Sebanyak 52% Pendapatan Brand Kecantikan Lokal Ini Dikontribusi dari Live Streaming

Live streaming

Sebanyak 52% Pendapatan Brand Kecantikan Lokal Ini Dikontribusi dari Live Streaming (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Industri kecantikan Indonesia terus menunjukkan peran yang semakin signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Menurut data Kementerian Koordinator Bidang (Kemenko) Perekonomian besarnya potensi industri kosmetik nasional dalam beberapa tahun terakhir didorong oleh pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia.

Sejak tahun 2018 hingga 2022, produk personal care dan kosmetik konsisten berada dalam tiga besar kategori dengan penjualan tertinggi di marketplace, mencatatkan nilai transaksi mencapai Rp13.287,4 triliun dan volume transaksi sebesar 145,44 juta.

Dengan tren ini, banyak brand kosmetik lokal yang mampu bersaing dan terus menunjukkan inovasi serta daya saing di pasar kecantikan nasional, termasuk True to Skin.

True to Skin menjadi salah satu merek skincare lokal yang berhasil meraih popularitas dengan menawarkan produk-produk unggulan berbasis bahan alami dari dalam negeri. True To Skin didirikan pada Desember 2020 oleh Riska Elastria.

“Sejak awal berdirinya True to Skin, kami berupaya menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen Indonesia melalui inovasi berkelanjutan dan formulasi yang berkualitas tinggi,” klaim Riska, dikutip Sabtu (23/11/2024).

Di tengah persaingan ketat di industri kecantikan, True to Skin pun terus berinovasi dengan strategi pemasaran yang adaptif dan kreatif. Berjualan di e-commerce yakni Shopee pun menjadi cara jitu True to Skin untuk bisa terhubung dengan para pembelinya.

Sejak memanfaatkan fitur Shopee Live untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, True to Skin berhasil menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan interaktif. Konsumen pun dapat mengenal produk secara langsung, menciptakan koneksi yang lebih dekat antara brand dan pelanggan.

Shopee Live berhasil berkontribusi sebesar 52% terhadap total pendapatan True to Skin, dan hal ini menunjukkan kekuatan dari interaksi langsung dengan konsumen,” ungkap Riska.

True to Skin juga membangun komunitas dengan program Affiliate, di mana konsumen dan penggemar produk dapat menjadi mitra, mempromosikan produk melalui media sosial mereka dan mendapatkan komisi.

“Dengan langkah ini, kami tidak hanya memperluas jangkauan, tetapi juga menciptakan komunitas brand advocates yang setia, memperkuat kesadaran dan kepercayaan konsumen,” tutup Riska.

Dengan kualitas produk yang terjaga dan strategi pemasaran digital yang efektif, True to Skin optimis dapat terus berkembang dan membawa produk skincare lokal ke tingkat lebih tinggi.

 

HENNI S.

Exit mobile version