Robot Doper, Inovasi Yang Akan Membantu Dokter dan Perawat

DOPER

Robot Doctor Representative (DOPER). (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Setelah membangun Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR), Dentist Protective (Dentpro), dan inovasi lain dalam menanggulangi Covid-19, kali ini Telkom University (Tel-U) memperkenalkan inovasi terbarunya yaitu sebuah Robot Doctor Representative (DOPER). Robot ini akan membantu para dokter dan perawat untuk berkomunikasi secara langsung dengan pasien Covid-19.

Menurut ketua tim peneliti Doper, Azam Zamhuri Fuadi, Doper diciptakan untuk mengantisipasi kontak langsung antara pasien dengan tenaga medis.

“Kami menciptakan doper sendiri, secara tidak langsung ingin melindungi tenaga medis untuk kontak langsung dengan pasien covid-19 sehingga dapat menekan jumlah tenaga medis yang terpapar covid-19,” jelas Azam dalam keterangan pers, Telkom University, Senin (3/5/2021).

Azam menjelaskan, Robot ini dapat digerakan secara manual dengan menggunakan Remote Control atau dapat secara automatic dengan mengikuti garis yang telah disesuaikan dengan jalur Doper tersebut.

“Di dalam doper sendiri kami telah sediakan sensor kamera, dan tablet berbasis android yang digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan pasien, Doper juga membawa beberapa alat medis berupa alat pengukur tekanan darah yang dapat dengan mudah digunakan oleh pasien,” paparnya.

Inovasi yang dihasilkan Telkom University ini merupakan hasil kolaborasi riset antara Fakultas Teknik Elektro (FTE), Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) serta Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University, selain itu ada beberapa startup yang terlibat dibawah naungan Bandung Techno Park (BTP).

“Hingga saat ini kami sudah sudah menyediakan satu robot yang siap digunakan dan ada 5 yang sedang dalam masa perakitan komponen, kedepannya kami akan terus melakukan inovasi-inovasi yang dapat menghentikan pandemi ini, dan terus memajukan inovasi yang ada di Indonesia.” Jelas Azam.

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan bahwa, Telkom University sebagai perguruan tinggi yang berfokus pada riset dan entrepreneurial university ingin terus memberikan manfaat untuk masyarakat dan membangun indonesia.

“Saat ini pengembangan penelitian yang kami (Tel-U) lakukan sudah mendapat pengakuan dunia internasional, ditunjukkan dengan berjalannya research matching grant dengan berbagai perguruan tinggi dari Asia dan Eropa, seperti Belanda, Prancis, Skotlandia, Australia, Jepang, Korea, dan Malaysia,”

Rektor Telkom University juga terus mendorong peneliti di Tel-U untuk terus melakukan inovasi dan terus melakukan kolaborasi riset baik antar bidang keilmuan maupun dengan dunia industry dan pemerintah.

“Penelitian di Tel-U tidak hanya terfokus pada publikasi tapi harus bermuara pada inovasi, dan terus melakukan kolaborasi untuk menghasilkan ide-ide baru, saat ini berbagai inovasi sudah dihasilkan untuk menghentikan pandemi ini, semoga kedepan inovasi-inovasi baru bermunculan dari anak bangsa.” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version