youngster.id - Untuk lebih memberikan layanan terbaik bagi brand dan penjual yang berkeinginan merintis usaha online di platform eCommerce ataupun yang ingin meningkatkan skala usaha dan keuntungannya, Lazada Indonesia (Lazada) bekerja sama dengan mitra pemberdaya atau enabler, diantaranya AHA Commerce.
Stefan Winata, Chief Business Officer Lazada Indonesia mengatakan, komitmen Lazada untuk pengembangan brand lokal Indonesia tidak pernah berhenti sejak kehadirannya 13 tahun lalu.
Menurutnya, ekosistem eCommerce di Lazada membuka banyak peluang ekonomi yang terbuka bagi siapapun yang memang mau berusaha.
“Kolaborasi kami dengan banyak mitra strategis, termasuk diantaranya AHA Commerce, sejalan dengan misi Lazada untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian digital di Indonesia, termasuk diantaranya dengan upaya pemberdayaan brand dan penjual lokal yang ada di Lazada. Baik itu brand yang baru ingin membuka tokonya di Lazada ataupun siap untuk tumbuh besar bersama Lazada, kami dan mitra strategis kami siap mendukung!” kata Stefan, dikutip Selasa (2/4/2024).
Sebagai mitra enabler di Lazada, AHA Commerce sudah berhasil membantu ratusan brand dan penjual lokal mengembangkan bisnisnya di Lazada.
Stephen Lawrence, Founder dan CEO AHA Commerce mengatakan, AHA Commerce menyediakan layanan menyeluruh bagi brand lokal di Lazada yang ingin meningkatkan penjualan, mulai dari pengelolaan toko online, penyediaan gudang dan fasilitas pengepakan pesanan, program pemasaran, hingga layanan pelanggan.
“Kami memahami bahwa era digital saat ini menawarkan potensi tanpa batas bagi pelaku bisnis, namun di sisi lain juga menghadirkan tantangan besar bagi mereka yang belum memiliki pemahaman mendalam soal lanskap bisnis online. Keberadaan AHA Commerce dimulai dari keinginan kami untuk membantu brand dan penjual lokal yang ada di Indonesia untuk bisa mencapai potensi bisnis optimalnya di dunia digital,” kata Stephen.
Diklaim Stephen, pihaknya juga memiliki terobosan inovasi sistem pemasaran berbasis teknologi yang disebut AHAbot yang mampu mengidentifikasi kebutuhan spesifik setiap brand untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.
Portofolio brand yang dikelola AHA Commerce bervariasi, mulai dari brand fesyen, parfum, hingga ke perlengkapan olah raga dan perlengkapan rumah tangga. Hampir seluruh brand yang dibantu pengelolaannya tokonya di Lazada pun berhasil meningkatkan penjualan hingga berkali lipat.
Hingga hari ini, AHA Commerce telah membantu ratusan brand dan penjual lokal dengan omzet ratusan juta hingga miliaran rupiah. Peningkatan omzet hingga 9x lipat pun pernah dicapai oleh brand lokal yang ada di bawah naungan AHA Commerce. Berkat prestasinya, AHA Commerce dinobatkan sebagai Indonesia Lazada Partner of the Year dalam LazMall 2023 Brands Future Forum (BFF) Awards, acara tahunan Lazada yang memberikan apresiasi kepada brand dan mitra di dalam ekosistem eCommerce Lazada.
Salah satu brand yang ditangani AHA Commerce, SHINPO, telah merasakan bagaimana dukungan dari AHA Commerce berdampak signifikan pada usahanya. AHA Commerce tidak hanya membantu SHINPO dalam membangun toko online pertamanya di Lazada, namun juga memastikan peningkatan omzet yang berkelanjutan.
SHINPO merupakan sebuah brand lokal Indonesia yang bergerak di bidang perabotan rumah tangga dan furnitur plastik yang berdiri sejak 1982.
“AHA Commerce memberikan layanan menyeluruh bagi kami yang dahulu masih awam dengan dunia digital, mulai dari menyiapkan toko online pertama kami, memberikan saran dan konsultasi untuk strategi bisnis, menyiapkan promosi pemasaran, hingga ke layanan pelanggan dan pelaporan evaluasi penjualan berkala,” kata Livia Halim, Marketing & Brand Development Manager SHINPO.
Hasilnya, tidak hanya SHINPO berhasil bertahan selama pandemi lalu, namun juga terus mengalami peningkatan bisnis yang berkelanjutan, sesuai namanya ‘SHINPO’ yang berasal dari bahasa Jepang yang berarti ‘progresif’ atau ‘kemajuan’.
Sejak bekerja sama dengan AHA Commerce, SHINPO mengalami peningkatan signifikan di Lazada, mulai dari jumlah pelanggan tetap, pengikut toko, hingga omzet toko. Saat ini, SHINPO menyediakan lebih dari 700 tipe produk rumah tangga seperti kotak penyimpanan, toples, termos, keranjang, hingga tempat sampah.
Jumlah karyawannya pun terus bertambah hingga mencapai sekitar 600 orang dan melayani pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Sebagai enabler lokal, menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami bisa dipercaya banyak brand dan penjual lokal untuk mengelola toko mereka di Lazada. Tidak sedikit dari mereka yang mempercayakan kami untuk merintis toko online-nya di Lazada, from zero, hingga bisa sukses dan meraih keuntungan yang terus meningkat,” tutup Stephen.
STEVY WIDIA
Discussion about this post