youngster.id - Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2023 merupakan agenda tahunan bagi para pelaku industri digital di Indonesia. Pada tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22.7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Berkat program ini, pembelian produk lokal juga meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.
Pada momen Harbolnas 12.12 2023 Tokopedia bersinergi bersama TikTok menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’
“Tokopedia berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. Salah satunya dengan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’,” kata Melissa Siska Juminto Presiden Tokopedia pada jumpa pers Selasa (12/12/2023) di Jakarta.
Menurut Melisa, selain menguntungkan bagi konsumen, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal.
“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,” ujarnya.
Tokopedia untuk kampanye Beli Lokal ini berkolaborasi dengan TikTok Indonesia. Ini sekaligus komitmen TikTok dalam mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan juga mempermudah masyarakat untuk belanja online.
“Dengan hadirnya kampanye ‘Beli Lokal’ pada aplikasi TikTok, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan lebih atraktif,” ucap Stephanie Susilo Direktur Eksekutif E-Commerce, Tik Tok, Indonesia.
Kampanye Beli Lokal yang dihadirkan oleh Tokopedia dan TikTok diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia di penghujung tahun 2023. Selain itu, kampanye Beli Lokal ini diharapkan juga dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
STEVY WIDIA