.

“Memang ada enaknya ketika bekerja dengan orang lain, karena pendapatannya stabil. Cuma saya kepingin keluar dari zona nyaman itu, makanya saya memilih jadi entrepreneur agar bisa memberikan sesuatu untuk orang lain dalam bantuk benefit dan kenapa saya nggak menjalankan sendiri aja dan bersama dengan teman-teman yang lain. Saat ini waktu yang tepat untuk membuat startup, karena lagi banyak program inkubator yang membantu startup,” papar Yayi.

Menurut Yayi, boleh dibilang tak ada modal yang dikeluarkan untuk membuat aplikasi AyoSlide ini. Tetapi, tentu saja untuk mengembangkan bisnis rintisan ini butuh dana. Untuk itu Yayi pun memberanikan diri mengikuti kompetisi ide bisnis dari IdeaBox 2016. Ternyata upayanya berhasil. AyoSlide pun mendapatkan pendanaan US$ 50 ribu dari kompetisi tersebut.

“Itulah dana yang kami miliki sebagai modal menjalankan bisnis ini. Kebetulan, kalau membuat aplikasi dan keperluan alat-alat seperti komputer kami memang sudah punya. Jadi kalau ditanya soal modal membangun bisnis ini adalah 0 Rupiah,” ucap Yayi sambil tertawa.

Baca juga :   Selama Pandemi Jumlah Signup Domain dan Hosting UKM naik 95%

Selain hadiah uang, Yai juga mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan aplikasi AyoSlide ke pengguna Indosat, penyelenggara IdeaBox. Alhasil aplikasi ini pun mendapat tanggapan positif.

“Kendala di awal, karena banyak user yang belum tahu untuk apa aplikasi ini. Apalagi tipikal aplikasi ini masih jarang juga di Indonesia. Jadi masih banyak orang yang belum percaya. Kami pun menggunakan pendekatan racing awarness people. Jadi ketika user menggunakan, mereka dapat benefit termasuk juga kami. Misal kami dapat Rp 2000 dan user juga dapat jumlah yang sama termasuk insentif ketika si user bisa mengajak temannya dan so far itu yang paling jalan,” terang Yayi.

Diklaim Yayi, dengan konsep pemasaran seperti itu, dari 300 ribu users, sudah 250 ribu users yang menukarkan pulsa. “Ada banyak banget cerita unik dari user yang mendapatkan keuntungan dari konsep AyoSlide. Seperti ada pelajar yang tinggal di luar kota, dan kadang mereka nggak punya uang buat beli pulsa. Dengan menggunakan AyoSlide mereka kini bisa dapat pulsa untuk menghubungi orangtuanya,” tutur bungsu pasangan Dina dan Satriyo.

 

Melalui aplikasi AyoSlide.com, Rizky Fitiriana Sari menawarkan alternatif beriklan di perangkat mobile (Foto: Fahrul Anwar/Youngster.id)

 

Ekosistem Internet

Dari segi bisnis, AyoSlide memiliki misi untuk bisa membantu para pengiklan mengomunikasikan produk mereka langsung ke layar perangkat mobile pengguna. Tak hanya itu, AyoSlide juga menawarkan bantuan untuk mengoptimalkan setiap kampanye yang dijalankan dengan sistem targeting user yang dilengkapi pelaporan sehingga kampanye yang dijalankan dapat terukur dengan data yang akurat.

Menurut Yayi, pengguna AyoSlide sekarang didominasi pengguna dari pulau Jawa dengan rata-rata usia 15 – 34 tahun. Ia menargetkan AyoSlide dapat membantu pengiklan menampilkan iklannya ke satu juta pengguna AyoSlide.

“Selain itu, kami juga bekerjasama dengan beberapa game publisher dan media sehingga ketika orang membaca artikelnya, mereka dapat insentif. Sedangkan kalau untuk game publisher mereka memasukkan aplikasi mereka agar bisa di-download sama user kami,” kata Yayi.

Bagi Yayi, usaha rintisan ini diharapkan dapat mendukung ekosistem internet. Bahwa AyoSlide mencoba membantu para pengguna mereka untuk me-monetize perangkat mobile mereka dengan memanfaatkan waktu luang dengan cara yang mudah dan sederhana.

Baca juga :   Alodokter dan Century Permudah Belanja Produk Kesehatan

Menurut Yayi, yang membedakan AyoSlide dengan aplikasi lain adalah orang yang mau memakai Ayoslide bisa di-customised sesuai kebutuhan mereka. “Dan kalau dari sisi user sendiri kami nggak hanya memberikan pulsa tetapi kami juga bisa buka pulsa untuk semua nomor. Atau, bahkan mau mengirim ke nomor temannya si user kami juga bisa, bisa voucher game, listrik, dan sekarang kami lagi develope untuk cash out dan transfer,” ungkapnya.

Bagi Yayi, meski ke depannya diyakini akan muncul persaingan dalam bentuk aplikasi iklan di perangkat mobile ini, namun aspek kepercayaan akan menjadi faktor penting saat menjalankan bisnis.

“Masalah trust di bisnis ini pemting, karena banyak yang bikin aplikasi semacam ini nggak bayar. Jadi kami make sure bahwa user kami as long mereka pakai dengan cara tidak curang atau bagaimanapun kami dari Ayoslide pasti akan bayar,” ungkap Yayi.

Sejauh ini AyoSlide mencoba menjaring banyak pengiklan untuk masuk ke dalam layanan AyoSlide. AyoSlide membuka layanan untuk membantu siapa pun yang memiliki produk untuk diiklankan baik produk real atau digital, selama produk tersebut tidak menggandung unsur SARA dan pornografi.

“Selain melakukan pngembangan dan penambahan fitur di aplikasi ini, tahun depan target kami ingin mencapai 1 juta user. Kalau sudah mencapai itu, baru kami akan expand ke luar negeri,” tuntasnya.

 

======================================

Rizki Fitriana Sari

  • Tempat Tanggal Lahir : Surabaya, 5 Maret 1993
  • Pendidikan Terakhir     : Sastra China (Program Studi China), Universitas Indonesia
  • Nama usaha               : AyoSlide
  • Diluncurkan                : April 2017
  • Jumalah User             : 300 ribu user
  • Modal                        : US$ 50 ribu (modal dari PT Indosat)
  • Omset                      : +/- Rp 100 juta per bulan
  • Jumlah karyawan      : 6 orang

Prestasi                :

  • 3 Besar Program & Kompetisi Startup IdeaBox Indosat 2017,
  • Juara Ketiga Seed Star 2017
  • Finalis Founder Institute Program Bank DBS Indonesia 2018

=======================================

 

FAHRUL ANWAR

Editor : Stevy Widia

Tags: AyoSlide.comberiklan di perangkat mobileFounder Institute Program Bank DBS IndonesiaIdeaBox IndosatRizki Fitriana SariYayi
Previous Post

Logtan, Aplikasi Digital Pertanian dari Telkom

Next Post

2018, Konsumsi Masyarakat Diramalkan Membaik

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Daya Beli Masyarakat Diprediksi Menguat Pada 2018

2018, Konsumsi Masyarakat Diramalkan Membaik

17Q, Kuis Trivia Live Pertama di Indonesia

17Q, Kuis Trivia Live Pertama di Indonesia

iDEA Gelar Kenduri e-UKM di Surabaya

BPS Mulai Mendata Pelaku Industri E-Commerce

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version